Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara

List Artikel
31 Maret 2021 | 0 Komentar

Ketika ada orang yang meninggal, kita akan memberikan penghormatan terakhir dengan cara mengadakan upacara pemakaman. Dalam upacara pemakaman ini, biasanya ada kuliner yang disajikan kepada orang yang sedang berduka. Tujuannya sudah pasti untuk mengurangi rasa duka terhadap orang-orang yang ditinggalkan. Diharapkan dengan adanya kuliner yang disajikan akan memberikan tenaga untuk orang yang ditinggalkan supaya bisa menyelesaikan upacara pemakaman dan juga menyambut tamu dari orang-orang terdekat dan juga sanak saudara yang melawat. Dengan adanya kuliner yang disajikan juga diharapkan bisa menenangkan orang yang sedang berduka. Masing-masing negara selalu punya kuliner yang jadi simbol berkabung. Hal ini dipengaruhi kebudayaan dari negara tersebut. Nah, kali ini PergiKuliner akan memperlihatkan lima kuliner yang jadi simbol berkabung dari berbagai negara, yaitu:  


1. Mannis Water dari Jamaika



Sumber: Gracefoods,com


Kuliner yang jadi simbol berkabung pertama adalah mannis water dari Jamaika. Mannis water sekilas merupakan olahan sup biasa. Mannis water ini dibuat dari daging kambing, aneka jenis sayuran seperti wortel, kentang, kacang polong, yang dimasak dalam kuah kaldu dan aneka rempah-rempah sehingga aromanya sangat wangi. Mannis water ini selalu disajikan pada saat perayaan kematian oleh orang-orang Jamaika. Mannis water sengaja disajikan supaya orang yang baru saja meninggal bisa pergi ke alam lainnya dengan tenang dan yang ditinggalkan bisa menjalankan kehidupannya lagi.


2. Borsok dari Kyrgyzstan



Sumber: Foodblog.migrace.com


Di negara Kyrgystan yang merupakan salah satu negara republik di Asia Tengah, kamu bisa menjumpai borsok sebagai kuliner simbol berkabung di negara tersebut. Borsok dibuat dari campuran tepung terigu, air, garam, gula, ragi, dan sedikit margarin. Walaupun bahan-bahan yang digunakan sederhana, tapi kuliner ini punya cita rasa yang sangat lezat dan manis sehingga bisa menenangkan suasana hati yang sedang berduka. Dipercaya, aroma wangi dari borsok akan sampai kepada orang yang sudah meninggal.


3. Halva dari Timur Tengah



Sumber: Epicurious.com


Kita beralih ke kawasan Timur Tengah. Ada halva yang menjadi salah satu kuliner simbol berkabung di berbagai negara seperti Iran, Turki, hingga Armenia. Tampilannya ini bisa beragam warnanya karena ada banyak jenis halva. Mulai dari rasa cokelat, pistaschio, dan lain sebagainya. Halva ini selalu disajikan ketika ada upacara pemakaman dan disajikan sebagai simbol untuk mengenang orang yang baru meninggal tersebut. Selain itu, kue halva juga ditujukan untuk membuat orang yang berduka merasa tenang. Bahan yang digunakan hanyalah tepung terigu, margarin, gula, dan air. Sedangkan cara yang digunakan adalah cukup dengan mengaduk rata semua bahan hingga menjadi adonan lalu memanggangnya hingga matang. 


4. Ham Salad dari Amerika



Sumber: Amandascooking.com


Selanjutnya ada ham salad yang menjadi salah satu kuliner yang jadi simbol berkabung dari Amerika. Ham salad merupakan salad yang dibuat dari campuran ham. Ham yang digunakan dibuat dari bahan dasar daging babi bagian belakang kaki. Uniknya, kuliner ini selaludisajikan bersama dengan cracker yang bercitarasa gurih asin. Awalnya ham salad ini aslinya dari Inggris dan tadinya menjadi simbol status karena harganya yang cukup mahal. Lalu Amerika mulai mengadaptasinya dan mulai menyajikannya pada setelah upacara pemakaman selesai.

 

5. Amish Funeral Pie dari Pennsylavania



Sumber: Acoalcrackerinthekitchen.com


Masih di negara Amerika, ada amish funeral pie yang merupakan salah satu kuliner yang jadi simbol berkabung. Kuliner ini selalu disajikan di daerah Pennyslavania yang menjadi salah satu negara bagian dari Amerika Serikat. Amish funeral pie sebenarnya adalah pie biasa layaknya pie khas Amerika pada umumnya. Hanya saja, pie ini selalu disajikan pada hari pemakaman. Filosofi yang terdapat di dalamnya adalah amish funeral pie ini dibuat dengan dedikasi penuh karena membutuhkan waktu lama untuk memasak pie sehingga dikaitkan dengan dedikasi untuk orang yang baru saja meninggal.

 

Itulah beberapa kuliner yang menjadi simbol berkabung di berbagai negara. Terdengar unik bukan? Di Indonesia, salah satu kuliner yang jadi simbol berkabung biasanya adalah nasi berkat yang isinya adalah nasi dengan aneka lauk pauk khas di daerah tersebut. Nasi berkat yang dibungkus dengan wadah kardus atau wadah besek ini selalu tersaji ketika ada perayaan kematian atau pada saat acara untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Bagaimana menurutmu teman kuliner? Kuliner apa yang menjadi simbol berkabung di daerahmu?

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Dope Burger & Co.

Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.

Pepperloin

Foto Pepperloin
Foto Pepperloin
Foto Pepperloin

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Toodz House

Foto Toodz House
Foto Toodz House
Foto Toodz House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?