Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Indonesia Ini Sangat Cocok Disantap dengan Sate

List Artikel
18 Januari 2023 | 0 Komentar

Kuliner khas Indonesia sangatlah beragam. Jika dihitung rasanya kuliner khas Indonesia bisa mencapai ratusan lebih jumlahnya. Hal ini dikarenakan masing-masing daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya sendiri dengan rasa yang berbeda-beda. Meski ada banyak kuliner khas Indonesia, tapi ada beberapa yang disajikan bersama dengan sate. Penambahan sate pada saat penyajian bisa mengambah kelezatan dari kuliner tersebut. Sate adalah kuliner khas Indonesia yang bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti daging sapi, daging ayam, ikan, telur, usus, hati, ampela, kerang, udang, dan sebagainya. Dari sekian banyaknya kuliner khas Indonesia, ada lima yang paling sering disajikan bersama dengan sate, yaitu:

 

1. Bubur Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Indonesia yang cocok disantap dengan sate adalah bubur ayam. Bubur ayam merupakan kuliner khas Indonesia yang dibuat dari bahan dasar beras yang dimasak dengan air kaldu dan disajikan bersama dengan irisan daging ayam. Selain irisan daging ayam, biasanya akan ada tambahan topping seperti kacang kedelai, bawang goreng, irisan seledri, kerupuk, dan pastinya sate. Ada banyak pilihan sate yang biasanya dijajakan oleh penjual bubur ayam. Uniknya, sate yang cocok untuk bubur ayam ini kebanyakan dibuat dari jerohan seperti usus, ati, hingga ampela.

 

2. Nasi Jamblang



Sumber: Kompas.com


Nasi jamblang juga kerap kali disajikan bersama dengan sate. Nasi jamblang adalah kuliner khas Cirebon yang disajikan di atas daun jati sehingga tampilannya terlihat sangat unik dan tradisional. Sebenarnya nasi jamblang adalah nasi yang disajikan bersama dengan aneka lauk pauk. Salah satu lauk pauknya yakni sate. Jenis sate yang bisa dipilih adalah sate usus atau sate telur puyuh yang dimasak dengan bumbu kuning atau bumbu balado. Tentunya selain sate, ada tambahan lauk lainnya seperti telur dadar, telur masak balado, semur ikan, ikan asin, tahu, dan tempe goreng.

 

3. Nasi Campur Bali



Sumber: Pergikuliner.com


Tak berbeda jauh dari nasi jamblang, ada nasi campur Bali yang pastinya berasal dari Pulau Bali. Nasi campur Bali merupakan nasi putih biasa yang disajikan bersama dengan aneka lauk pauk khas masakan Bali seperti jukut urap, ayam suwir, sambal matah, ikan balado, dan pastinya sate lilit. Sate lilit merupakan sate yang dibuat dari bahan dasar ayam cincang lalu dibumbui dengan rempah dan dililitkan ke batang sereh sebelum dibakar hingga matang. Selain menggunakan batang sereh, sate ini juga kerap kali menggunakan bambu untuk tusukannya.

 

4. Kupat Glabed



Sumber: Promediateknologi.com


Nama kupat glabed sangat populer di Jawa Tengah sebagai menu sarapan, tepatnya di daerah Tegal. Kupat glabed adalah kuliner yang dibuat dari bahan dasar ketupat atau kupat yang disajikan bersama dengan sayur opor, suwira daging ayam, kerupuk kuning, dan pastinya aneka sate. Kupat glabed memiliki banyak pilihan sate seperti sate telur puyuh, sate kikil, sate kerang, hingga sate usus. Kuah yang disajikan pada kupat glabed ini berbeda dengan kuah opor biasa karena teksturnya terbilang cukup kental dikarenakan adanya campuran tepung maizena di dalamnya.

 

5. Lontong Kupang



Sumber: Netisudiasih.com


Terakhir ada lontong kupang yang merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo, Jawa Timur. Jadi penamaan kupang bukan karena daerah asalnya, melainkan diambil dari kata ‘kupang’ yang artinya kerang. Kupang adalah sebutan untuk kerang yang tinggal di tepi pantai. Ukurannya kecil dan banyak dijumpai di Pulau Jawa. Lontong kupang dibuat dari bahan dasar lontong yang diiris-iris lalu disajikan bersama dengan siraman bumbu petis, lentho, dan pastinya sate kerang yang punya rasa gurih asin.

 

Itulah beberapa kuliner khas Indonesia yang sangat cocok untuk disantap dengan sate. Buat kamu yang ingin mencicip salah satu kuliner yang ada di atas, mampir saja yuk ke gerai atau tempat makan yang ada di bawah ini!

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Smarapura

Foto Smarapura
Foto Smarapura
Foto Smarapura

Depot Jepun Bali

Foto Depot Jepun Bali
Foto Depot Jepun Bali
Foto Depot Jepun Bali

Sate Sayangku

Foto Sate Sayangku
Foto Sate Sayangku
Foto Sate Sayangku

Soto Podjok Kediri

Foto Soto Podjok Kediri
Foto Soto Podjok Kediri
Foto Soto Podjok Kediri

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?