Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Indonesia yang Enak Dimakan Bersama-sama

List Artikel
28 Mei 2021 | 0 Komentar

Menurut Teman Kuliner, adakah kuliner khas Indonesia yang harus dimakan bersama-sama? Tentu saja ada. Masyarakat Indonesia sangat suka makan bersama, baik itu dengan sesama teman, keluarga, hingga rekan kerja. Dengan makan beramai-ramai, kita bisa mempererat hubungan keluarga dan pertemanan. Makan bersama juga bisa mencairkan suasana yang tadinya kaku menjadi lebih baik. Saat makan bersama-sama, biasanya makanan apa yang Teman Kuliner konsumsi?


Meski ada banyak kuliner khas Indonesia, tapi ada beberapa yang harus dimakan bersama-sama karena porsinya tidaklah sedikit. Coba langsung kita lihat apa saja kuliner khas Indonesia yang harus dimakan bersama-sama, seperti yang sudah PergiKuliner jabarkan di bawah ini!


1. Martabak Telur



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Indonesia yang harus disantap bersama-sama adalah martabak telur. Kuliner kaki lima ini bisa dengan mudah kita jumpai di pinggir jalan karena dijual oleh pedagang gerobak. Martabak telur berukuran paling kecil dibuat dengan 2 telur dan bisa dikonsumsi oleh setidaknya 2 - 3 orang. Sedangkan yang ukurannya sedang atau yang berisi 4 - 5 telur bisa disantap lebih dari tiga orang. Martabak telur seringkali dibeli untuk disantap bersama dengan keluarga di rumah atau untuk dijadikan sebagai buah tangan saat berkunjung ke rumah seseorang.


2. Martabak Manis



Sumber: Pergikuliner.com


Ada martabak telur, pasti ada martabak manis. Dua jenis martabak ini saling bertolak belakang. Tidak hanya dari segi cita rasanya tapi juga karena tekstur dan tampilannya yang juga jauh berbeda. Martabak manis ini dibuat dari bahan dasar tepung, telur, gula, dan bahan pengembang yang dicampur menjadi satu lalu dicetak dengan cetakan khusus dan dipanggang di atas kompor hingga matang. Sebelum disajikan akan ditabur meises, parutan keju, kacang tanah cincang, biji wijen, dan lain sebagainya. Martabak manis yang dijual kecil bisa dinikmati oleh 2 - 3 orang.


3. Nasi Liwet Sunda



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Indonesia yang harus dimakan bersama-sama selanjutnya adalah nasi liwet sunda. Nasi liwet ini sangat erat dengan budaya kebersamaan karena memang harus dinikmati bersama-sama dikarenakan porsinya untuk 2 orang lebih. Nasi liwet dibuat dari bahan dasar beras dan santan serta aneka rempah yang dimasak dalam wadah panci hingga matang. Setelah matang, nasi liwet biasanya disajikan di atas daun pisang yang dibentangkan dan ditambahkan aneka lauk pauk seperti aneka gorengan seperti ayam goreng, lele goreng, serta tahu tempe goreng. Jangan lupa ada sambal yang juga harus disajikan bersama dengan nasi liwet.


4. Nasi Tumpeng



Sumber: Idntimes.com


Tak hanya nasi liwet saja yang cocok disantap bersama-sama, tapi juga ada nasi tumpeng yang selalu disajikan pada saat perayaan besar atau acara khusus. Nasi tumpeng memiliki bentuk khusus yang unik karena berbentuk kerucut dengan aneka lauk pauk yang ditata dengan rapi pada bagian bawahnya. Jenis lauk pauk yang disajikan bisa beragam tergantung dari daerahnya. Ukuran nasi tumpeng memang terbilang cukup besar karena sengaja dibuat untuk disantap sekitar 10 orangan. Tapi saat ini ada juga nasi tumpeng untuk porsi 2-3 orang saja.


5. Roti Buaya



Sumber: Tribunnewswiki.com


Kuliner khas Indonesia yang harus dimakan bersama-sama terakhir adalah roti buaya. Roti buaya adalah jajanan khas tradisional dari Betawi. Roti ini selalu tersaji sebagai hantaran atau kuliner wajib yang diberikan saat acara lamaran atau pernikahan adat Betawi. Roti buaya sebenarnya adalah roti biasa yang dibuat berbentuk buaya dengan ukuran sebenarnya atau sekitar 1-1,5 meter. Roti buaya yang disajikan haruslah sepasang, yakni buaya laki-laki dan perempuan. Untuk yang buaya perempuan, pada bagian atas punggung buaya akan terdapat anak buaya kecil yang menempel. Seperti kebanyakan roti, di dalamnya akan ada aneka isian, mulai dari cokelat hingga selai buah.

 

Terlihat lezat-lezat kan kuliner khas Indonesia yang ada di atas? Kamu sendiri kalau menikmati kuliner khas Indonesia yang harus dimakan bersama-sama, lebih suka menyantapnya dengan siapa? Teman atau keluarga? Dengan siapapun orangnya, makan bersama-sama pasti akan terasa lebih nikmat.

Martabak Sinar Bulan

Foto Martabak Sinar Bulan
Foto Martabak Sinar Bulan
Foto Martabak Sinar Bulan

Martabak Pecenongan 65A

Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A

H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Martabak Bangka Akim

Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim

Martabakku

Foto Martabakku
Foto Martabakku
Foto Martabakku

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?