Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Jambi yang Sanggup Bikin Kamu Jatuh Cinta

List Artikel
12 April 2019 | 0 Komentar
Jambi merupakan ibu kota provinsi Jambi yang ada di daerah pesisir timur Pulau Sumatera. Meski daerah ini tidak terlalu terkenal pariwisatanya, tapi tahukah kamu kalau ternyata Jambi memiliki banyak ragam kuliner yang cita rasanya sanggup menggoyang lidahmu. Rata-rata kuliner Jambi terbuat dari bahan dasar ikan atau seafood karena memang masyarakat di sana bisa dengan mudah mendapatkan ikan laut untuk diolah menjadi beragam macam masakan yang berbeda-beda. Dari sekian banyak kuliner khas Jambi, ada lima yang paling populer dan sanggup membuat kamu jatuh cinta dan nambah nasi berkali-kali.

1. Gulai Tepek Ikan


Sumber : Googleusercontent.com

Pertama ada gulai tepek ikan yang merupakan salah satu makanan khas Jambi berbahan dasar ikan. Dinamakan gulai tepek ikan karena ikan yang diolah ini akan ditepek-tepek alias dipipihkan hingga menjadi gepeng. Biasanya jenis ikan yang digunakan adalah jenis ikan gabus, tapi juga bisa menggunakan jenis ikan lainnya. Gulai tepek ikan menjadi salah satu kuliner khas Jambi yang wajib ada ketika ada perayaan hari raya atau acara pernikahan. Cita rasanya sudah pasti asin gurih dan cocok disantap dengan nasi.

2. Pempek Sambal


Sumber : Dapurzahra.com

Berikutnya ada pempek sambal yang mungkin terdengar aneh bagimu karena sebenarnya pempek memang berasal dari Palembang. Tapi pempek yang ada di Jambi ini berbeda karena menggunakan sambal sehingga cita rasanya sudah pasti pedas dan warna bagian luarnya merah merona. Pempek sambal merupakan pempek biasa yang dibuat dengan campuran ikan tenggiri, tapi diolah lagi dengan tambahan sambal dengan campuran daun jeruk dan daun kunyit sehingga cita rasanya jadi berbeda.

3. Nasi Gemuk


Sumber : Channelmuslim.com

Kuliner khas Jambi yang ketiga adalah nasi gemuk yang mendapat pengaruh dari kuliner Melayu. Nasi gemuk merupakan nasi yang dimasak bersama dengan santan dan aneka bumbu rempah seperti daun salam, daun pandan, daun jeruk dan lain sebagainya sehingga cita rasanya jadi lebih berbeda. Biasanya nasi gemuk ini ditambahkan aneka lauk seperti teri, kacang, sambal dan lain sebagainya.

4. Tempoyak Patin


Sumber : Travelingyuk.com

Mendengar nama tempoyak pasti yang teringat olehmu adalah olahan durian. Tapi memangnya olahan durian ini cocok disantap dengan ikan? Tentu saja enak. Di Jambi ada olahan tempoyak yang dicampur dengan ikan patin yang diberi nama tempoyak patin. Cita rasanya sangat kuat tapi tetap segar, creamy, manis dan sangat lezat jika disantap dengan nasi putih. Selain menggunakan ikan patin, tempoyak juga bisa dipadukan dengan aneka jenis ikan laut lainnya.

5. Kerutup Ikan


Sumber : Masakannusantarakoe.blogspot.com

Terakhir ada kerutup ikan yang pengucapannya memang agak sulit. Kerutup ikan merupakan kuliner khas Jambi yang dibuat dari ikan air tawar seperti ikan gurame, ikan nila, atau ikan emas. Ikan yang sudah dicuci bersih kemudian digoreng dan dimasak lagi dengan aneka bumbu rempah seperti daun kunyit. Aroma dari kerutup ikan ini sangat wangi dan sangat mudah dijumpai di restoran atau rumah makan di Jambi.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja makanan-makanan khas Jambi tersebut? Jika ingin menyantap aneka sajian seperti di atas, kamu bisa langsung datangi beberapa tempat makan di bawah ini ya teman PergiKuliner!

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Bola Seafood Acui

Foto Bola Seafood Acui
Foto Bola Seafood Acui
Foto Bola Seafood Acui

Nasi Gemuk Hadiah

Foto Nasi Gemuk Hadiah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?