Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Karawang yang Rasanya Tradisional Banget

List Artikel
28 Maret 2020 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan kulinernya. Masing-masing daerah di Indonesia selalu punya kulinernya khasnya masing-masing. Salah satu daerah di indonesia yang punya banyak ragam kuliner adalah Karawang. Daerah yang ada di provinsi Jawa Barat ini tak hanya punya kuliner yang mengenyangkan, tapi juga ada cemilan-cemilan enak yang patut kamu coba. Beberapa di antaranya mungkin hanya bisa kamu jumpai di Karawang saja, tapi beberapa lagi ada yang bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional yang ada di daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Ingin tahu ada kuliner khas Karawang apa saja yang wajib kamu icip? Langsung lihat saja yuk!

 

1. Soto Gempol



Sumber : Phinemo.com


Pertama ada soto gempol yang punya empat jenis soto tergantung dari isiannya. Ada yang berisi ayam, daging sapi, babat, dan usus. Dari tampilannya, soto gempol ini tak seperti soto-soto lain dari Jawa karena warna tampilannya yang orange kemerahan. Soto gempol punya citarasa yang gurih asin dan agak pedas sedikit. Cara penyajian soto ini adalah dengan tambahan bawang goreng, emping, daun bawang iris dan pastinya perasan jeruk limau untuk menambah kesegarannya.

 

2. Jojongkong



Sumber : Gadis.co.id


Kue jojongkong, mungkin tidak asing terdengar karena sering kita temui di toko kue modern dan pasar tradisional. Jojongkong adalah kue tradisional khas Karawang yang dibuat dari tiga jenis tepung, yakni tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu dengan air, gula dan kelapa muda lalu diletakkan dalam wadah yang dibuat dari daun pisang lalu dikukus hingga matang.

 

3. Ali Agrem



Sumber : Cemilanmantap.com


Selanjutnya ada ali agrem yang sepertinya tidak semua orang tahu namanya, tapi jika kamu sebutkan kue cincin, pasti ada banyak yang tahu. Kue ali agrem memang sering dijuluki dengan nama kue cincin karena memang bentuknya yang seperti cincin. Ali agrem adalah kue tradisional Karawang yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula merah, gula pasir, kelapa parut dan garam. Kue ini dimasak dengan cara digoreng sehingga bagian pinggirannya agak garing.

 

4. Gonjing



Sumber : Wowkeren.com


Pernah mendengar atau mencoba kuliner khas Karawang bernama gonjing? Gonjing sebenarnya adalah kue pancong. Hanya saja namanya di Karawang adalah kue gonjing. Bahan utamanya hanya tepung ketan, kelapa parut dan santan sehingga cita rasanya cenderung gurih asin. Untuk cara pembuatannya sama saja seperti dengan kue pancong, yakni dipanggang dengan cetakan berbentuk setengah lingkaran. Pada saat sudah matang, kue ini biasanya diberi sedikit taburan gula pasir untuk menambah rasa manisnya.

 

5. Sorabi Hijau



Sumber : Bisnisbandung.com


Terakhir ada sorabi hijau yang sudah sangat terkenal. Sorabi hijau adalah salah satu jenis surabi yang menjadi ciri khas surabi Karawang. Warnanya yang hijau ini dibuat dari campuran daun suji. Untuk bahan lainnya yang digunakan adalah tepung beras. Cara pembuatannya sama dengan surabi kebanyakan karena dipanggang di atas cetakan tembikar. Untuk penyajiannya, sorabi hijau ini diberi siraman kuah gula merah yang dimasak dengan santan.

 

Itulah beberapa kuliner khas Karawang yang rasanya Indonesia banget. Di antara kelimanya ini, kamu sendiri sudah pernah icip yang mana? Nah, jika ingin makan makanan berat khas Indonesia kamu bisa mampir dulu aja ya ke salah satu tempat di bawah ini!

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Warung Sunda Ceu Kokom

Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?