Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Surabaya yang Rasanya Enak dan Ngangenin

List Artikel
11 Desember 2018 | 0 Komentar

Kekayaan kuliner yang dimiliki kota Surabaya tidak perlu diragukan lagi. Aneka makanan dengan cita rasa yang variatif bisa kamu temukan di setiap sudut kota ini. Maka dari itu, berwisata kuliner di Surabaya tidak akan bisa dijalani hanya dalam waktu satu hari. Butuh setidaknya seminggu untuk kamu bisa mencicipi beragam menu makanan khas Surabaya di berbagai sudut, mulai dari restoran, cafe, hingga warung makan pinggir jalan. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berwisata kuliner di kota Surabaya, setidaknya cicipilah lima kuliner khas Surabaya berikut ini yang rasanya autentik dan selalu bikin kangen!


1. Rujak Cingur


Sumber : Pergikuliner.com


Ingat Surabaya pasti ingat kuliner unik yakni rujak cingur. Ya, rujak cingur memang terbilang kuliner yang cukup unik karena berbahan utama dari cingur atau hidung kerbau. Selain itu, tak ketinggalan juga terdapat aneka sayuran dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis sebagai pelengkapnya. Rasanya yang unik dan nikmat ini membuat kuliner ini begitu diminati oleh masyarakat Surabaya.

2. Rawon





Sumber : Pergikuliner.com


Rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur yang wajib sekali kamu coba saat menyambangi kota Surabaya. Makanan ini tampilannya mirip seperti soto tetapi berkuah hitam pekat. Warna hitam tersebut berasal bumbu rempah yang bernama kluwak. Rawon biasanya menggunakan bahan daging sapi yang telah dipotong-potong dadu, dan seringkali ditambahkan campuran jeroan atau kikil sapi. Di Surabaya sendiri, kuliner rawon sudah menjadi buruan para wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Rawon Setan Bu Sup yang berada di daerah Genteng Surabaya, karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit. Kalau berkunjung ke Surabaya, pokoknya kamu wajib coba rawon setan ini!


3. Nasi Bebek



Sumber : Pergikuliner.com


Surabaya juga terkenal kuliner bebeknya. Berbatasan langsung dengan Madura, membuat kamu bakal menemukan banyak pilihan bebek enak di Surabaya. Nasi bebek menjadi salah satu kuliner khas Surabaya yang wajib kamu cicipi. Seporsi bebek goreng yang gurih beserta kremesannya yang nikmat sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi panas. Kuliner satu ini mudah banget kamu temukan di jalanan Surabaya ya, mulai dari pedagang kaki lima atau warung pinggir jalan sampai depot dan restoran pun ada.


4. Sate Klopo



Sumber : Pergikuliner.com


Bagi yang belum pernah mencobanya mungkin akan berpikir kalau kuliner ini merupakan sate kelapa, padahal bukan seperti itu lho. Sate klopo sebenarnya berasal dari daging sapi yang diiris tipis dan dilumuri parutan kelapa sebelum kemudian dibakar. Selain itu, sate klopo juga mencampurkan jeroan dan lemak sapi pada isiannya. Kamu bisa menemukan banyak sekali penjual sate klopo di Surabaya.


5. Tahu Tek



Sumber : Masakapaya.com


Terakhir, ada sepiring tahu tek yang berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang digunting di atasnya. Ya, bahan-bahan yang digunting dan bukan diiris dengan pisau ini merupakan keunikan dari makanan ini. Setelah digunting, kemudian ditambahkan kecambah dan taburan seledri serta disiram petis di atasnya. Hmm nikmatnya bukan main! Tak lupa ditambahkan kerupuk juga sebagai pelengkap. Dari segi tampilan, kuliner tahu tek boleh dibilang sederhana. Tapi jangan salah, kuliner khas Surabaya ini selalu menjadi primadona lho di kotanya. Harga seporsinya pun terbilang murah. Jadi, kamu tertarik untuk mencoba?


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan lima kuliner khas Surabaya yang rasanya ngangenin itu? Kamu harus mencicipinya ya jika berkesempatan ke sana. Pasti tak akan menyesal deh. Dan jangan lupa icip beberapa rekomendasi tempat makan yang PergiKuliner berikan berikut ini ya!

Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim

Foto Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim
Foto Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim

Rawon Setan

Foto Rawon Setan

Nasi Bebek Sinjay

Foto Nasi Bebek Sinjay
Foto Nasi Bebek Sinjay
Foto Nasi Bebek Sinjay

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Tahu Tek Kartolo

Foto Tahu Tek Kartolo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?