Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Lezat Ini Terbuat dari Rumput Laut Lho!

List Artikel
10 Juli 2019 | 0 Komentar
Rumput laut merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Biasanya rumput laut dijadikan sebagai olahan makanan penutup, seperti campuran puding, atau manisan rumput laut, dan juga bahkan diolah menjadi makanan ringan yang sangat disukai oleh orang-orang sebagai cemilan yang berbentuk lebar dan sangat tipis seperti kertas. Rasanya juga dikenal sangat gurih dan lezat, sehingga ingin terus menyantapnya. Oleh karena itu, rumput laut juga sering diolah menjadi olahan bahan dasar makanan yang bervariasi sehingga selalu diincar dan diburu oleh para pecinta kuliner. Olahan masakan yang menggunakan bahan dasar rumput laut dijual di beberapa kedai atau restoran khas makanan Asia. Banyak sekali olahan makanan yang mengandalkan rumput laut sebagai bahan dasar, maka dari itu PergiKuliner akan memberikan beberapa kuliner lezat yang terbuat dari rumput laut, diantaranya:

Sushi


Sumber : Pergikuliner.com

Sushi merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang sangat terkenal hingga penjuru dunia karena bentuknya yang unik dan rasanya yang khas. Olahan sushi biasanya menggunakan bahan dasar nasi khas Jepang yang diberi sedikit garam, gula dan cuka lalu digulung bersama isian lauk berupa daging, sayuran, dan rumput laut. Jenis isian dagingnya bisa berupa irisan daging ikan salmon, tuna, unagi, kepiting dan juga udang tempura. Isian daging sushi tersebut ada yang disajikan mentah ataupun matang. Rumput laut atau yang lebih dikenal sebagai nori ini biasanya diletakkan di bagian dalam atau luar nasi sebelum digulung menjadi sushi, tergantung dari olahan menu jenis sushi masing-masing. Sushi sangat nikmat disantap dengan cocolan kecap asin atau diberi topping saus mayonaise.

Kimbab


Sumber : Gayahidup.dreamers,id

Kimbap adalah salah satu jenis kuliner makanan Korea yang paling dikenal oleh para pecinta makanan Korea. Bentuk dari kimbap sendiri memang mirip dengan sushi Jepang, yaitu nasi gulung yang dibungkus dengan rumput laut. Tentu saja tidak lengkap bila kimbap disajikan tanpa rumput laut, karena memang sudah menjadi ciri khas dari kimbap itu sendiri. Namun, kimbap berbeda dengan sushi Jepang. Kimbap menggunakan bumbu minyak wijen, sedangkan sushi menggunakan cuka beras. Biasanya kimbap menggunakan isian sayuran yang lebih beragam dibandingkan dengan sushi, serta isian dagingnya pun diolah dan disajikan matang. Kebanyakan kimbap disantap dan dinikmati sebagai street food atau lunch box yang dibawa saat bepergian.

Gyeranmari

Sumber : Koreanfoodgallery.com


Gyeranmari atau yang lebih dikenal sebagai omelette gulung ini disajikan sebagai makanan pendamping dari olahan-olahan masakan khas Korea. Gyeranmari terbuat dari bahan dasar telur yang dikocok dan dimasak diatas fry pan tipis seperti membuat telur dadar pada umumnya. Isian dari gyeranmari menggunakan bahan makanan seperti rumput laut, sayur-sayuran yang dicincang kasar, bawang putih cincang, potongan jamur, serta daging yang telah diolah terlebih dahulu. Sangat nikmat bila disantap bersama kimbap dan juga kimchi.

Gimmari


Sumber : Pergikuliner.com


Gimmari merupakan kuliner cemilan khas Korea yang banyak ditemukan di gerai makanan Korea atau bahkan di pasar pusat jajanan makanan khas Korea. Cara membuatnya pun tidaklah sulit, karena bahan masakannya mudah untuk ditemukan. Gimmari menggunakan bahan dasar bihun khas Korea yang dimasak terlebih dahulu bersama bumbu seperti bawang putih, minyak wijen, biji wijen, kecap asin, soy sauce, sedikit garam, dan diberi irisan sayuran seperti wortel, lobak, dan mentimun. Bihun tersebut digulung bersama rumput laut, lalu dicelup kedalam tepung dan digoreng hingga kuning keemasan. Gimmari sangat lezat bila menyantapnya bersama cocolan kecap asin, karena citarasanya yang sangat gurih dan bertekstur renyah.

Burger Wakame Salad



Sumber : Pergikuliner.com

Seiring perkembangan zaman, burger telah bertransformasi menjadi makanan yang sangat hits dan menjadi populer di kalangan pecinta kuliner karena inovasinya. Biasanya yang kita tahu burger hanya memiliki isian patty daging, sayuran selada, tomat dan mentimun serta keju yang diberi saus sambal dan saus tomat. Namun, kali ini burger disajikan sangat berbeda. Yaitu menggunakan wakame salad atau salad rumput laut yang segar dan fresh, serta sensasi umami dengan teksturnya yang crunchy ketika dikunyah, dan dibungkus dengan rumput laut kering atau nori dibagian luarnya. Cita rasanya yang tak terlupakan ini membuat kamu tidak ingin berhenti menyantapnya karena sangat lezat dan nikmat.

Banyak juga ya, kuliner lezat yang terbuat dari rumput laut. Dari kelima kuliner di atas, mana yang lebih kamu sukai? Jika kamu juga ingin menikmati kuliner-kuliner tersebut bisa langsung datangi tempat-tempat di bawah ini ya!

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe

Burgushi

Foto Burgushi
Foto Burgushi
Foto Burgushi

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?