Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Pedas Asal Jawa Barat yang Pedasnya Bikin Gila

List Artikel
4 Februari 2020 | 0 Komentar

Masyarakat Indonesia sangat suka menyantap kuliner pedas. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sambal yang selalu diletakkan di atas meja makan. Baik itu di rumah maupun di restoran atau kedai makan. Kita pasti akan selalu menjumpai sambal maupun saus yang sering ditambahkan untuk menjadikan citarasa kuliner menjadi lebih pedas. Berbicara tentang kuliner pedas, ada beberapa daerah di Indonesia yang terkenal akan kuliner pedasnya. Mulai dari Manado, Sumatera Barat, serta tak ketinggalan Jawa Barat. Jawa Barat memang punya banyak ragam kuliner, tak hanya yang bercita rasa manis saja, tetapi juga yang bercita rasa pedas. Beberapa kuliner pedas yang asalnya dari Jawa Barat adalah:

 

1. Seblak



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada seblak yang sangat terkenal sebagai kuliner pedas khas Jawa Barat. Biasanya saat memesan seblak ini, kamu bisa memilih ingin kepedasan level berapa. Seblak sebenarnya adalah jajanan kaki lima yang terbuat dari bahan-bahan yang beraneka ragam, mulai dari kerupuk, ceker, aci, telur, dan masih banyak lagi. Semua bahan-bahan tersebut dijadikan satu dan diberi bumbu kuah pedas yang terbuat dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kencur, serta garam.

 

2. Tahu Gejrot



Sumber : Genpi.co


Tahu gejrot juga menjadi salah satu kuliner pedas dari Jawa Barat, tepatnya kota Cirebon. Tahu gejrot ini bisa dikatakan cukup unik karena biasanya disajikan bersama dengan wadah untuk mengulek bumbu. Bahan utamanya sudah pasti tahu. Tapi tahu yang digunakan tak bisa tahu sembarangan, biasanya tahu gejrot menggunakan jenis tahu cokelat kotak seperti tahu sumedang. Nantinya tahu akan diberi kuah asam yang sudah dicampur dengan cabai rawit dan bawang merah ulek.

 

3. Combro



Sumber: pergikuliner.com


Combro merupakan singkatan dari oncom di jero yang artinya ada oncom di dalamnya. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut dan bagian isi dalamnya ada oncom dan cabai rawit utuh. Jadi ketika kamu menggigit bagian cabainya maka cita rasa pedas pasti akan langsung menyebar ke mulutmu. Selain rasa pedas dari cabai rawit utuh yang ada di dalamnya, sebenarnya oncom yang digunakan sudah ditumis terlebih dahulu dengan bumbu pedas yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan garam.

 

4. Gehu



Sumber : Cookpad.com


Gehu, mungkin namanya terdengar asing bagimu. Tapi bagaimana dengan tahu jeletot? Sebenarnya tahu jeletot ini sama saja dengan gehu. Keduanya sama-sama merupakan gorengan yang dibuat dari bahan dasar tahu dan tauge. Sebelum dijadikan isian tahu, tauge sudah ditumis terlebih dahulu dengan bumbu pedas. Jadi ketika kamu menyantapnya, tak perlu lagi cabai rawit untuk menambah cita rasa pedasnya. Gehu ini bisa dengan mudah dijumpai di pedagang gorengan kaki lima hingga rumah makan.

 

5. Cimol dan Cilok



Sumber : Njajan.com


Terakhir ada cimol dan cilok. Cimol merupakan kepanjangan dari aci digemol. Jadi kuliner ini terbuat dari adonaan aci yang dibentuk bulat-bulat kecil kemudian digoreng dan disajikan bersama dengan bumbu taburan. Bumbu taburan klasik yang digunakan biasanya adalah bubuk cabai sehingga menjadikan citarasanya pedas. Sedangkan untuk cilok adalah singkatan dari aci yang dicolok. Berbeda dengan cimol, adonan cilok ini dikukus atau direbus dan disajikan bersama dengan bumbu kacang yang pedas.

 

Itulah beberapa kuliner pedas khas Jawa Barat yang cocok buat kamu para pecinta pedas. Dari kelimanya, kamu lebih suka yang mana? Jika suka kuliner pedas, kamu bisa datangi tempat-tempat makan di bawah ini ya!

Mie Pedas Juara

Foto Mie Pedas Juara
Foto Mie Pedas Juara
Foto Mie Pedas Juara

Seblak Wae-Atuh

Foto Seblak Wae-Atuh
Foto Seblak Wae-Atuh
Foto Seblak Wae-Atuh

Daging Asap Sambal

Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal

Sambal Khas Karmila

Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila

Seblak Jebred Bdg

Foto Seblak Jebred Bdg
Foto Seblak Jebred Bdg
Foto Seblak Jebred Bdg

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?