Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Pedas Khas Indonesia Pendamping Ketupat Lebaran

List Artikel
23 Mei 2020 | 0 Komentar

Lebaran merupakan hari raya umat Muslim yang dirayakan setelah satu bulan berpuasa. Saat lebaran tiba, tak hanya baju baru saja yang dinantikan, tapi beragam kuliner khas lebaran juga tak lepas dari penantian. Selain kue kering, ada ketupat sayur yang tak boleh ketinggalan untuk tersaji di atas meja makan. Ketupat sayur ini terdiri dari ketupat berisi nasi yang dibungkus dengan daun kelapa dan sayur ketupat. Tapi selain sayur ketupat, ada beberapa kuliner khas Indonesia yang kerap kali muncul sebagai lauk pauk ketupat lebaran. Kebanyakan lauk pauk tersebut bercita rasa pedas sehingga cocok dipadukan dengan ketupat lebaran yang rasanya agak hambar. Dari sekian banyak kuliner pedas Indonesia, ada lima yang paling populer dan banyak disajikan saat lebaran, yaitu:


1. Sambal Goreng Kentang Ati



Sumber : Foodizz.id


Kuliner pedas Indonesia yang pertama ada sambal goreng kentang ati. Kuliner ini memang tak boleh ketinggalan dari daftar lauk pauk untuk ketupat lebaran. Sambal goreng kentang ati dibuat dari bahan dasar kentang dan ati. Hati yang digunakan bisa hati sapi atau ayam. Tapi kebanyakan memilih untuk menggunakan hati sapi. Setelah digoreng, kentang dan hati ini akan dimasak lagi dengan bumbu balado pedas.


2. Dendeng Balado



Sumber : Pergikuliner.com


Berikutnya ada dendeng balado khas Sumatera Barat. Dendeng balado punya tekstur agak krispi dengan perpaduan cita rasa pedas gurih. Dendeng balado dibuat dari bahan utama daging sapi yang diiris tipis-tipis lalu direbus dan dikeringkan dengan cara dijemur atau digoreng hingga garing kemudian dibumbui dengan bumbu balado. Berhubung kandungan airnya sudah sangat berkurang, dendeng balado ini bisa tahan lama disimpan dalam wadah kedap udara.


3. Telur Balado



Sumber : Idntimes.com


Selain dendeng balado, ada telur balado yang juga tak boleh ketinggalan dari daftar lauk pauk wajib ketupat lebaran. Telur balado di sini dibuat dari bahan utama telur ayam yang direbus. Nantinya setelah direbus hingga matang, kulit telur harus dikupas kemudian telur akan digoreng sebentar hingga lapisan luarnya berwarna agak kecoklatan. Barulah setelah itu, telur akan dibumbui dengan bumbu cabai khas balado.


4. Rendang



Sumber : Pergikuliner.com


Selain ketiga kuliner di atas, ada rendang yang tak boleh ketinggalan. Rendang ini bisa dikatakan sebagai lauk pauk mewah saat lebaran karena biasanya harga daging menjelang lebaran akan meningkat hingga dua kali lipat. Rendang yang bisa bertahan lama dibuat beberapa hari menjelang lebaran. Rendang ini bisa ada yang dibuat pedas dan tak pedas. Untuk rendang pedas warnanya akan terlihat lebih kemerahan.


5. Kering Teri Kacang



Sumber : Resepkoki.id


Terakhir ada kering teri kacang. Penambahan kering teri kacang dalam lauk pauk ketupat sayur sebenarnya dimaksudkan untuk memperkaya tekstur makanan karena teksturnya renyah dan garing. Kering teri kacang dibuat dari bahan dasar teri dan kacang yang dibumbui dengan bumbu cabai. Selain menggunakan teri dan kacang, kamu juga bisa menggunakan kentang atau tempe yang digoreng kering.

 

Terasa lezat bukan beberapa kuliner pedas khas Indonesia di atas yang cocok untuk ketupat lebaran. Dari kelimanya ini, manakah yang selalu ada di atas meja makan rumahnu saat lebaran?

Ketupat Ci Eng

Foto Ketupat Ci Eng
Foto Ketupat Ci Eng
Foto Ketupat Ci Eng

Laksa Betawi Assirot

Foto Laksa Betawi Assirot
Foto Laksa Betawi Assirot

Medan Baru

Foto Medan Baru
Foto Medan Baru
Foto Medan Baru

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Rumah Makan Sepakat Jaya

Foto Rumah Makan Sepakat Jaya
Foto Rumah Makan Sepakat Jaya
Foto Rumah Makan Sepakat Jaya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?