Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Thailand yang Mirip dengan Kuliner Indonesia

List Artikel
22 April 2020 | 0 Komentar

Thailand dan Indonesia merupakan dua negara yang terletak di Asia Tenggara. Keduanya ini sama-sama punya kuliner yang sangat terkenal di dunia. Tak heran kalau banyak orang asing, terutama orang barat yang seringkali keliru mengenali kuliner Thailand dengan Indonesia karena memang cita rasanya agak mirip. Beberapa bumbu rempah pada kuliner Indonesia juga banyak digunakan pada kuliner Thailand seperti jintan, kemiri, seledri, santan dan lain sebagainya. Tapi jika kamu perhatikan dengan seksama, kuliner Thailand cenderung punya campuran cita rasa asam dalam kuliner-kulinernya, sedangkan Indonesia cenderung manis dan pedas. Untuk menambah pengetahuan kulinermu, tahukah kamu kalau ada lima kuliner Thailand yang mirip dengan kuliner Indonesia, yaitu:

 

1. Khao Pad Tom Yum dengan Nasi Goreng




Sumber : Asianinspirations.com.au


Yang pertama ada khao pad tom yum dengan nasi goreng Indonesia. Khao pad tom yum ini sebenarnya adalah nasi goreng juga, tapi bumbu yang digunakan bukan bumbu terasi seperti pada nasi goreng Indonesia pada umumnya, melainkan menggunakan bumbu tom yum. Seperti yang kita ketahui, tom yum sendiri punya cita rasa yang pedas, asam dan gurih. Khao pad tom yum selalu disajikan dengan udang, daun selada atau mentimun dan potongan jeruk lemon untuk menambah cita rasa asamnya.

 

2. Chicken Massaman Curry dengan Gulai Ayam




Sumber : Seriouseats.com


Kuliner kedua Thailand yang mirip dengan kuliner Indonesia adalah chicken massaman curry dengan gulai ayam dari Minang. Jika kamu melihatnya sekilas mungkin akan sulit untuk membedakan keduanya ini karena bahan dasarnya sama-sama ayam dan kuahnya sama-sama berwarna kuning cenderung orange kemerahan. Bumbu yang digunakan juga tak jauh berbeda karena chicken massaman curry dibuat dengan rempah pekak, kapulaga, kayu manis, jinten, pala, serta daun salam. Tapi ada sedikit perbedaan karena selain ayam, chicken massaman curry ini ada campuran  kentangnya.

 

3. Pad Thai dengan Bihun Goreng




Sumber : Kitchensanctuary.com


Kuliner asal Thailand ini sudah banyak yang mengenalnya karena selalu muncul di restoran-restoran Thailand. Pad Thai adalah olahan mie beras asal Thailand yang punya cita rasa gurih, pedas, segar dan sedikit asam karena disajikan dengan perasan jeruk nipis. Untuk bahan tambahan yang menjadi ciri khasnya ada udang dan tauge. Berbeda dengan pad Thai, bihun goreng di Indonesia diberi bahan tambahan potongan daun bawang seledri, wortel dan kubis.

 

4. Pad Pak Boong Fai Doeng dengan Tumis Kangkung



Sumber : Flickr.com


Berikutnya ada pad pak boong fai doeng yang mirip dengan tumis kangkung ala Indonesia. Tingkat kemiripannya ini bahkan bisa mencapai 90% karena memang sama-sama menggunakan kangkung sebagai bahan dasarnya. Hanya saja untuk cita rasanya agak sedikit berbeda karena di Indonesia sendiri kita menggunakan terasi, sedangkan di Thailand menggunakan kecap ikan. Jadi akan ada sedikit perbedaan saat kita mencicipinya.


5. Gang Keow Wan dengan Gulai Lado Ijo




Sumber : Resepdanmasakan.com


Terakhir ada gang keow wan yang mirip dengan gulai lado ijo. Dari tampilan keduanya, kamu bisa membedakannya kok. Gang keow wan punya tampilan warna hijau terang dan kuahnya ini tidak sekental gulai lado ijo ala Minang. Di dalamnya juga terdapat campuran terong hijau dan cara penyajiannya dengan daun kemangi dan irisan cabai. Sedangkan untuk bahan dasarnya menggunakan ayam. Di Indonesia sendiri gulai lado ijo bisa menggunakan ayam atau bebek.

 

Itulah beberapa kuliner Thailand yang mirip banget dengan kuliner Indonesia. Menurutmu, masih ada lagi tidak kuliner Thailand yang mirip dengan kuliner tradisional kita? Jika jadi kangen sama kuliner Thailand karena membaca artikel ini, kamu tinggal datang aja ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant

Tamnak Thai

Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai

Noble by Zab Thai

Foto Noble by Zab Thai
Foto Noble by Zab Thai
Foto Noble by Zab Thai

Thai Alley

Foto Thai Alley
Foto Thai Alley
Foto Thai Alley

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?