Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Tiongkok yang Sangat Sulit Dijumpai di Indonesia

List Artikel
31 Desember 2023 | 0 Komentar

Kuliner Tiongkok merupakan salah satu kuliner Asia yang paling sering dijumpai di Indonesia. Popularitas kuliner Tiongkok di Indonesia ini tentunya tak lepas dari pengaruh budaya Cina, sehingga membuat kuliner ini tidak hanya banyak diminati oleh orang keturunan Tionghoa, tetapi juga sebagian besar masyarakat Indonesia. Kuliner Tiongkok memiliki banyak varian dan ciri khas yang membuatnya berbeda dari kuliner-kuliner Asia lainnya. Biasanya, kuliner Tiongkok memiliki aroma yang sangat wangi karena penggunaan bawang putih yang melimpah hingga aneka saus-sausnya. Meski demikian, tidak semua kuliner Tiongkok bisa dijumpai di restoran Tiongkok yang ada di Indonesia. Ada beberapa kuliner Tiongkok yang hanya bisa dijumpai di negara asalnya. Lantas, apa saja kuliner-kuliner tersebut? Mari kita langsung cek bersama-sama di bawah ini!

 

1. Stinky Tofu



Sumber: detik.net.id


Berbicara tentang kuliner Tiongkok yang sulit dijumpai di Indonesia, stinky tofu pasti masuk dalam daftar tersebut. Stinky tofu merupakan salah satu kuliner khas Tiongkok yang memiliki aroma sangat menyengat sehingga bagi mereka yang tidak terbiasa, akan merasa pusing saat mencium aroma hidangan ini. Sesuai dengan namanya, stinky tofu merupakan varian tahu dengan aroma tidak sedap yang dihasilkan melalui proses fermentasi selama berhari-hari. Mengingat aroma dan rasanya yang terlalu ekstrim, tidak heran bahwa kuliner ini sangat sulit dijumpai di Indonesia karena hanya segelintir orang saja yang menyukainya.

 

2. Snow Fungus Soup



Sumber: thewoksoflife.com


Snow fungus soup adalah kuliner berkuah asal Tiongkok yang memiliki rasa unik karena hidangan ini menggabungkan sentuhan manis, asam, dan gurih yang bercampur menjadi satu. Snow fungus soup sering kali disajikan sebagai makanan penutup daripada makanan utama ataupun makanan pendamping. Snow fungus soup dibuat dari bahan dasar jamur kuping putih, jujube, biji teratai, goji beri, pearl barly, hingga gula batu. Sangat sulit untuk menjumpai snow fungus soup di Indonesia karena bahan-bahannya yang langka di negara kita.

 

3. Cong You Bing



Sumber: carolinescooking.com


Selanjutnya, ada cong you bing, kuliner Tiongkok ini mirip dengan pancake atau kue dadar karena memiliki bentuk seperti dadar tipis. Cong you bing dibuat dari bahan dasar tepung, irisan daun bawang, garam, bubuk jinten, lada, dan rempah-rempah lainnya. Proses pembuatannya ini sebenarnya agak mirip dengan pembuatan roti cane karena adonan dasarnya tidak encer sehingga bisa dibentuk. Setelah adonan diaduk hingga merata, pipihkan adonan lalu masak di atas wajan yang sudah diberi sedikit olesan minyak. Untuk penyajiannya, cong you bing bisa dicocol dengan campuran kecap asin dan minyak cabai.

 

4. Mapo Tofu



Sumber: twoplaidaprons.com


Di antara kuliner Tionghoa lainnya yang sangat sulit dijumpai di Indonesia, mapo tofu merupakan salah satu yang lebih memungkinkan untuk dijumpai. Mapo tofu merupakan kuliner Tionghoa yang terbuat dari bahan dasar tahu khas Cina yang dipotong kotak-kotak lalu dimasak dengan fermentasi kacang hitam, kacang polong, minyak cabai, saus tiram, minyak wijen, tauco, merica, bawang bombay, bawang putih, dan kecap asin. Biasanya, mapo tofu ini sering kali ditambahkan dengan campuran daging sapi atau daging babi cincang untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya. Mapo tofu memiliki rasa yang agak pedas dan gurih.

 

5. Beggar Chicken



Sumber: asianinspirations.com.au


Kuliner Tiongkok terakhir yang sangat sulit dijumpai di Indonesia adalah beggar chicken atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai ayam pengemis. Ayam ini konon dibuat pertama kali berdasarkan cerita seorang pengemis yang membuat hidangan ayam untuk pertama kalinya. Jadi, pengemis ini memberikan hidangan ayamnya tersebut kepada kaisar dari Dinasti Qing yang kebetulan sedang melewatinya. Kaisar sangat menyukai hidangan tersebut sehingga hidangan ini akhirnya dihadirkan di kerajaan. Beggar chicken adalah ayam utuh yang dilumuri dengan berbagai bumbu, lalu dibungkus dengan menggunakan daun teratai, kemudian dimasak hingga matang.

 

Itulah beberapa kuliner Tiongkok yang sangat sulit dijumpai di Indonesia. Apa kamu setuju bahwa kelima kuliner Tiongkok yang ada di atas termasuk langka di Indonesia? Buat yang suka kuliner Tiongkok, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Tiongkok yang bisa kamu datangi. Yuk, lihat!

House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta
Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta
Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Yinyang Dimsum

Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum

Wang Fu Dimsum

Foto Wang Fu Dimsum
Foto Wang Fu Dimsum
Foto Wang Fu Dimsum

Kastil Dimsum

Foto Kastil Dimsum
Foto Kastil Dimsum
Foto Kastil Dimsum

Dimsum Sembilan Ayam

Foto Dimsum Sembilan Ayam
Foto Dimsum Sembilan Ayam
Foto Dimsum Sembilan Ayam

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?