Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Tradisional Perancis yang Terbuat dari Kentang

List Artikel
1 Agustus 2020 | 0 Komentar

Perancis terkenal sebagai negara yang punya banyak julukan. Mulai dari negara yang romantis hingga negara yang punya dessert manis terlezat di dunia. Negara yang kaya akan kulinernya ini ternyata banyak mengonsumsi kentang sehari-harinya. Berbeda dengan Indonesia yang hanya menjadikan kentang sebagai lauk pauk atau cemilan saja, kentang di Perancis justru diolah menjadi beragam kuliner yang kebanyakan menjadi santapan utama. Bisa dengan direbus hingga dipanggang. Kentang bisa dengan mudah didapat. Selain itu, kentang juga merupakan salah satu makanan pokok di Perancis. Dari sekian banyaknya olahan kentang yang ada di Perancis, ada lima yang paling banyak disantap dan pastinya paling populer, yaitu:


1. Tartiflette



Sumber: Bbci.co.uk


Pertama ada tartiflette yang merupakan salah satu kuliner Perancis yang dibuat dari kentang panggang. Cara membuatnya adalah dengan mengiris tipis-tipis kentang lalu di atasnya disiram dengan krim dan parutan keju. Terkadang tartiflette juga ditambahkan dengan irisan daging bacon atau daging cincang untuk menambah cita rasa dan teksturnya. Selain bisa disantap begitu saja, tartiflette juga seringkali disajikan bersama dengan steak.


2. Pommes Anna



Sumber: Icookstuff.com


Pommes anna adalah kuliner tradisional khas Perancis. Konon kuliner dari kentang ini sudah ada sejak abad ke-19. Pommes anna awalnya dibuat oleh seorang chef bernama Adolf Duglere. Cara membuat kuliner ini sebenarnya sangatlah mudah. Kamu cukup mengiris tipis-tipis kentang lalu membumbuinya dengan garam dan merica lalu susun hingga berlapis-lapis kemudian panggang hingga matang merata. Sama seperti tartiflette, pommesanna juga cocok dipadukan dengan steak.


3. Baeckeoffe



Sumber: Eatsmarter.com


Baeckeoffe adalah salah satu olahan kentang yang asalnya dari Perancis bagian utara, tepatnya Alsacee. Baeckeoffe terbuat dari kentang yang diiris bulat-bulat lalu dimasak bersama dengan daging sapi atau daging domba yang telah diasinkan, serta sayuran lainnya dan rempah-rempah. Semua bahan dicampur menjadi satu dan dimasak dengan menggunakan anggur putih sehingga aroma dan cita rasanya jadi lebih lezat dan wangi.


4. Potage Parmentier



Sumber: Foodal.com


Selanjutnya ada potage parmentier yang termasuk salah satu jenis sup khas Perancis. Sup yang dibuat dari bahan dasar kentang ini punya cita rasa yang creamy dan gurih. Untuk membuatnya, kentang harus dikukus atau direbus terlebih dahulu, baru kemudian di haluskan dan dimasak bersama dengan daging atau ikan. Selain daging, ada tambahan sayur lainnya seperti brokoli, wortel, daun bawang, hingga asparagus.


5. Hachis Parmentier



Sumber: Papillesetpupills.fr


Terakhir ada hachis parmentier yang merupakan casserol ala Perancis. Hachis parmentier dibuat dari kentang yang dikukus lalu dihaluskan dan ditata dalam loyang kemudian diberi daging cincang yang sudah dibumbui, lalu dipanggang hingga matang dan bagian atasnya kecoklatan. Hachis parmentier biasanya disantap sebagai makan malam karena cocok dijadikan makanan keluarga.


Terlihat lezat-lezat bukan olahan kentang khas Perancis di atas? Menurutmu, dari tampilannya manakah yang paling menggiurkan?

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

Bistro Baron

Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron

Bleu Alley Brasserie

Foto Bleu Alley Brasserie
Foto Bleu Alley Brasserie
Foto Bleu Alley Brasserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?