Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner yang Muncul Dadakan Saat Bulan Ramadhan

List Artikel
15 Juni 2017 | 0 Komentar

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nantikan karena hanya ada satu kali dalam satu tahun. Saat bulan Ramadhan, tak hanya suasana beribadahnya yang dirindukan, tapi juga aneka kulinernya. Baik itu kafe, restoran, hingga tempat makan, mereka selalu menyediakan menu khas bulan Ramadhan seperti takjil alias makanan pembuka yang tak bisa kamu jumpai di bulan-bulan biasa. Fenomena ini tentunya membuat kuliner-kuliner tersebut tergolong langka. Berikut ada lima kuliner yang muncul dadakan saat bulan Ramadhan. Kamu pasti sering menjadikan kuliner di bawah ini sebagai menu takjil bukan?

 

1. Kolak



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner bercita rasa manis yang satu ini memang hanya bisa kamu jumpai saat bulan Ramadhan. Kolak sebenarnya adalah makanan yang disajikan bersama dengan kuah santan yang diberi gula merah. Isiannya bisa makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong, ubi, labu, pisang, dan lain sebagainya. Kolak sangat ampuh untuk mengembalikan tenaga dan kadar gula darah kamu yang hilang setelah seharian berpuasa.

 

2. Es Timun Suri



Sumber: chanelmuslim.com


Banyak yang mengira timun suri mirip dengan mentimun biasa yang sering dijadikan sebagai lalapan. Timun suri memiliki wujud yang lebih besar dari mentimun. Pada bagian dalamnya terdapat biji yang mirip dengan biji mentimun, namun daging timun suri lebih empuk jika dibanding mentimun. Timun suri muncul pada saat bulan Ramadhan karena petani timun suri hanya menanam timun suri beberapa saat sebelum bulan Ramadhan. Timun suri biasanya dijadikan bersama dengan es dan sirup sebagai menu berbuka.

 

3. Es Blewah



Sumber: kulinersehat.com


Tak jauh berbeda dengan timun suri, petani blewah hanya menanam blewah beberapa saat sebelum bulan Ramadhan sehingga di bulan lainnya, kamu akan kesulitan menemukan buah yang satu ini. Blewah disajikan dengan cara diserut lalu diberi sirup, susu kental manis, dan es batu. Terkadang blewah dipadukan menjadi es buah bersama dengan buah-buahan lainnya seperti melon, apel, pepaya, dan lain sebagainya.

 

4. Kurma

Sumber: pergikuliner.com


Kurma merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah. Buah bercita rasa manis yang satu ini hanya bisa kamu jumpai pada musim haji alias pada Hari Raya Idul Adha sebagai oleh-oleh orang yang berangkat haji dan juga pada saat bulan Ramadhan karena kurma sangat identik sebagai menu kuliner untuk membatalkan puasa. Jika biasanya kamu harus pergi ke Tanah Abang atau ke tempat yang menjual oleh-oleh haji, pada bulan Ramadhan, kamu bisa dengan mudah menjumpai kurma di minimarket terdekat.

 

5. Kolang-kaling



Sumber: nizamiaandalusia.shc.id


Kolang-kaling sangat identik dengan camilan manis yang memiliki warna cerah yang beragam. Padahal aslinya, kolang-kaling itu hanya berwarna putih transparan. Saat dijadikan manisan, kolang-kaling diberi pewarna makanan sehingga lebih menggugah selera. Teksturnya yang licin dan kenyal membuat kolang-kaling banyak disukai sebagai campuran es untuk dessert saat buka puasa. Kolang-kaling yang dihasilkan oleh biji pohon aren ini memang hanya muncul pada saat bulan Ramadhan karena lebih banyak orang yang mencarinya di bulan Ramadhan ketimbang bulan-bulan lainnya sehingga para pedagang hanya menjual kolang-kaling saat bulan Ramadhan.

 

Kelima kuliner di atas jadi membuat kamu ingin makan yang manis dan segar? Yuk, mampir ke sini!

Oma Ronde

Foto Oma Ronde

Pa Oyen

Foto Pa Oyen

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?