Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Lauk Pauk yang Paling Sering Muncul Pada Sego Kucing Jogja

List Artikel
16 September 2022 | 1 Komentar

Sego kucing menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta yang sangat lekat dengan menu makanan angkringan.Ketika kita mampir ke angkringan, sego kucing selalu hadir dalam daftar menu dan tak pernah ketinggalan seolah sego kucing menjadi menu khas angkringan. Sego kucing memiliki arti nasi kucing karena sego dalam bahasa Jawa artinya nasi. Sego kucing ini memiliki tampilan dengan bungkusan daun pisang atau kertas nasi. Keunikan dari sego kucing adalah porsinya yang sangat mini sehingga jika kamu ingin kenyang menyantapnya, butuh dua porsi lebih sego kucing yang harus disantap. Berhubung dalam sego kucing punya lauk pauk yang beraneka ragam, kamu bisa memiliki banyak pilihan. Dari sekian banyak lauk pauk, ada lima lauk pauk yang paling sering muncul pada sego kucing, yaitu:

 

1. Sambal Goreng Kentang Ati 



Sumber: Popbela.com


Lauk pauk yang paling sering muncul pada sego kucing adalah sambal goreng kentang ati. Lauk ini sangat difavoritkan banyak orang karena citarasanya yang cukup pedas, gurih, dan legit karena ada campuran santan dan juga aneka rempah di dalamnya sehingga aromanya sangat wangi. Jenis ati yang digunakan bisa berupa ati sapi atau ayam.

 

2. Udang Balado



Sumber: Asianfoodnetwork.com


Selain kentang ati, ada udang yang juga enak dimasak dengan bumbu balado. Tak berbeda jauh dengan kentang ati balado, udang balado jugapunya cita rasa pedas dan gurih karena memang pada dasarnya, bumbu keduanya ini sama. Hanya saja untuk udang balado kerap kali ditambahkan irisan petai di dalamnya sehingga aroma wanginya jadi lebih berbeda.

 

3. Opor Ayam Suwir


Sumber: jajanevivi.com


Tak suka dengan makanan yang pedas, ada opor ayam suwir yang bisa kamu pilih sebagai lauk sego kucing. Opor ayam suwir yang dijadikan sebagai lauk pauk sego kucing ini adalah tipe opor kering yang tidak memiliki kuah karena biasanya santannya dimasak hingga airnya surut. Opor ayam suwir punya cita rasa yang gurih asin sehingga cocok disantap sebagai lauk pauk sego kucing. Selain ayam suwir, ada telur yang juga sering dimasak opor dan dijadikan sebagai lauk pauk sego kucing.

 

4. Sambal Teri Terong



Sumber: Inews.co.id


Berikutnya ada sambal teri terong yang juga menjadi salah satu lauk pauk pada sego kucing. Sambal teri terong memiliki citarasa campuran yang pedas manis asin sehingga cocok untuk lauk pauk nasi kucing. Seperti namanya, lauk ini terbuat dari bahan utama teri dan terong. Sebelum dicampur dengan sambal, teri dan terong sudah digoreng terlebih dahulu sehingga tekturnya agak garing.

 

5. Orek Tempe



Sumber: Resepkoki.id


Terakhir ada orek tempe yang menjadi lauk pauk yang paling sering muncul pada sego kucing. Orek tempe punya citarasa manis gurih dan juga legit karena di dalamnya terdapat campuran gula merah. Beberapa orek tempe ada yang diberi irisan cabai merah atau cabai rawit untuk menambah cita rasa pedasnya. Orek tempe ini sangat populer dibanding keempat lauk pauk di atas karena harganya jauh lebih murah dan terjangkau sehingga buat kamu yang lagi berhemat, lauk pauk ini sangat cocok dikonsumsi.

 

Itulah beberapa lauk pauk yang paling sering ada dalam sego kucing dan pastinya menjadi favorit banyak orang. Biasanya pemilik angkringan akan mencantumkan nama lauk pada bungkusan sego kucing sehingga kamu tidak akan keliru mengenali isinya. Nah, dari kelima kuliner tersebut, manakah yang paling kamu suka?

Angkringan Boy

Foto Angkringan Boy
Foto Angkringan Boy
Foto Angkringan Boy

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Nasi Kucing Malio

Foto Nasi Kucing Malio
Foto Nasi Kucing Malio
Foto Nasi Kucing Malio

Gerobak Betawi

Foto Gerobak Betawi
Foto Gerobak Betawi
Foto Gerobak Betawi

Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Recommendations for highly processed processed foods. I really like it, and I look forward to hearing from you next. Thank you for the information about the most popular foods this year. For more detailed information, please visit our website for further information https://foodfunandfotos.com/
gumilanggilang734@gmail.com | 04 Jan 2024 pk. 03:49 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?