Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Lauk Pauk yang Sering Muncul Pada Sajian Nasi Kuning Tumpeng

List Artikel
15 Agustus 2019 | 0 Komentar

Nasi kuning merupakan masakan khas Indonesia yang sangat unik dan populer karena sering disajikan dalam bentuk tumpeng alias dibentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauk lainnya. Nasi kuning yang digunakan ini dibuat dari beras yang dimasak dengan santan, kunyit, serta aneka rempah-rempah lainnya. Inilah yang menjadikan cita rasa nasi kuning tumpeng lebih gurih dan lezat. Nasi kuning tumpeng biasanya selalu disajikan pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun, selamatan, hingga perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus. Berhubung menjadi kuliner nasional, maka lauk pauk yang disajikan pada nasi kuning ini berbeda-beda. Dari sekian banyak lauk pauk yang disajikan untuk nasi kuning, ada lima yang paling sering muncul dan populer, yaitu:


1. Kentang Ati Balado



Sumber : Rasasayange.co.id


Pertama ada kentang ati balado yang merupakan lauk pauk paling sering dilihat di nasi kuning tumpeng. Sesuai dengan namanya, kentang ati balado merupakan kentang dan ati yang dimasak balado atau dibumbui dengan bumbu cabai sehingga sudah pasti citarasanya agak pedas. Ati yang digunakan bisa berupa ati sapi maupun ayam. Selain cita rasanya pedas, kentang ati balado memiliki rasa gurih karena ada campuran santan di dalamnya.  

 

2. Ayam Goreng



Sumber : Pergikuliner.com


Berikutnya ada ayam goreng yang tak boleh ketinggalan dari daftar lauk pauk wajib nasi kuning tumpeng. Ayam goreng yang digunakan bisa beragam jenisnya karena memang ayam goreng khas Indonesia ada banyak sekali. Mulai dari ayam goreng serundeng, ayam goreng kremes, hingga ayam goreng kalasan. Ayam goreng bisa disajikan dalam bentuk utuh maupun potongan, tergantung dari ukuran nasi kuning tumpeng. Jika menggunakan ayam goreng utuh, biasanya ayam yang digunakan adalah ayam kampung.

 

3. Kering Tempe



Sumber : Resepkoki.id


Jika tak suka rasa pedas dari lauk kentang ati balado, kamu bisa memilih kering tempe. Lauk kering tempe sangat sering digunakan dalam nasi tumpeng kuning karena citarasa serta teksturnya bisa menambah selera makanmu. Kering tempe memiliki cita rasa manis dan legit karena dibuat dari campuran kecap dan gula merah di dalamnya. Kering tempe ini ada yang ditambahkan kacang tanah goreng atau teri goreng.

 

4. Perkedel Kentang



Sumber:  Okeinfo.net


Lalu ada perkedel kentang yang juga sering ditemui pada lauk nasi kuning tumpeng. Perkedel kentang dibuat dari bahan utama kentang yang dikukus atau digoreng lalu ditumbuk hingga halus dan diberi bumbu dan dibentuk bulat pipih lalu dicelupkan pada kocokan telur dan digoreng hingga kecoklatan. Perkedel kentang bisa kamu jumpai di nasi kuning tumpeng dari berbagai daerah karena memang hampir semua daerah di Indonesia punya kuliner perkedel.

 

5. Telur Balado



Sumber : Sajiansedap.grid.id


Terakhir ada telur balado yang merupakan salah satu olahan lauk pauk pedas yang sering kamu temukan pada nasi kuning tumpeng. Telur balado dibuat dari telur ayam yang sudah direbus lalu dibumbui dengan bumbu cabai sehingga cita rasanya jadi pedas. Selain telur rebus, kamu juga bisa menggunakan telur ceplok goreng atau telur goreng mata sapi. Dengan adanya tambahan lauk telur balado, cita rasa nasi kuning tumpeng akan jadi lebih gurih dan lezat.

 

Selain kelima lauk pauk di atas, masih ada lauk pauk lainnya yang ditambahkan sesuai dengan daerah masing-masing. Misalkan saja urap untuk nasi kuning yang ada di daerah Jawa, sate lilit untuk nasi kuning di daerah Bali, ikan balado pada nasi kuning Manado dan lain sebagainya. Kalau perut kamu jadi lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung mampir saja ya ke salah satu tempat makan di bawah ini!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Ala Ritus

Foto Ala Ritus

Bebek Bengil

Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?