Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Lauk Pauk yang Wajib Ada pada Nasi Campur Bali

List Artikel
28 Juli 2017 | 0 Komentar

Indonesia memang kaya akan kuliner lezatnya. Setiap daerahnya memiliki kuliner khas yang tidak dimiliki daerah lain, contohnya saja nasi campur. Sesuai dengan namanya, nasi campur adalah nasi yang disajikan dengan aneka lauk pauk yang jumlahnya lebih dari tiga jenis. Ada banyak varian nasi campur yang ada di Indonesia seperti nasi warteg khas Tegal, nasi gudeg khas Yogyakarta, hingga nasi campur khas Bali yang sangat terkenal hingga di mancanegara. Selayaknya kuliner tradisional lainnya, nasi campur Bali memiliki lauk pauk khas Bali yang berbeda dari kuliner daerah lainnya. Bagi kamu yang sangat suka menyantap nasi campur Bali, ada lima lauk pauk yang selalu hadir dan tak pernah absen, yaitu:

 

1. Jukut Urap



sumber : pergikuliner.com


Dalam nasi campur manapun yang ada di Indonesia selalu ada sayuran di dalamnya, tak terkecuali pada nasi campur Bali. Jakut urap adalah kuliner yang terbuat dari sayuran-sayuran seperti kacang panjang, tauge, daun kol, bayam, kacang panjang, dan kelapa parut yang diberi bumbu bawang goreng, bawang putih, daun jeruk, garam, terasi, serta cabai sehingga rasanya jadi agak pedas. Semua bahan-bahan diaduk menjadi satu agar cita rasanya jadi lebih lezat.

 

2. Sate Lilit



Sumber: pergikuliner.com


Sate lilit merupakan sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, daun jeruk, lengkuas, ketumbar, kunyit, cabai, dan santan kental sehingga menciptakan rasa yang gurih. Ada yang unik dari sate khas Bali ini yakni tusuknya yang menggunakan batang sereh sehingga aromanya sangat wangi saat dibakar. Selain menggunakan daging ikan, sate lilit juga bisa dibuat dari daging ayam dan babi.

 

3. Sambal Matah



Sumber: indoindians,com


Sambal memang tak akan bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Saat menyantap nasi, sambal seolah menjadi pasangan yang tepat. Sambal matah merupakan sambal yang cara pembuatannya berbeda dari sambal Indonesia lainnya karena tidak diulek atau dihaluskan. Kamu cukup mengiris dengan halus bahan pembuatnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, batang sereh, dan daun jeruk purut. Setelah semua bahan-bahan diiris halus, campurkan dengan air jeruk nipis, minyak goreng, garam, dan terasi bakar yang sudah dihaluskan.

 

4. Ayam Suwir


Sumber: coba-coba-isna.blogspot.co.id


Meski ayam betutu menjadi kuliner ayam khas Bali yang paling terkenal, tapi ayam suwir menjadi kuliner yang paling sering muncul pada lauk-pauk nasi campur Bali. Ayam suwir terbuat dari dada ayam yang direbus lalu disuwir-suwir dan diberi aneka bumbu rempah seperti sereh, daun salam, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, kencur, kunyit, dan santan. Cita rasanya sudah pasti gurih pedas khas Bali.

 

5. Teri Kacang


Sumber: lincolnindonesia.blogspot.co.id


Terakhir ada teri kacang yang menambah kaya tekstur pada nasi campur. Teri kacang terbuat dari kacang tanah dan teri yang sudah digoreng terlebih dahulu lalu diberi bumbu pedas. Tekstur teri kacang yang garing dan renyah bisa menggantikan kerupuk yang sering dijadikan tambahan lauk pada masakan Indonesia.


Nah itu dia kelima lauk pauk yang wajib ada pada nasi campur Bali. Buat kamu yang sering makan makanan satu ini pasti sudah hapal kan apa aja isinya? Dan buat yang belum pernah cobain nasi campur khas Bali, kamu bisa nih dateng ke tempat makan khas Bali yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini. Scroll terus ya!

Warung Pradnyani

Foto Warung Pradnyani
Foto Warung Pradnyani
Foto Warung Pradnyani

Masakan Bali Ibu Kadek

Foto Masakan Bali Ibu Kadek

Little Ubud

Foto Little Ubud
Foto Little Ubud

Warung Bali Bedugul

Foto Warung Bali Bedugul

Nasi Pedas & Bebek Crispy Dewata

Foto Nasi Pedas & Bebek Crispy Dewata

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?