Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Asli Surabaya yang Jadi Favorit Banyak Orang

List Artikel
17 Januari 2018 | 0 Komentar

Surabaya merupakan Ibu Kota provinsi Jawa Timur sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena dahulu, arek-arek Surabaya atau pemuda Surabaya telah berjuang mati-matian demi mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan para penjajah. Di Kota Pahlawan ini, ternyata kamu bisa menemukan aneka makanan asli Surabaya yang tentunya memiliki rasa yang khas dan autentik. Beberapa di antaranya sangat terkenal seperti kuliner yang ada di bawah ini:


1. Rujak Cingur

Sumber: pergikuliner.com


Kuliner yang satu ini merupakan kuliner primadona di Surabaya. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual rujak cingur di pinggiran kota Surabaya. Rujak cingur terbuat dari lontong dan aneka sayur serta buah-buahan seperti kacang panjang, kangkung, bayang, bengkuang, tauge, mangga muda, kedondong, nanas, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang menggunakan petis dan cingur (hidung sapi) sebagai bahan utamanya.


2. Sate Klopo


Sumber: bukanrastaman.wordpress.com


Sate klopo sebenarnya mirip dengan sate kebanyakan yang terbuat dari daging ayam. Bedanya, sate klopo ini menambahkan jeroan serta lemak sapi di setiap tusuknya. Selain itu, sebelum daging ayam dibakar, sate ini dibaluri dengan parutan kelapa alias klopo dalam bahasa Jawa. Penambahan klopo ini membuat rasanya jadi lebih gurih dibanding sate lainnya.


3. Tahu Tek


Sumber: masteresep.com


Tahu tek yang sering disebut dengan tahu telor ini merupakan kuliner yang berisi tahu, lontong, telur, tauge, serta kentang yang disiram dengan saus kacang dan petis lalu ditaburi dengan daun seledri. Dinamakan tahu tek karena semua bahan-bahan di atas tidak diiris menggunakan pisau tapi digunting dengan gunting sehingga menimbulkan bunyi 'tek'. Unik bukan? Di Surabaya, penjual tahu tek biasanya juga menjual rujak cingur.


4. Lontong Balap


 

Sumber: sedapkuliner.com


Lontong balap merupakan ikon kuliner kota Surabaya. Dinamakan lontong balap karena dulunya penjual lontong ini menggunakan pikulan kayu untuk menjajakan dagangan, karena pikulan kayunya berat, Ia pun jadi berjalan tergesa-gesa seperti sedang balapan lari. Makanan ini memadukan lontong dengan tahu goreng, tauge, yang disiram dengan kecap dan sambal serta taburan daun seledri dan bawang goreng.


5. Pecel Semanggi


Sumber: harrynazarudin.blogspot.co.id


Daun semanggi yang tumbuh dengan subur di kota Surabaya membuat penduduk Surabaya berinisiatif untuk menambahkan daun semanggi pada pecel yang menjadi kuliner khas Jawa Timur. Meski terlihat seperti pecel kebanyakan, tapi ada yang membedakan pecel semanggi dari pecel lainnya yakni pada sausnya. Jika pecel menggunakan saus yang terbuat dari bahan baku kacang tanah, pecel semanggi menambahkan ketela rambat sebagai bahan baku sambalnya sehingga kamu bisa menemukan rasa manis dalam siraman sambal pecel semanggi.


Nah! Itu dia lima makanan asli Surabaya yang jadi favorit banyak orang. Kamu jadi tertarik untuk mencobanya? Buat teman PergiKuliner Surabaya atau untuk kamu yang lagi jalan-jalan ke Surabaya, wajib banget mampir ke tempat makan di bawah ini buat cicipin lima macam makanan seperti di atas!

Tahu Campur Pak Hadi Bazar

Foto Tahu Campur Pak Hadi Bazar

Nasi Pecel Nyamleng

Foto Nasi Pecel Nyamleng

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Lontong Balap Pak Gendut Asli

Foto Lontong Balap Pak Gendut Asli

Rujak SK Bu Herman

Foto Rujak SK Bu Herman

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?