Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Menjaga Kesehatan Hati

List Artikel
26 Desember 2018 | 0 Komentar
Hati merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sering disepelekan kesehatannya. Pasalnya, organ tubuh penting ini bertanggung jawab memecah karbohidrat, membuat glokusa, dan detoksifikasi tubuh. Hati juga menyimpan nutrisi dan menciptakan empedu yang diperlukan untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang disantap. Ada banyak makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi seseorang untuk membantu melindungi hati. Kesehatan hati sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Meskipun mustahil mengelola semua faktor risiko, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan hati.

1. Kopi


Sumber : Pergikuliner.com

Kamu yang termasuk penggemar kopi boleh berbahagia nih, karena kabarnya kopi dapat menawarkan perlindungan terhadap lemak di hati. Kopi tampaknya baik untuk hati, terutama masalah penyakit hati berlemak. Tinjauan tersebut juga mencatat bahwa asupan kopi harian dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati kronis, mengurangi penumpukan lemak di hati. Kopi juga meningkatkan antioksidan pelindung di hati. Senyawa dalam kopi juga membantu enzim hati membersihkan tubuh dari zat-zat penyebab kanker.

2. Teh Hijau

Sumber : Pergikuliner.com

Mengonsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi kadar lemak secara keseluruhan. Penelitian tahun 2015 di World Journal of Gastroenterology mencatat bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi kadar lemak secara keseluruhan, melawan stres oksidatif. Selain itu, teh hijau mengurangi tanda-tanda lain dari penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD).


3. Bawang Putih


Sumber : Diamma.com


Menambahkan bawang putih ke dalam diet juga dapat membantu merangsang hati. Penelitian tahun 2016 dalam jurnal Advanced Biomedical Research mencatat bahwa konsumsi bawang putih untuk mengurangi berat badan dan kandungan lemak pada orang tanpa perubahan pada massa tubuh tanpa lemak.

4. Kacang-Kacangan


Sumber : Hellosehat.com

Penelitian yang sama mengatakan bahwa makan kacang menjadi cara sederhana lain untuk menjaga hati tetap sehat. Kacang-kacangan umumnya mengandung asam lemak tak jenuh, vitamin E dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu mencegah kerusakan hati, serta mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Makan segenggam penuh kacang, seperti walnut atau kacang almond setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan hati.


5. Buah Berri


Sumber : Merdeka.com


Beragam buah berri, seperti blueberry, raspberry, dan cranberry, mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Polifenol ini dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Penelitian di World Journal of Gastroenterology mengemukakan bahwa makan buah berri secara teratur juga dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.


Nah, itu dia lima makanan dan minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hati, sekarang kamu sudah tahu kan? Jika kamu juga ingin menjaga kesehatan hati bisa langsung saja ke tempat-tempat berikut ini ya!

One Eighty Coffee and Music

Foto One Eighty Coffee and Music
Foto One Eighty Coffee and Music
Foto One Eighty Coffee and Music

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?