Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Indonesia Ini Punya Kembaran di Jepang Lho!

List Artikel
15 Desember 2018 | 0 Komentar
Makanan Jepang kini sudah mendunia. Begitu banyak restoran Jepang yang bisa kamu temui di seluruh negara, termasuk Indonesia nih. Nah, bagi kamu pencinta makanan Jepang pasti tidak asing lagi dong dengan tempura, yakisoba dan yakitori? Namun tahukah kamu kalau beberapa makanan di Indonesia memiliki kesamaan dengan makanan di Jepang itu lho. Penasaran tidak nih? Yuk, cari tahu makanan Indonesia apa saja yang memiliki kembaran di Jepang!

1. Arem-Arem dan Onigiri

Sumber : Loveandoliveoil.com

Arem-arem dan onigiri terbuat dari bahan baku yang sama yaitu nasi. Perbedaannya, pengolahan beras menjadi nasi pada arem-arem melibatkan santan, sedangkan onigiri tidak. Arem-arem berbentuk silinder panjang seperti lontong dan onigiri berbentuk segitiga atau kepalan, tidak heran jika onigiri dikenal dengan sebutan nasi kepal. Untuk arem-arem, rasa nasi lebih gurih karena pengaruh santan dan terasa sedikit pedas karena isian sambal goreng. Onigiri memiliki rasa seperti nasi putih, sedangkan rasa isian, tergantung pada bahan misalnya tuna, telur, ayam dan mayonaise.

2. Telur Dadar dan Tamagoyaki


Sumber : Favy-jp.com

Kedua makanan ini menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Di Indonesia dikenal dengan sebutan telur dadar, sedangkan di Jepang disebut tamagoyaki. Proses pembuatannya juga sama, hanya saja tamagoyaki biasanya digoreng diatas wajan berbentuk kotak dan telur digulung hingga mencapai ketebalan yang diinginkan. Keduanya memiliki rasa yang nikmat lho!


3. Sate dan Yakitori


Sumber : Pergikuliner.com


Sate dan yakitori sama-sama menggunakan bahan baku daging. Sate merupakan makanan yang banyak kita jumpai baik di jalanan maupun di restoran mewah sekalipun. Begitu juga yakitori, sate ala Jepang ini dapat ditemui di berbagai tempat makan atau sebagai sajian ala street food. Sate disajikan dengan sambal kacang atau sambal kecap dengan potongan cabe dan bawang sedangkan yakitori sebelum dibakar, daging ayam telah dibumbui terlebih dahulu sehingga kerap disajikan tanpa saus.


4. Mie Goreng dan Yakisoba

Sumber : Pergikuliner.com

Mie goreng dan yakisoba, kedua makanan ini menggunakan bahan utama mi. Di Indonesia mie goreng merupakan makanan populer dan digemari banyak orang. Sama halnya seperti di Jepang, yakisoba juga banyak disukai dan ditemui di berbagai acara festival (matsuri) atau di berbagai kedai makanan. Pembuatan mie goreng biasanya menggunakan wajan, sedangkan yakisoba menggunakan wajan datar (teppan). Jika mie goreng Indonesia diberi taburan bawang goreng, irisan tomat, timun atau acar maka yakisoba Jepang terkadang diberi pelengkap acar jahe atau telur.

5. Gorengan dan Tempura


Sumber : Pergikuliner.com

Gorengan dan tempura memiliki teknik pembuatan yang sama, yaitu dengan melapisi bahan yang akan digoreng dengan adonan tepung namun yang berbeda dari keduanya adalah adonan tepung yang digunakan. Gorengan di Indonesia identik dengan tempe, tahu, ubi dan pisang yang dicelupkan ke dalam adonan tepung kemudian digoreng. Sedangkan tempura menggunakan adonan tepung ringan seperti kakiage dengan mencelupkan potongan besar sayuran seperti terong, wortel, ubi, labu kuning, brokoli, daun shiso dan aneka seafood. Gorengan Indonesia disajikan dengan cabe rawit hijau atau sambal sedangkan tempura dengan tentsuyu.

Nah, itu dia kelima makanan Indonesia yang ternyata punya kembaran di Jepang. Kamu lebih suka yang mana nih? Langsung segera datangi tempat-tempat makan berikut ini yuk teman PergiKuliner!

Shao Kao

Foto Shao Kao
Foto Shao Kao
Foto Shao Kao

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Kokoro Tokyo Mazesoba

Foto Kokoro Tokyo Mazesoba
Foto Kokoro Tokyo Mazesoba
Foto Kokoro Tokyo Mazesoba

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?