Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Ini Ternyata Kadar Kalorinya Hampir Nol!

List Artikel
9 Juli 2019 | 0 Komentar
Kalori adalah sumber energi yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjalankan berbagai fungsi organ dalam tubuh agar dapat beraktivitas dengan lancar. Mengkonsumsi kalori haruslah seimbang, apabila kalori yang dimiliki cukup besar tanpa disertai dengan aktivitas yang seimbang maka akan dapat menyebabkan penumpukan kalori yang dapat memicu masalah pada tubuh. Diantaranya adalah diabetes, kelebihan berat badan, hingga penyakit jantung. Agar tidak terjadi penumpukan kalori terlalu banyak, sebisa mungkin jumlah kalori yang masuk sama dengan kalori keluar yang dibakar. Keseimbangan kalori juga dapat menjaga kebugaran tubuh kamu, terlebih lagi memang sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Untuk kamu yang sedang membatasi asupan kalori, ada beberapa makanan penuh gizi yang memiliki kadar kalori rendah dan hampir nol lho. Apa saja ya daftar makanan tersebut? Berikut makanan yang ternyata kadar kalorinya hampir nol:

1. Apel



Sumber : Doktersehat.com



Bagi  kamu yang sedang menjalani program diet pasti sudah mengetahui buah yang satu ini. Buah apel sangat terkenal akan kandungan gizi yang sangat tinggi namun tetap rendah kalori. Terlebih lagi, buah apel merupakan buah yang paling dicari. Dalam 125 gram buah apel memiliki 57 kalori dan 3 gram serat makanan. Kandungan yang rendah inilah sangat cocok untuk dijadikan asupan makanan sehari-hari. Selain itu, manfaat apel bagi kesehatan tubuh adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit dan dapat mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Biasanya apel dijadikan sebagai campuran jus buah, salad buah atau disantap begitu saja.

2. Brokoli


Sumber : Hellosehat.com



Sayuran hijau memang salah satu sayuran yang paling bergizi dan sangat baik untuk tubuh. Salah satu jenis sayuran hijau tersebut adalah brokoli, yang biasanya juga dijadikan sebagai menu diet. Di dalam 91 gram brokoli terdapat 31 kalori dan lebih dari 100 persen jumlah vitamin C yang dibutuhkan per hari. Selain itu, kandungan mineral dan makro-nutrien yang dimiliki brokoli dapat mampu memenuhi kebutuhan asupan dalam tubuh. Selain itu brokoli memiliki kandungan nutrisi lainnya yang bervariasi seperti sulfur, beta-karoten, anti oksidan, dan berbagai fito-nutrien. Biasanya brokoli dapat diolah menjadi makanan lezat, diantaranya sayur sop, capcay, atau menyantapnya dengan direbus terlebih dahulu.

3. Wortel


Sumber : Resepkoki.id



Wortel dikenal akan manfaatnya akan kesehatan tubuh, salah satu diantaranya adalah mampu mengobati dan menjaga penglihatan mata dengan kandungannya yang kaya akan beta karoten yang merubahnya menjadi vitamin A dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalorinya sangat sedikit yaitu 53 kalori per 128 gram sehingga tak perlu takut untuk mengonsumsinya dalam jumlah besar. Khasiat wortel dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menjaga kesehatan sistem jantung serta melancarkan sistem pembuluh darah. Wortel dapat kamu konsumsi secara mentah dengan menjadikannya salad, topping sandwich atau diolah menjadi jus, atau sup sayuran.

4. Asparagus


Sumber : Simplyrecipes.com


Salah satu jenis sayuran ini mungkin tidak terlalu umum dikenal, terkecuali ketika dimasak menjadi sup asparagus. Asparagus biasanya dapat ditemui dan dibeli di supermarket dengan jenis warna yang berbeda, ada yang berwarna ungu dan hijau pada umumnya yang biasa dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Perlu kamu ketahui, kalori yang terkandung dalam asparagus tidak kalah dengan jenis sayuran lainnya, terlebih lagi dalam satu cangkir asparagus atau sekitar 134 gram hanya memiliki 27 kalori. Jumlah kalori yang sangat sedikit bukan? Dengan jumlah kadar kalori yang sedikit itulah sangat cocok untuk kamu konsumsi dengan jumlah yang cukup banyak apalagi bila sedang menjalani program diet.

5. Mentimun


Sumber : Baliekbis.com


Makanan terakhir yang mengandung kadar kalori hampir nol adalah mentimun. Salah satu jenis sayuran yang terkenal akan kesegarannya ini sangat mudah dijumpai dan ditemukan di mana saja. Mentimun mengandung kalori yang sangat sedikit, yaitu 8 kalori per 50 gram. Mentimun juga tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu, mentimun bisa menjadi obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh. Biasanya mentimun diolah menjadi berbagai macam makanan maupun jus. Diantaranya jus mentimun, salad sayuran, maupun sebagai topping sandwich atau burger.

Itulah beberapa makanan yang ternyata kadar kalorinya hampir nol. Kira-kira, mana yang lebih kamu sukai untuk sering dikonsumsi ya? Jika masih bingung dan tak mau repot mengolahnya sendiri di rumah, kamu bisa langsung datang ke beberapa tempat di bawah ini ya!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?