Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Kaya Karbohidrat yang Bikin Kamu Cepat Mengantuk

List Artikel
18 Agustus 2019 | 0 Komentar

Bagi tubuh, karbohidrat memang sangat dibutuhkan karena bisa diolah menjadi sumber energi supaya kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Sumber karbohidrat ini bisa didapat dari banyak jenis makanan, misalkan saja nasi hingga makanan yang memiliki bahan baku utama tepung. Meskipun sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, tapi bukan berarti kamu bisa menyantap makanan berkarbohidrat seenaknya karena jika terlalu banyak mendapatkan asupan karbohidrat maka tubuh akan dengan cepat mengantuk. Alasannya adalah karbohidrat bisa merangsang pelepasan insulin yang memfasilitasi masuknya triptofan ke dalam otak. Triptofan sendiri merupakan asam amino yang menyebabkan kantuk pada tubuh. Supaya kamu bisa bersikap waspada, ada baiknya kenali dulu beberapa makanan kaya karbohidrat yang bisa membuat kamu cepat mengantuk sehingga tidak berlebihan mengonsumsinya. Coba langsung lihat yuk!

 

Nasi Putih



Sumber : Health.detik.com


Pertama sudah pasti ada nasi putih yang bisa membuat kamu bisa cepat mengantuk. Perlu kamu ketahui kalau dalam secangkir nasi putih hangat yang baru saja dimasak mengandung 44 gram karbohidrat dengan total seluruh kalori 204. Jadi bisa dikatakan kalau secangkir nasi putih cukup untuk memenuhi kebutuhan energi selama 4-5 jam aktivitasmu. Lain halnya dengan nasi merah atau nasi hitam yang kadar karbohidratnya bisa lebih kecil.

 

Spagheti



Sumber : Pergikuliner.com


Selain nasi putih, ada spagheti yang juga mengandung banyak karbohidrat. Satu mangkuk kecil spagheti (sekitar 200 gram) memiliki kandungan 43 gram karbohidrat yang menghasilkan sekitar 190 kalori. Kandungan kalori ini belum termasuk dari bahan-bahan tambahan lainnya. Biasanya spagheti yang dipadukan dengan saus bolognaise atau marinara akan lebih kecil kalorinya dibanding dengan saus alfredo atau saus yang menggunakan campuran susu dan krim.

 

Kentang Goreng



Sumber : Jatim.tribunnews.com


Kentang goreng juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Satu mangkuk kecil kentang goreng ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang melebihi spagheti dan juga nasi putih karena mengandung 70 gram karbohidrat. Jika dihitung-hitung, kalori yang bisa kamu dapat dari semangkuk kecil kentang goreng ini 350 kalori. Belum lagi jika kamu menambahkan aneka saus tambahan seperti mayonaise.

 

Bagel



Sumber : Kirbiecravings.com


Bagel merupakan salah satu jenis roti yang bentuknya seperti donat karena ada bolong di tengahnya. Hanya saja bagel memiliki ukuran yang lebih besar dibanding donat. Teksturnya juga lebih padat berisi. Biasanya bagel paling sering dijadikan sebagai menu sarapan bersama dengan kopi. Tapi tahukah kamu kalau satu buah bagel berukuran sedang bisa mengandung sekitar 55 gram karbohidrat di dalamnya. Sedangkan kalori yang dihasilkan bisa mencapai 300an lebih. Apalagi jika ada bahan tambahannya seperti cream cheese.

 

Pretzel



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada pretzel yang merupakan kue khas dari Eropa dengan bentuk unik sehingga menarik banyak minat orang untuk mencicipnya. Bentuk pretzel ini seperti simpul. Untuk satu buah pretzel bisa mengandung sekitar 36 gram karbohidrat dengan total kalori sebanyak 171 kalori. Jadi kalau kamu sudah menyantap satu buah pretzel, maka kamu sudah bisa mendapatkan cadangan energi untuk dua hingga tiga jam ke depan.

 

Itulah kelima makanan yang kaya akan karbohidrat dan berpotensi bikin kamu cepat mengantuk. Oleh karena itu jangan berlebihan saat menyantapnya ya, terutama di situasi yang mengharuskan kamu untuk tetap terjaga. Nah, buat kamu yang ingin menikmati makanan kaya karbohidrat seperti di atas tadi, kamu bisa mendapatkannya di salah satu tempat berikut ini ya!

Toodz House

Foto Toodz House
Foto Toodz House

Oso Ristorante Indonesia

Foto Oso Ristorante Indonesia

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Auntie Anne's

Foto Auntie Anne's
Foto Auntie Anne's
Foto Auntie Anne's

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?