Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan khas Bali yang Sangat Populer di Indonesia

List Artikel
26 Oktober 2021 | 2 Komentar

Menjadi daerah pariwisata yang punya banyak tempat wisata indah untuk didatangi, Bali memiliki beragam kuliner yang bisa membuat kita ketagihan untuk menyantapnya. Makanan Bali memiliki ciri khas dari penggunaan bumbu rempahnya sehingga membuat rasanya menjadi lebih enak dan berbeda. Rasa dari makanan khas Bali memang unik sehingga membuat orang yang menyantapnya akan selalu teringat dengan rasa tersebut dan merindukannya lagi. Inilah yang membuat para wisatawan menyukai makanan khas Bali. Tak hanya wisatawan luar negeri saja, tapi wisatawan dalam negeri alias orang Indonesia sendiri juga suka dengan makanan khas Bali. Makanan khas Bali yang populer di Indonesia tentu ada banyak sekali. Tapi ada lima yang paling banyak dicari. Kelima makanan khas Bali tersebut adalah:


1. Sate Lilit



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan  khas Bali yang pertama adalah sate lilit. Sate lilit adalah salah satu jenis sate yang tampilannya berbeda dari sate kebanyakan karena menggunakan batang sereh sebagai alat tusukannya. Selain itu sate lilit ini menggunakan daging sapi, ayam, hingga ikan yang digiling atau dihaluskan terlebih dahulu baru diberi campuran kelapa parut dan dililit pada batang sereh kemudian dibakar hingga matang. Sate lilit bisa disantap sebagai pendamping makanan khas Bali lainnya seperti nasi campur Bali atau bisa juga disantap sendiri bersama dengan nasi putih.


2.  Ayam dan Bebek Betutu



Sumber: Detik.net.id


Masakan khas Bali pasti tak akan lepas dari yang namanya ayam dan bebek betutu. Bumbu betutu adalah bumbu khas Bali yang dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, salam, daun jeruk, sereh, kemiri, dan lain sebagainya. Semua bumbu dimasak dalam waktu yang sangat lama sehingga bumbunya bisa meresap dengan sempurna hingga ke bagian dalam ayam dan bebek. Rasanya bisa pedas atau sedang tergantung dari permintaan kita karena di dalam bumbunyanya juga ada tambahan cabai merah keriting dan rawit.


3. Nasi Jinggo



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada nasi jinggo yang merupakan nasi campur khas Bali. Makanan khas Bali dibuat dengan menyajikan nasi putih hangat bersama dengan daging ayam atau sapi pedas yang disuwir, sate lilit, mie goreng, serundeng, orek tempe, sambal, dan lain sebagainya. Isiannya ini sebenarnya bisa beragam, tapi yang pasti ada msakan khas Bali yang sudah disebutkan tadi. Nasi jinggo biasanya disajikan dengan alas daun pisang di atas piring sehingga membuatnya jadi berbeda.


4. Serombotan



Sumber: Mpotimes.id


Serombotan seringkali dianggap sebagai salad khas Bali karena kuliner ini dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran sehingga cocok buat Teman Kuliner yang sedang berdiet atau sedang menerapkan pola makan sehat. Di dalamnya terdapat campuran bayam, kangkung, buncis, terong hijau bulat, kacang panjang, tauge, dan pare yang nantinya akan diberi bumbu kalas yang dibuat dari kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kencur, dan ketumbar. Di atasnya ada tambahan serundeng dan kacang kedelai yang sudah disangrai.


5. Sambal Matah



Sumber: : Langsungenak.com


Makanan khas Bali yang sangat populer di Indonesia adalah sambal matah. Siapa yang tak mengenalnya? Sambal matah ini adalah salah satu sambal khas Bali yang bisa dijumpai dengan mudah di restoran khas Indonesia. Hal ini dikarenakan sambal matah tak hanya cocok dipadukan dengan makanan khas Bali, tetapi juga makanan tradisional lainnya seperti ayam geprek, ikan goreng bumbu kuning, hingga nasi rames dengan aneka lauk pauk yang berbeda. Sambal matah dibuat dari bahan bawang merah, cabai rawit, sereh, dan daun jeruk yang diiris tipis-tipis lalu diberi garam, merica, gula, serta terasi. Setelah semua bahan dicampur rata, tuang minyak panas dan beri perasan jeruk nipis.


Itu dia beberapa jenis makanan khas Bali yang sangat populer di Indonesia. Dari kelimanya Teman Kuliner tentu populer banget kan atau bahkan sudah sering coba nih? 

Kalau Teman Kuliner ingin mencoba masakan Bali, tetapi belum sempat mengunjungi Pulau Dewata, jangan sedih! Di Jakarta banyak restoran khas Bali yang rasanya tidak kalah enaknya loh. Cek rekomendasinya di bawah ini!

Putu Made

Foto Putu Made
Foto Putu Made
Foto Putu Made

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Little Ubud

Foto Little Ubud
Foto Little Ubud
Foto Little Ubud

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Halo Bali!

Foto Halo Bali!
Foto Halo Bali!
Foto Halo Bali!

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
KdeqtUluBXnozrE
midgeqsqu757@gmail.com | 26 Oct 2021 pk. 05:24 PM
Foto user umum
vPVbgpkyA
midgeqsqu757@gmail.com | 26 Oct 2021 pk. 05:24 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?