Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Khas Bangka yang Cita Rasanya Unik

List Artikel
23 April 2019 | 0 Komentar
Bangka merupakan sebuah kota yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena terdapat banyak memiliki keindahan alam dan juga terdapat banyak beragam makanan khas yang menarik perhatian, terutama para pecinta kuliner. Cita rasa yang dimiliki oleh makanan-makanan khas Bangka sangat unik dan berbeda-beda, mulai dari asam yang segar, gurih, serta bumbu rempah yang melimpah membuat kalian sangat tergiur ingin mencobanya. Berikut daftar list makanan khas Bangka yang cita rasanya unik yang harus kamu coba dari PergiKuliner!

 

1. Mie Ayam Bangka


Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada mie ayam bangka, makanan yang tergolong sangat populer dan familiar dikalangan masyarakat umum, apalagi para pecinta kuliner. Makanan ini juga termasuk paling banyak dijual, mulai dari pedagang gerobak hingga restoran. Mie ayam bangka memiliki perbedaan tersendiri, walaupun rasanya tidak berbeda jauh dengan mie ayam biasa yang sering kita makan, yaitu terletak pada topping tambahannya, yaitu tauge yang membuat cita rasanya terasa lebih segar dan crunchy.

2. Lempah Kuning



Sumber : Resepkoki.id


Makanan khas bangka yang kedua ini merupakan berbahan dasar ikan tenggiri, dan ditambah berbagai macam bumbu rempah seperti serai, lengkuas dan kunyit untuk mendapatkan kuah yang berwarna kuning. Perpaduan cita rasa kuah yang gurih, pedas, dan asam yang segar karena dilengkapi dengan potongan buah nanas, tomat serta tambahan air asam jawa.

3. Pantiaw



Sumber : Sumber.com


Makanan ketiga yang wajib kamu coba adalah pantiaw yang merupakan makanan khas tradisional dari Bangka. Nama dan bentuk pantiaw memang mirip dengan kwetiaw. Tapi pantiaw disajikan berbeda dengan kwetiaw pada umumnya yang digoreng atau rebus. Pantiaw disajikan dengan kuah santan yang rasanya pedas manis dan juga dengan tambahan topping suwiran daging ikan dan potongan jeruk nipis serta tomat.
 
4. Rusip


Sumber : Indonesiakaya.com


Rusip adalah makanan khas Bangka yang sering disajikan bersama makanan pendamping seperti lalapan, karena rusip merupakan sambal dengan bahan dasar ikan teri yang telah difermentasi dan diolah dengan bumbu-bumbu rempah pilihan seperti cabai, bawang merah, bawang putih, belimbing wuluh, tomat, jeruk nipis dan tambahan gula jawa. Membuat masakan rusip memang membutuhkan proses serta waktu yang lama dan memiliki cita rasa asam dan pedas.

5. Sup Gangan


Sumber : Ayooberita.com


Warga asli Bangka menyajikan makanan ini hampir setiap hari, bahkan dapat dijumpai di rumah makan atau restoran khas Bangka yang sering diincar oleh pecinta kuliner. Ciri khas sup gangan memiliki warna kuning yang didapat dari berbagai macam bumbu rempah-rempah dan dengan dominan rasa asam dan gurih. Sekilas memang telihat seperti gulai, tetapi sup gangan tidak menggunakan santan dan tambahan daun salam sebagai bumbu pelangkap sebagai penguat aroma. Bila ingin mendapatkan cita rasa yang agak pedas, bisa ditambahkan cabai khas Bangka. Biasanya bahan baku sup gangan ini menggunakan ikan ketarap, tenggiri, kakap segar, namun bisa juga diganti dengan daging sapi atau ayam bila tidak ingin menggunakan ikan.

Jadi, dari kelima makanan khas Bangka di atas, kamu lebih tertarik ingin mencoba yang mana? Atau kalau kamu mau coba aneka makanan khas Bangka lainnya kamu bisa kunjungi beberapa tempat makan di bawah ini ya!

Mie Ayam Bangka Sedap Rasa

Foto Mie Ayam Bangka Sedap Rasa

Ikan Lempah Bangka

Foto Ikan Lempah Bangka
Foto Ikan Lempah Bangka
Foto Ikan Lempah Bangka

Cufungmoi - Song Sui Hok Lopan

Foto Cufungmoi - Song Sui Hok Lopan
Foto Cufungmoi - Song Sui Hok Lopan
Foto Cufungmoi - Song Sui Hok Lopan

Martabak Bangka Akim

Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim

Bakmi Bangka 21

Foto Bakmi Bangka 21
Foto Bakmi Bangka 21
Foto Bakmi Bangka 21

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?