Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Khas Imlek di Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu

List Artikel
10 Februari 2021 | 0 Komentar

Tahun baru Imlek tinggal menghitung hari. Di Korea Selatan perayaan Imlek memiliki nama lain, yakni perayaan Seolla. Banyak orang-orang yang tinggal di kota pulang ke kampung halamannya dan berkumpul bersama keluarga besar karena pemerintah setempat memberikan liburan panjang. Beberapa hidangan kuliner dipersiapkan demi menyambut datangnya tahun baru. Lalu apa saja kuliner yang wara wiri saat perayaan Imlek di Korea? Di bawah ini ada lima kuliner khas Imlek yang selalu ada saat perayaan Imlek di Korea, yaitu:


1. Sup Kue Beras



Sumber: Sweetandtastytv.com


Tteok-guk alias sup kue beras merupakan kuliner khas yang wajib ada saat perayaan Imlek di Korea. Sup ini terdiri dari kue beras yang diiris tipis-tipis lalu ditambahkan rumput laut, daging, serta irisan telur dadar yang dipotong tipis-tipis. Kue beras yang berwarna putih dipercaya melambangkan kebersihan dan kesucian untuk memulai tahun yang baru.


2. Japchae



Sumber: Pergikuliner.com


Japchae alias bihun ala Korea. Meski sekilas terlihat seperti bihun, namun japchae dibuat dari tepung ubi yang biasa disebut dangmyeon. Japchae dimasak bersama dengan daging dan sayuran. Karena bentuknya yang panjang seperti mie, japchae dipercaya melambangkan umur yang panjang.


3. Pajeon



Sumber: Pergikuliner.com


Pajeon alias pancake ala korea ini. Sekilas memang mirip dengan dadar jagung atau bakwan di Indonesia, yaitu makanan yang terbuat dari tepung, telur dan sayuran yang dicampur dan digoreng di panci. Saat perayaan Imlek, pajeon dibentuk bulat menyerupai pizza. Pajeon disantap dengan cara dicelupkan ke dalam saus kecap asin yang bertabur wijen.


4. Yakgwa



Sumber: Femmeactuelle.fr


Yakgwa merupakan kue tradisional Korea yang terbuat dari madu, minyak wijen dan tepung gandum. Cita rasanya manis karena madu yang dimasukan cukup banyak. Di Korea, madu dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit. Oleh karena itu, dengan memakan yakgwa saat Imlek, mereka berharap agar sembuh serta dilindungi dari berbagai macam penyakit sepanjang tahun.


5. Sujeonggwa



Sumber: Koreatimes.co.kr


Sujeonggwa merupakan minuman khas tradisional korea. Orang Korea mengatakan kalau Sujeonggwa ini adalah fruit punch tradisional ala Korea. Sujeonggwa terbuat dari jus buah persimmon (kesemak) yang dibuat dari buah kesemak kering, jahe, kayu manis, serta kacang pinus yang direbus jadi satu dan diambil sari buahnya.


Itu dia 5 makanan khas Imlek di Korea Selatan. Teman kuliner kebayangkan idola kamu akan makan apa saat perayaan Imlek nanti? Nah, kalau teman kuliner ingin merayakan Imlek atau sekedar ingin makan di restoran Korea, PergiKuliner punya beberapa rekomendasi restoran Korea berikut ini!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga
Foto Born Ga

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?