Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Khas Natal dari Indonesia

List Artikel
12 Desember 2022 | 0 Komentar
Tidak terasa, saat ini sudah memasuki bulan Desember. Itu artinya Natal sudah di depan mata. Untuk memeriahkan hari Natal, tidak lengkap rasanya jika tidak menghias pohon Natal, hunting kado, dan yang paling penting adalah menyiapkan hidangan khas Natal untuk keluarga yang sedang berkumpul. Makanan khas Natal cukup banyak variannya, apalagi Natal dirayakan mendunia sehingga setiap negara memiliki makanan khas Natal tersendiri. Nah, kali ini PergiKuliner akan mengulas tentang makanan khas Natal dari Indonesia. Simak yuk!

1. Ayam Rica-Rica
 

Sumber: Pergikuliner.com

Ayam rica-rica adalah makanan khas Kota Manado yang berarti ayam pedas atau ayam cabai. Makanan ini sudah sangat beragam karena cara pembuatannya yang berbeda-beda. Meskipun sangat beragam, ternyata ayam rica-rica tetap menjadi pilihan hidangan saat Natal tiba. Banyak keluarga di Indonesia yang menjadikan ayam rica-rica sebagai sajian di meja makan mereka ketika merayakan Natal.

2. Ikan Kuah Kuning


Sumber: Resepdanmasakan.com

Ikan kuah kuning yang terdiri dari ikan tuna atau ikan muba ini dibumbui dengan kunyit dan kapur. Makanan khas Natal ini biasa dihidangkan di Ambon dan dipadukan dengan papeda. Buat kamu yang ngga suka papeda, juga bisa dimakan dengan nasi lho!

3. Kue Lampet/Lapet


Sumber: Lautanindonesia.com

Kue berbentuk seperti piramida ini dibungkus dengan daun pisang, terbuat dari tepung beras dan kelapa parut, lalu ditambah parutan gula dan air. Makanan ini sebelumnya dikukus terlebih dahulu sampai matang. Kue lampet/lapet, sering dihidangkan di Medan, Sumatera Utara, saat perayaan Natal.

4. Kue Bagea


Sumber: Ravrip.blogspot.com

Kue yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini banyak dijumpai saat Natal. Kue bagea memang pas untuk dinikmati bersama keluarga ditemani dengan minuman teh atau kopi. Bentuknya coklat dan berbahan dasar tepung terigu, sedikit keras ketika digigit namun memberi kenikmatan tersendiri. 


5. Klapertart


Sumber: Pergikuliner.com

Klapertart merupakan hidangan khas Natal dari Manado, Sulawesi Utara. Dengan berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur, kue ini juga sangat cocok untuk dijadikan teman saat kumpul keluarga di hari Natal nanti. 

Nah itulah beberapa makanan khas Natal dari Indonesia yang populer di masyarakat. Dari kelima makanan di atas, mana yang jadi favorit makanan khas Natal favorit kamu?

Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam

Foto Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam
Foto Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam
Foto Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam

Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin

Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin
Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin
Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin

Kembang Goela

Foto Kembang Goela
Foto Kembang Goela
Foto Kembang Goela

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Plataran Tiga Dari

Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?