Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba

List Artikel
27 Agustus 2018 | 0 Komentar
Sebagai salah satu kota penyelenggara Asian Games 2018 di Indonesia, nama Palembang mulai banyak dilirik Mancanegara. Untuk sekedar informasi, Asian Games 2018 di Palembang ini berlangsung di Jakabaring Sport City (JSC) dengan beberapa cabang olahraga seperti bowling, panjat tebing, sepak takraw dan lain sebagainya. Selain itu, ada hal menarik lainnya yang akan PergiKuliner bahas kali ini yaitu makanan khas dari Bumi Sriwijaya ini dan beberapa diantaranya pasti sudah tidak asing di lidah kamu. Jadi, langsung aja yuk lihat kira-kira makanan apa aja ya yang khas dari kota kebanggaan Wong Kito ini!

1. Pempek


Sumber : Pergikuliner.com

Siapa sih yang nggak tau pempek? Makanan khas Palembang satu ini memang paling terkenal dibandingkan dengan makanan khas Palembang lainnya. Sebab pempek sangat mudah ditemui dimanapun. Pempek terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dengan tepung kanji dan ditambah oleh beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam. Kemudian disajikan dengan kuah cuka atau cuko sebagai pelengkapnya. 

2. Es Kacang Merah


Sumber : Indonesiakaya.com

Es kacang merah adalah minuman yang populer di Palembang. Minuman es dari akulturasi Tionghoa ini biasa disajikan dengan sepiring pempek atau tekwan. Sebelum disajikan, kacang merah direbus terlebih dulu hingga empuk. Penyajiannya bisa dalam mangkuk atau gelas kaca. Selanjutnya, kacang merah disiram kuah santan gurih dan beraroma pandan. Tak lupa ditambahkan potongan nangka, tapai, cincau, atau dawet, kemudian diberi parutan es yang menggunung dan siraman sirup merah. 

3. Tekwan


Sumber : Pergikuliner.com

Tekwan adalah penganan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka yang dibentuk berupa bulatan kecil-kecil, dan disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah soun, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Untuk dapat menemukan makanan ini kalian bisa mencarinya di restoran yang menjual menu pempek ya.

4. Kerupuk Kemplang


Sumber : Albarrakulinerkhaspalembang.blogspot.com

Kemplang merupakan kerupuk yang populer di Sumatera Selatan, khususnya Palembang. Selain kota tersebut, kemplang juga bisa ditemui di Bangka. Bahan dasarnya berasal dari ikan gabus. Nama Kerupuk Kemplang diambil dari cara pembuatannya. Kemplang artinya sama dengan "dipukul". Untuk membuat kemplang, adonan kerupuk perlu dipukul hingga rata, kemudian dipanggang dengan bara api. 

5. Mie Celor


Sumber : Selerasa.com

Mie Celor adalah hidangan asal Palembang yang berupa mie yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), dicampurkan taoge dan disajikan bersama irisan telur rebus, kemudian ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Biasanya ditambah dengan potongan telur ayam rebus. Pastikan kamu kembali menikmati kuliner lokal negara kita ini ya.

Itu dia lima makanan khas Palembang yang bisa kamu cicipi. Dan supaya lebih afdol, kamu bisa mencicipinya sambil nonton pertandingan Asian Games 2018 bareng keluarga ataupun teman-teman kamu dan sekaligus mendukung tim kebanggaan Indonesia tentunya.
Dan kalau kamu mencari makanan khas Palembang tersebut, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

Pempek Palembang 29

Foto Pempek Palembang 29

Mie Onlok Palembang

Foto Mie Onlok Palembang
Foto Mie Onlok Palembang
Foto Mie Onlok Palembang

Sari Sanjaya

Foto Sari Sanjaya
Foto Sari Sanjaya
Foto Sari Sanjaya

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan
Foto Pempek Palembang Awan

Bakmi Bangka Amin

Foto Bakmi Bangka Amin
Foto Bakmi Bangka Amin
Foto Bakmi Bangka Amin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?