Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Korea dengan Campuran Kimchi Ini Rasanya Unik Loh

List Artikel
14 Juli 2020 | 0 Komentar

Korea dikenal sebagai negara yang punya kuliner populer di dunia. Pasalnya keberadaan K-Pop dan K-drama saat ini memang sangat dikenal dunia. Jadi tak heran kalau kebudayaan Korea dan juga kulinernya semakin digemari. Berbicara tentang kuliner Korea, pastinya kamu kenal dengan kimchi yang menjadi salah satu kuliner tradisional khas dari negeri ginseng tersebut. Kimchi dibuat dari bahan utama sayuran yang difermentasi dalam jangka waktu lama. Sebelum difermentasi, kimchi dibumbui dulu dengan bubuk cabai, bawang putih, bawang bombay, gula, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, kimchi memang disantap sebagai lauk pauk atau banchan, tapi tak hanya bisa dijadikan lauk saja, kimchi juga bisa diolah menjadi aneka kuliner apa saja seperti:


1. Kimchi Jjigae (Sup Kimchi)



Sumber: Thespruceeats.com


Pertama ada kimchi jjigae yang paling terkenal sebagai salah satu olahan kimchi. Jjigae dalam bahasa Korea memiliki arti sup sehingga kimchi jjigae berarti sup kimchi. Kuliner berkuah ini dibuat dari bahan dasar kimchi yang ditumis dulu bersama dengan aneka bumbu dan dimasak dengan air, daging, dan tahu putih. Cita rasanya berpadu antara pedas, asam, dan asin. Kimchi jjigae ini sangat cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat.


2. Kimchi Bogumbap (Nasi Goreng Kimchi)



Sumber: Koreanbapsang.com


Selain kimchi jjigae, ada kimchi bogumbap. Bogumbap adalah nasi goreng. Jadi kimchi bogumbap adalah nasi goreng kimchi yang sangat digemari masyarakat Korea sebagai makanan yang praktis dibuat karena hanya membutuhkan bahan kimchi, nasi putih, telur, dan daun bawang. Untuk membuatnya, kimchi harus ditumis hingga kadar airnya menyusut, barulah tumis bersama dengan daun bawang dan nasi putih. Setelah matang sajikan dengan telur yang digoreng setengah matang.


3. Kimchi Jeon (Panekuk Kimchi)



Sumber: Kimchicompany.com.au


Berikutnya ada kimchi jeon yang merupakan pancake ala Korea. Kimchi jeon sebenarnya adalah omelet kimchi ala Korea. Untuk membuatnya, kamu harus mencampur kimchi yang diiris tipis-tipis, tepung terigu, dan telur. Tambahkan sedikit garam, lada, dan gula lalu masak menjadi omelet di atas teflon. Saat sudah matang, biasanya kimchi jeon ini disantap bersama dengan cocolan soy sauce.


4. Bibim Guksu ( Mie Dingin)



Sumber: Koreanbapsang.com


Bibim guksu memang tidak terlalu terkenal di Indonesia jika dibandingkan ketiga kuliner Korea di atas. Tapi di negara asalnya, kuliner ini sangat laris manis pada saat musim panas. Bibim guksu adalah mie dingin asal Korea yang memadukan mie dengan kimchi, telur, dan mentimun. Cita rasanya berpadu antara gurih, asam, dan menyegarkan karena disajikan dalam keadaan dingin sehingga cocok disantap pada musim panas.


5. Kimchi Mandu ( Kimchi Dumpling)



Sumber: Bestofvegan.com


Terakhir ada kimchi mandu yang merupakan salah satu jenis mandu yang populer di Korea. Kimchi mandu dibuat dari bahan dasar kulit mandu yang di dalamnya diberi isian kimchi. Kimchi mandu ini bisa disajikan dalam dua jenis yakni yang dikukus dan digoreng. Untuk menyantapnya, kamu bisa mencelupkannya dalam soy sauce terlebih dahulu supaya rasanya jadi lebih lezat.


Itulah beberapa kuliner Korea yang dibuat dengan campuran kimchi di dalamnya. Dari kelimanya, manakah yang sangat cocok dengan seleramu? 

Simhae Korean Grill

Foto Simhae Korean Grill
Foto Simhae Korean Grill
Foto Simhae Korean Grill

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?