Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Pembuka yang Selalu Tersaji di Restoran Jepang

List Artikel
21 Juli 2020 | 0 Komentar

Makanan pembuka atau yang juga dikenal dengan nama appetizer tak hanya dijumpai pada makanan barat saja, tetapi juga pada makanan Jepang. Seperti namanya, makanan pembuka memang harus disantap sebagai pembuka sebelum makan besar. Berhubung sebagai makanan pembuka, porsi makannya juga kecil. Jika disajikan dalam ukuran besar, maka kamu bisa kekenyangan sehingga tidak bisa menyantap makanan utama. Untuk makanan pembuka ala Jepang, variasinya tentu lebih beragam. Dari sekian banyak makanan pembuka khas Jepang, ada lima yang paling banyak kamu jumpai di restoran khas Jepang di Indonesia, yaitu:


1. Gyoza



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan pembuka pertama ada gyoza. Gyoza dikenal sebagai dimsum khas Jepang yang tak hanya cocok jika dijadikan sebagai camilan tapi juga makanan pembuka. Bentuknya yang kecil sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pembuka. Gyoza terbuat dari kulit pangsit yang di dalamnya berisi daging cincang, bawang putih cincang, kecap asin, garam, dan lada. Daging yang digunakan bisa beragam. Mulai dari daging sapi, daging ayam, hingga daging babi. Gyoza akan terasa lebih enak jika disantap bersama cocolan sausnya.


2. Chawan mushi



Sumber: Tasteasianfood.com


Di urutan kedua ada chawan mushi. Chawan mushi sebenarnya adalah telur kukus khas Jepang yang disajikan dalam wadah mangkuk kecil sehingga cocok dijadikan sebagai makanan pembuka. Selain telur, biasanya ada bahan tambahan sayuran di dalamnya seperti jamur, daun bawang, hingga tambahan daging cincang untuk memperkaya tekstur dan cita rasanya.


3. Edamame



Sumber: Peasandcrayons.com


Selanjutnya ada edamame yang merupakan kacang khas Jepang.Kacang ini masuk dalam kategori kacang kedelai muda. Bentuknya tak jauh berbeda dengan kacang kedelai kebanyakan. Hanya saja bentuk kacangnya agak gemuk dengan warna hijau yang cerah. Kacang edamame bisa dimasak dengan cara direbus atau dibakar. Biasanya edamame lebih banyak dijumpai pada restoran ramen dan teppanyaki. Cita rasa dari edamame gurih asin karena pada saat memasaknya ditaburi garam terlebih dahulu.


4. Age Dashi Tofu



Sumber: Chopstickchronicles.com


Age dashi tofu adalah olahan tofu yang dijadikan sebagai makanan pembuka. Jenis tofu yang digunakan adalah tahu sutera. Tofu yang sudah dipotong-potong kemudian dibalut dengan tepung dan digoreng renyah lalu disajikan bersama dengan kuah khusus yang dibuat dari campuran kecap asin,mirin, dan lobak. Cita rasa dari makanan pembuka ini adalah gurih bercampur asin dengan perpaduan tekstur renyah pada bagian luar tofu dan lembut pada bagian dalamnya.


5. Nasu No Agebitashi



Sumber: Nitrocdn.com


Terakhir ada nasu no agebitashi yang merupakan makanan pembuka yang juga punya cita rasa gurih asin. Makanan pembuka ini dibuat dari bahan dasar terong yang digoreng lalu direndam dalam kuah khusus. Oleh karena itu dinamakan nasunoagebitashi. Nasu dalam bahasa Jepang berarti terong dan agebitashi artinya digoreng lalu direndam. Kuah yang digunakan untuk merendam terong dibuat dari dashi, sake , mirin, gula, dan kecap.Selain disajikan bersama kuah, nasunoagetashi juga disajikan dengan irisan daun bawang dan daikon parut.


Itulah beberapa makanan pembuka yang selalu tersaji di restoran Jepang. Dari kelimanya, manakah yang paling sering kamu santap?

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?