Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Pokok di Dunia yang Paling Banyak Dikonsumsi

List Artikel
21 September 2020 | 0 Komentar

Makanan pokok merupakan makanan yang paling umum disantap dan sangat dominan di suatu daerah. Makanan pokok disantap setiap hari dan rutin sehingga menjadi kebiasaan turun temurun. Biasanya makanan pokok ini sangat mudah didapat karena memang menjadi konsumsi utama masyarakat di tempat tersebut. Masing-masing negara punya makanan pokoknya masing-masing. Hal ini dikarenakan faktor wilayah serta tradisi yang sudah ada sejak nenek moyang. Berhubung menjadi makanan utama, biasanya jika kita belum makan makanan pokok maka belum terasa seperti sudah makan. Dari sekian banyaknya makanan pokok di dunia, ada lima yang paling banyak dikonsumsi di beberapa negara, yaitu:


1. Nasi



Sumber: Masterclass.com


Pertama ada nasi yang merupakan makanan pokok di beberapa negara Asia. Nasi tercatat telah menjadi makanan pokok bagi 3,5 miliar orang di dunia. Selain negara-negara di Asia, ada negara di Amerika Latin dan Afrika yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Nasi terbuat dari bahan dasar beras yang dimasak terlebih dahulu dengan air. Awalnya masyarakat Asia Tenggara yang membudidayakan beras. Baru kemudian dibawa oleh Portugis pada saat menjajah Asia dan kemudian dibawa ke Amerika Serikat.


2. Jagung



Sumber: Loveandlemons.com


Jagung menjadi salah satu makanan pokok di dunia yang banyak dikonsumsi di negara Meksiko. Jagung sudah menjadi makanan pokok sejak 10.000 tahun yang lalu. Jagung awalnya memang hanya menjadi makanan pokok masyarakat Meksiko, tapi semenjak ada perdagangan internasional, jagung merambah ke negara-negara lain dan menjadi makanan pokok di beberapa negara di Afrika, Eropa, dan Amerika.


3. Kentang



Sumber: Mipotato.com


Kentang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga menjadi makanan pokok karena mengenyangkan. Kentang merupakan makanan pokok di Kerajaan Inca pada abad ke-15 dan 16. Kemudian diperkenalkan oleh para penjelajah ke dataran Eropa. Alhasil saat ini kentang juga menjadi makanan pokok di Eropa. Meski banyak disantap di Eropa, tapi produsen kentang paling besar di dunia adalah China, Rusia, dan Amerika Serikat.


4. Gandum



Sumber: Healthline.com


Berikutnya ada gandum yang menjadi makanan pokok sehat karena mengandung banyak serat tapi rendah gula sehingga cocok disantap orang yang sedang diet maupun orang yang menderita diabetes. Gandum berasal dari Timur Tengah. Meski demikian, gandum banyak digunakan di Amerika, China, Rusia, Perancis, dan India. Gandum banyak diolah menjadi roti, pasta, hungga sereal.


5. Ubi



Sumber: Loveandlemons.com


Terakhir ada ubi yang juga menjadi makanan pokok di beberapa negara, khususnya di Mediterania, beberapa negara Eropa serta Asia. Di negara-negara yang menjadikan ubi sebagai makanan pokok, biasanya ubi dimasak dengan cara dipanggang atau direbus. Tapi beberapa ada yang mengolahnya menjadi olahan sup untuk disantap bersama dengan makanan lainnta.


Itulah beberapa makanan pokok di dunia yang paling banyak dikonsumsi. Kalau kamu sendiri, selain nasi lebih sering menyantap makanan pokok apa saja?

Nasi Kapau Sodagar

Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar

Hasea Eatery

Foto Hasea Eatery
Foto Hasea Eatery
Foto Hasea Eatery

Nasi Kari Akiat

Foto Nasi Kari Akiat
Foto Nasi Kari Akiat
Foto Nasi Kari Akiat

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?