Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Terbaik Sebelum Donor Darah

List Artikel
29 Juni 2019 | 0 Komentar

Donor darah sangat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Donor darah dapat menurunkan resiko terkena kanker, regenerasi sel darah, dan juga bisa menurunkan berat badan. Akan tetapi perlu kamu ketahui bila kamu ingin donor darah, karena tidak semua orang bisa melakukan donor darah. Kamu harus memastikan keadaan fisik terlebih dahulu, apakah kamu sehat atau sedang sakit. Hal ini dikarenakan saat kamu melakukan donor darah, kamu bisa saja mengalami efek samping tersebut yang berupa sedikit pusing ataupun anemia. Tapi kamu tak perlu takut akan efek samping tersebut, karena bisa hal itu bisa kamu hindari dengan mengonsumsi beberapa makanan terbaik sebelum melakukan donor darah. PergiKuliner akan membantu memberi tahu kamu untuk mengetahuinya agar kamu bisa melakukan donor darah dengan baik tanpa efek samping. Berikut lima makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi sebelum donor darah:


Makanan yang Kaya Zat Besi



Sumber : 1health.id


Sebelum donor darah kita memang selalu disarankan untuk mengonsumsi zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi bisa membantu untuk menambah darah. Makanan yang mengandung zat besi bisa meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Ada dua jenis zat besi yang biasa ditemukan pada makanan, yakni besi heme dan besi non-heme. Keduanya sama-sama bagus. Besi heme mengandung 30% zat besi yang bisa ditemukan pada produk makanan hewani. Misalkan saja daging sapi, ayam, hati, telur, tuna dan lain sebagainya. Sedangkan zat besi non-heme bisa ditemukan pada sayuran hijau, sereal, semangka, kacang dan lain sebagainya.

 

Makanan yang Kaya Vitamin C


Sumber : Daxgallery.com


Tidak hanya zat besi saja yang bagus untuk dikonsumsi sebelum donor darah, tapi makanan yang memiliki vitamin C juga bagus kamu santap sebelum donor darah. Hal ini dikarenakan vitamin C bisa membantumu menyerap zat besi non-heme. Makanan yang memiliki kadar vitamin C tinggi adalah buah-buahan, contohnya seperti, kiwi, jeruk, mangga, pepaya, nanas, strawberry dan lain sebagainya.

 

Makanan yang Mengandung Riboflavin atau Vitamin B2



Sumber :  Hellosehat.com


Ketika kita akan donor darah, pastinya nanti kadar darah dalam tubuh akan berkurang. Inilah yang menjadi alasan kenapa kamu bisa terkena anemia. Untuk menghindarinya, konsumsi makanan yang mengandung riboflavin. Contohnya saja susu, brokoli, bayam, telur, dan daging unggas. Makanan-makanan tersebut bisa menghasilkan sel darah merah. Tak hanya itu saja, makanan yang mengandung riboflavin bisa mengubah karbohidrat menjadi energi.

Makanan yang Memiliki Sumber Asam Folat



Sumber : Honestdocs.id


Makanan yang mengandung asam folat ternyata juga bisa membantu tubuhmu supaya bisa menghasilkan sel-sel darah merah baru sehingga kamu bisa mendonorkan darah secara maksimal. Asam folat atau vitamin B9 juga bisa menjaga agar tubuhmu tetap fit dan sehat sehingga saat mendonorkan darah, tubuh dalam keadaan sehat dan maksimal. Kandungan asam folat ini bisa kamu temukan pada kacang-kacangan, jus jeruk dan hati.

 

Air Kelapa



Sumber : Health.detik.com


Terakhir ada air kelapa yang bisa dengan mudah kamu temukan karena ada banyak penjual air kelapa segar di pinggir jalan. Air kelapa bagus diminum sebelum donor darah karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, protein, kalium, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, maka kondisi tubuh akan fit. Ditambah lagi cairan dalam tubuh bisa meningkat sehingga kamu tidak mudah merasa kelelahan.

 

Itulah makanan-makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi sebelum donor darah. Jika tak mau repot mencari dan mengolahnya sendiri, kamu bisa tinggal datangi salah satu dari beberapa tempat makan di bawah ini lho!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

The Manhattan Fish Market

Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?