Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Bikin Orang Indonesia Kecanduan

List Artikel
11 Mei 2017 | 0 Komentar

Jika masyarakat Eropa dan Amerika sangat ketagihan menyantap pizza dan burger serta cola sebagai kuliner favorit, Indonesia juga punya beberapa makanan yang pastinya bikin orang Indonesia ketagihan sehingga ingin terus nambah dan menyantapnya setiap hari. Makanan-makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan di beberapa restoran lokal dan juga kaki lima. Cita rasanya sangat tradisional dan sudah sangat familiar di lidah sejak kamu kecil. Bahkan ada beberapa orang yang tak bisa makan jika tak ada makanan-makanan ini. Ingin tahu apa saja makanan yang sukses bikin orang Indonesia kecanduan? Mari kita lihat deretan list-nya! 

 

1. Sambal



Sumber: pergikuliner.com


Kebanyakan orang Indonesia selalu suka makanan bercita rasa pedas, tidak heran jika sambal menjadi makanan yang paling membuat orang Indonesia kecanduan. Selain karena rasa pedasnya yang bikin ketagihan, sambal sangat cocok dipadukan dengan makanan Indonesia lainnya seperti ayam bakar, tempe penyet, hingga aneka makanan berkuah. Sambal Indonesia juga memiliki banyak sekali varian seperti sambal terasi, sambal tomat, sambal dadak, sambal dabu-dabu, dan masih banyak lagi.

 

2. Nasi Padang



Sumber: pergikuliner.com


Siapa tak kenal dengan makanan khas yang berasal dari Sumatera Barat ini. Meski berasal dari Sumatera Barat, makanan yang satu ini bisa kamu jumpai hampir di semua daerah yang ada di Indonesia. Nasi Padang merupakan jenis nasi campur yang disajikan dengan aneka lauk pauk seperti gulai, rendang, opor, dendeng, sambal, dan masih banyak lagi. Ciri khas dari nasi Padang adalah penggunaan kuah opor dan kuah gulai yang disiram di atas nasi sehingga cita rasanya memberikan sensasi kecanduan yang tak akan bisa kamu tolak.

 

3. Gorengan



Sumber: pergikuliner.com


Makanan yang  satu ini memang tak bisa terlewatkan dalam daftar makanan yang bikin orang Indonesia kecanduan. Gorengan bisa termasuk ke dalam lauk dan juga camilan karena ada dua jenis gorengan yang ada di Indonesia yakni gorengan manis seperti ubi, singkong, pisang, dan lain sebagainya. Sementara untuk gorengan asin seperti bakwan, tempe, tahu, cireng, risol, pastel, dan lain sebagainya. Gorengan bisa membuat kecanduan karena ukurannya yang tak terlalu besar sehingga membuat orang akan terus ketagihan makan dan makan lagi.

 

4. Kerupuk



Sumber: pergikuliner.com


Makanan bertekstur garing dan renyah ini memang bisa membuat siapa saja kecanduan. Bahkan ada orang yang tak bisa makan tanpa mengunyah kerupuk. Suara kresnya saat digigit menimbulkan sensasi tersendiri sehingga membuat kerupuk selalu ada pada aneka sajian tradisional. Layaknya sambal, Indonesia memiliki berbagai macam jenis kerupuk dengan bentuk dan cita rasa yang berbeda-beda, seperti kerupuk pasir, kerupuk kulit, kerupuk kemplang, kerupuk udang, dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

 

5. Bakso



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir adalah makanan kaki lima khas Indonesia, yakni bakso. Bakso di Indonesia disajikan dengan kuah kaldu serta tambahan pelengkap lainnya seperti mie, bihun, sawi, tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Tekstur bakso yang kenyal berpadu dengan gurihnya kaldu yang bisa membuat siapa saja kecanduan. Bakso paling nikmat disantap saat sedang hujan karena bisa menghangatkan badan sekaligus mengenyangkan perut. Selain direbus begitu saja, Indonesia juga punya bakso yang dibakar.

 

Dari kelima makanan di atas pastinya salah satu atau bahkan kelima-lima nya adalah favorit kamu kan? Berhubung perut lapar sehabis membaca artikel ini, langsung aja yuk kunjungi tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini yang di jamin bikin kamu makin ketagihan!

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Saung Sambal

Foto Saung Sambal
Foto Saung Sambal
Foto Saung Sambal

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Makanan apa lagi sih yang bisa bikin orang Indonesia ketagihan? Cari tahu di Pergikuliner.com aja yuk!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?