Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Bisa Bersihkan Usus Besar Agar Lebih Sehat

List Artikel
11 Maret 2020 | 0 Komentar

Dalam tubuh kita terdapat usus besar dan usus kecil. Jika usus kecil fungsinya untuk menyerap kandungan nutrisi pada makanan yang disantap, usus besar berfungsi sebagai penyerap air dan limbah metabolik. Di dalam usus besar, ada kandungan bakteri yang bisa memecah makanan sebelum nantinya akan dibuang menjadi kotoran. Bisa dikatakan kalau usus besar ini adalah organ yang bisa membersihkan tubuh. Oleh karena itu, kesehatan usus besar sangatlah penting kita jaga. Untuk menjaga kesehatan usus besar akan tetap bersih dan sehat, ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi, yaitu:

 

1. Kacang-Kacangan



Sumber : Foodfarmnews.blogspot.com


Pertama ada kacang-kacangan yang merupakan salah satu makanan kaya gizi. Kacang-kacangan ini sangat kaya akan kandungan serat di dalamnya sehingga bisa mencegah terjadinya polip usus yang dapat menyebabkan kanker. Polip usus sendiri adalah sekelompok kecil sel dalam tubuh yang bisa berkembang menjadi sel kanker. Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi bisa beragam, tapi yang paling bagus untuk usus adalah kacang polong.

 

2. Beras Cokelat



Sumber : Thewoksoflife.com


Kita mengenal empat jenis beras jika dilihat dari perbedaan warnanya, yakni beras putih, beras merah, beras hitam, dan beras cokelat. Beras merah, hitam, dan cokelat memang dikatakan lebih baik dari beras putih karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Tapi untuk kesehatan usus besar, beras cokelat lebih bagus karena bisa membersihkan usus dari bakteri-bakteri jahat yang dapat menyebabkan beragam penyakit.

 

3. Brokoli dan Kembang Kol



Sumber : Corriecooks.com


Berikutnya ada brokoli dan kembang kol yang sebenarnya masih dalam satu keluarga yang sama. Hanya saja warna dan teksturnya berbeda. Brokoli dan kembang kol ini ternyata sangat bagus untuk tubuh karena dapat mengurangi resiko kanker usus. Brokoli dan kembang kol sangat kaya akan kandungan serat sehingga perlu kamu konsumsi sehari-hari. Selain brokoli dan kembang kol, jenis sayuran lain yang bagus untuk usus besar adalah kangkung dan bayam.

 

4. Oatmeal



Sumber : Feelgoodfoodie.net


Seperti yang kita ketahui, oatmeal sangat kaya akan kandungan serat, vitamin D, dan kalsium yang ada di dalamnya. Kandungan serat yang tinggi sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus besar agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Buat yang belum terbiasa makan makanan berserat tinggi, kamu bisa memulainya dengan porsi yang tidak terlalu banyak secara bertahap sehingga lama kelamaan, tubuh akan terbiasa. Oatmeal akan lebih bergizi jika kamu menambahkan buah-buahan segar dan kacang-kacangan dalam toppingnya.

 

5. Yoghurt



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada yoghurt yang seperti kita tahu sangat kaya akan kandungan bakteri baik yang pastinya bisa menyehatkan pencernaan kamu, terutama bagian usus besar. Yoghurt bisa mengurangi resiko penyakit kanker usus dan mengurangi kadar gas akibat konsumsi kacang dan sayuran bergas lainnya. Sama seperti oatmeal, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan segar pada santapan yoghurt untuk menambah kandungan seratnya.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja makanan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan usus besarmu? Jadi jangan lupa untuk rutin mengonsumsinya ya! Jika bingung di mana bisa mendapatkannya, kamu bisa datang saja ke salah satu tempat di bawah ini!

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

Alpukat Bistro

Foto Alpukat Bistro
Foto Alpukat Bistro

The Local Garden

Foto The Local Garden
Foto The Local Garden
Foto The Local Garden

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?