Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Bisa Cegah DBD Saat Musim Hujan

List Artikel
5 Maret 2020 | 0 Komentar

Indonesia saat ini sedang memasuki musim penghujan. Biasanya saat musim hujan, selain flu dan batuk, penyakit seperti DBD (Demam Berdarah Dengue) juga sangat rentan menyerang. Oleh karena itu berbagai macam pencegahan mulai dilakukan. Mulai dari melakukan penyemprotan atau fogging, menerapkan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur), hingga meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat musim hujan agar tak mudah terserang DBD dengan menyantap beberapa makanan yang ada di bawah ini!

 

1. Brokoli



Sumber : Deherba.com


Pertama ada sayur-sayuran, yakni brokoli yang punya banyak kandungan vitamin dan mineral, mulai dari vitamin C, E, A, serta antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu tubuh meningkatkan kekebalan terhadap beragam jenis penyakit yang menyerang seperti DBD. Agar kamu bisa mendapatkan manfaat brokoli secara maksimal, maka kamu tidak boleh memasaknya dalam jangka waktu yang lama. Cukup masak brokoli selama beberapa menit saja agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

 

2. Bayam




Sumber : Healthline.com


Masih dengan jenis sayuran, ada bayam yang seringkali digunakan sebagai sayur bening, tumisan, hingga campuran pada omelet. Bayam yang punya dua warna yakni hijau dan ungu ternyata sangat bagus dikonsumsi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada musim hujan sehingga kamu tak mudah sakit, apalagi sampai terkena DBD. Dalam bayam terdapat kandungan vitamin C, betakaroten, zat besi dan antioksidan yang sangat tinggi.

 

3. Jeruk



Sumber : Heathline.com


Beralih ke buah-buahan, ada jeruk yang seperti kita tahu punya banyak sekali kandungan vitamin C di dalamnya. Semua jenis jeruk memang memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi, baik itu jeruk keprok, jeruk mandarin, jeruk nipis, jeruk peras, dan lain sebagainya. Vitamin C ini ternyata punya kemampuan untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh serta memproduksi sel darah putih sehingga ketika tubuh terkena infeksi, maka kesehatan tubuh akan langsung dipulihkan.

 

4. Kiwi



Sumber : Akamaized.net


Buah yang berwarna hijau cantik ini juga punya kemampuan untuk meningkatkan sel darah putih yang dapat melawan berbagai macam infeksi pada tubuh. Di dalam kiwi terdapat antioksidan, folat, kalium, vitamin K dan pastinya vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini bisa kamu santap begitu saja atau dijadikan campuran aneka olahan makanan seperti salad, topping yoghurt, pancake dan sebagainya.

 

5. Pepaya



Sumber : Heatline.com


Terakhir ada buah pepaya yang sangat bermanfaat untuk mencegah DBD ketika musim hujan datang. Dalam buah pepaya ada kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Dengan menyantap 100 gram pepaya saja, kamu sudah dapat memenuhi 25% kebutuhan vitamin C harianmu. Selain vitamin C, pepaya juga punya kandungan nutrisi lain seperti kalium, vitamin B, kolat, dan papain yang berfungsi sebagai anti inflamasi pada tubuh.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mencegah DBD. Semoga dengan rutin menyantap kelima makanan di atas, tubuhmu akan tetap sehat ya! Nah, berikut ini ada beberapa sajian yang tak hanya enak namun juga sehat yang bisa kamu konsumsi, cobain dulu yuk!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

The Local Garden

Foto The Local Garden
Foto The Local Garden
Foto The Local Garden

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?