Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Jika Dipanaskan Rasanya Akan Jadi Lebih Mantap

List Artikel
14 Desember 2018 | 0 Komentar
Indonesia memiliki beragam makanan lezat yang bisa membuat kamu gagal diet. Hal ini dikarenakan makanan Indonesia dibuat dengan perpaduan bumbu rempah yang sangat kaya. Coba saja kamu bayangkan, dalam satu jenis makanan bisa terdapat setidaknya minimal lima jenis bumbu rempah yang digunakan. Tidak heran kalau ada beberapa makanan Indonesia yang akan terasa lebih lezat jika dipanaskan. Hal ini dikarenakan bumbu rempah yang digunakan akan semakin meresap ke dalam makanan. Kalau tidak percaya, coba saja kamu icip lima makanan di bawah ini yang rasanya semakin lezat jika dipanaskan. Simak yuk!

1. Gudeg


Sumber : Imigx.net 


Makanan pertama ada gudeg yang terbuat dari bahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dalam jangka waktu yang sangat lama yakni sekitar 3-5 jam lamanya. Kuliner khas Yogyakarta ini memiliki perpaduan bumbu rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, ketumbar, daun salam, lengkuas, gula aren dan garam. Semakin lama gudeg dimasak dan dipanaskan kembali, maka tekstur nangka akan menjadi lebih lembut dan kuah gudeg akan semakin terasa gurih. Selain nangka, gudeg juga bisa dibuat telur dan ayam.
 
2. Rendang


Sumber : Pergikuliner.com


Rendang yang masuk dalam jajaran kuliner terlezat di dunia ini memang tidak bisa dipertanyakan lagi kelezatannya. Tapi tahukah kamu kalau rendang yang dipanaskan akan semakin terasa lezat rasanya. Rendang terbuat dari bahan dasar daging kerbau atau sapi yang dipotong-potong lalu dimasak dengan santan dan bumbu rempah bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, pala, jintan, daun jeruk, sereh, daun kunyit, dan asam kandis.

3. Gulai

Sumber : Pergikuliner.com


Mendengar kata gulai, pasti yang terbayang di pikiranmu adalah kuliner daging bersantan. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi, kambing, ayam, hingga jerohan seperti kikil dan usus. Daging yang sudah dibersihkan kemudian dimasak bersama dengan santan dan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, jintan, pala, lengkuas, cengkeh, sereh, daun salam, daun jeruk, merica, gula dan garam.

4. Opor ayam

Sumber : Citarasaindonesia.co.id

Selanjutnya ada opor ayam yang juga menggunakan campuran santan di dalamnya. Hanya saja opor ayam memiliki warna yang putih cenderung kekuningan. Opor ayam pastinya terbuat dari ayam yang dibumbui dengan bumbu santan dan rempah khas Indonesia, mulai dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, merica, kemiri, kencur, lengkuas, gula merah, daun salam, daun jeruk, sereh, santan dan garam. Ketika baru matang, opor ayam akan terasa segar, tapi setelah dipanaskan, rasanya akan berubah menjadi lebih gurih dan kuahnya lebih kental.  
 
5. Sayur Asem


Sumber : Pergikuliner.com

Terakhir ada makanan yang sama sekali tidak memiliki campuran santan seperti makanan-makanan di atas. Sayur asem di Indonesia sebenarnya bermacam-macam jenisnya tergantung dari daerah masing-masing. Sayur asem terbuat dari campuran banyak sayuran seperti labu siam, kacang panjang, nangka muda, melinjo, daun melinjo, kacang tanah, hingga jagung manis yang kemudian dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, kemiri, lengkuas, daun salam, asam jawa, gula merah dan garam. Semakin dipanaskan, maka cita rasa sayur asam akan terasa lebih asam dan gurih.

Nah, itu dia ya aneka makanan yang jika dipanaskan rasanya akan jadi lebih mantap. Kamu setuju tidak nih? Jika sekarang kamu jadi lapar setelah membaca artikel ini kamu bisa langsung datangi beberapa referensi restoran yang PergiKuliner kasih berikut ini ya!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

RICARAJA

Foto RICARAJA
Foto RICARAJA
Foto RICARAJA

Kembang Tandjoeng

Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?