Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Yang Populer Di Tiongkok Saat Musim Gugur Tiba

List Artikel
4 Oktober 2020 | 0 Komentar

Saat momen atau hari perayaan tertentu, setiap negara biasanya memiliki makanan khas yang dibuat untuk merayakan momen tersebut. Begitu juga ketika musim gugur di Tiongkok. Negara yang memiliki sebutan Negeri Tirai Bambu ini punya sederetan makanan khas dari setiap daerah pada saat musim gugur tiba. Penasaran dengan makanan khas musim gugur dari Tiongkok ini? Berikut ulasannya:


1. Kue Bulan


Sumber: Beritagar.id


Kue bulan merupakan makanan tradisional khas Tiongkok yang selalu menjadi sajian wajib pada perayaan musim gugur setiap tahunnya. Kue yang berisi pasta kacang manis ini memiliki bentuk bulat yang melambangkan kemakmuran, keutuhan, serta kesatuan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk kue bulan pun banyak divariasi oleh para penjual kuliner.


2. Bebek


Sumber: Pergikuliner.com


Bebek adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi setelah kue bulan pada perayaan musim gugur. Masyarakat Tiongkok percaya mengonsumsi bebek saat musim gugur dapat memberikan energi positif. Perbedaan daerah di Tiongkok memiliki cara berbeda dalam memasak beber. Biasanya resep yang umum digunakan adalah bebek goreng dengan bumbu jahe. Di provinsi Jiangsu, bebek dimasak dengan tanaman osmanthus. Sementara di Sichuan, bebek dimasak dengan cara diasap.


3. Siput Sungai


Sumber: GGTN.com


Luosifen adalah makanan khas Tiongkok yang tak lain terdiri dari sup bihun dengan isian siput sungai, kacang-kacangan, dan tahu. Siput sungai biasanya dimasak dengan aneka bahan herbal untuk menghilangkan bau kurang sedap yang menyengat. Meski begitu, siput sungai diyakini oleh masyarakat Tiongkok sebagai makanan yang bisa mencerahkan mata. Itulah mengapa siput sungai masuk dalam salah satu daftar makanan khas yang wajib dikonsumsi saat perayaan musim gugur.


4. Labu


Sumber: Selerasa.com


Karena tak mampu membeli kue bulan, dahulu masyarakat Tiongkok lebih memilih mengonsumsi labu sebagai penggantinya. Buah yang bentuknya bulat dan keemasan ini diyakini dapat membawa kesehatan bagi penikmatnya selama musim gugur. Labu dapat dinikmati sebagai minuman maupun diolah menjadi aneka sup atau pudding yang menyegarkan.


 5. Talas



Sumber: Sulawesi.Bisnis.com


Memasuki musim gugur, buah talas menjadi makanan yang begitu populer di Tiongkok karena diyakini membawa keberuntungann serta kekayaan. Talas biasanya diolah dengan cara digoreng atau dikukus. Lalu dipotong kecil-kecil, kemudian disiram dengan kuah manis. Selain dibuat seperti wedang ronde, talas juga bisa menjadi kudapan yang menemani secangkir teh bernama woo tau goh atau chinese taro cake. 


Itu dia 5 makanan yang populer di Tiongkok saat musim gugur tiba. Teman kuliner pasti familiar dengan beberapa makanan di atas bukan? Nah, karena di Indonesia tidak ada musim gugur, maka beberapa makanan di atas mungkin tidak tersedia di Indonesia. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa makan aneka chinese food lainnya di tempat-tempat ini!

Imperial Kitchen & Dimsum

Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum

Hakkasan - Alila Hotel SCBD

Foto Hakkasan - Alila Hotel SCBD
Foto Hakkasan - Alila Hotel SCBD
Foto Hakkasan - Alila Hotel SCBD

Golden Lamian

Foto Golden Lamian
Foto Golden Lamian
Foto Golden Lamian

Lee Palace

Foto Lee Palace
Foto Lee Palace
Foto Lee Palace

One Dimsum

Foto One Dimsum
Foto One Dimsum
Foto One Dimsum

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?