Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Cold Brew Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

List Artikel
7 November 2020 | 0 Komentar

Kopi cold brew belakangan ini tengah menjadi tren diantara penikmat kopi. Sesuai namanya, kopi cold brew diseduh menggunakan air dingin sebagai pengganti air panas yang biasanya kita gunakan. Rasa yang dihasilkan dari kopi cold brew tidak sepahit kopi yang biasa diseduh. Namun tingkat rasa pahit kopi ini tergantung dari seberapa lama kamu mendiamkan kopi tersebut setelah menyeduhnya yakni antara 12 sampai 24 jam. Selain rasanya jadi tidak begitu pahit, ternyata cold brew juga memiliki sejumlah manfaat. Tertarik untuk beralih ke kopi ini? Ketahui dulu manfaat cold brew yang sangat bagus untuk kesehatan!


Sumber: Rawpixel.com


1. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat cold brew yang pertama adalah kopi cold brew dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses dimana tubuh kita akan mengubah makanan menjadi energi. Semakin tinggi metabolisme tubuh, maka semakin besar juga pembakaran kalori dalam tubuh. Sama seperti kopi panas, kopi yang diolah dengan cara cold brew juga mengandung kafein yang mampu meningkatkan metabolisme seseorang sampai 11 persen. Asalkan dikonsumsi secara rutin dengan jumlah kafein yang tidak berlebihan. Saat meminum kopi, pastikan juga kamu tidak memakai gula atau pakai sedikit saja agar tubuhmu tidak kelebihan kalori yang justru mengganggu penurunan berat badan.


2. Memperbaiki Mood

Beberapa orang punya kebiasaan mengonsumsi kopi setiap pagi sebelum berangkat kerja atau melakukan aktivitas lainnya. Mengonsumsi kopi dianggap mampu meningkatkan mood dan memberikan semangat untuk melakukan aktivitas. Kafein yang terkandung dalam kopi memang mampu memperbaiki mood serta menjaga fokus dalam beraktivitas. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi jenis kopi apapun termasuk cold brew dapat menurunkan tingkat depresi seseorang sampai 8 persen. Maka dari itu, konsumsilah kopi dengan takaran yang tepat agar dapat menikmati manfaatnya.


3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat cold brew selanjutnya adalah kopi cold brew diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Segelas kopi cold brew mengandung senyawa seperti kafein magnesium, trigonelline dan lignan. Senyawa ini ternyata dianggap sangat bagus dalam menjaga kesehatan jantung, termasuk dari serangan jantung, stroke dan penyakit arteri koroner lainnya. Rutin mengonsumsi kopi juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin, menstabilkan gula darah dan mencegah inflamasi di tubuh. Banyaknya manfaat yang terkandung dalam segelas kopi tentunya bisa membuat kamu terhindar dari penyakit jantung dan membuat jantung tetap sehat.


4. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Rutin mengonsumsi kopi dapat menstabilkan gula darah. Gula darah yang cenderung stabil tentunya dapat menurunkan potensi terkena penyakit diabetes tipe 2. Manfaat ini bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi kopi sekitar 4-6 gelas tanpa menggunakan gula. Penurunan resiko ini bahkan bisa mencapai 30 persen. Mengolah kopi dengan cara cold brew diketahui juga dapat melancarkan saluran pencernaan dimana pencernaan dan penyerapan makanan termasuk gula dapat berjalan dengan stabil.


5. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Manfaat cold brew yang terakhir adalah cold brew dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti parkinson dan alzheimer. Gangguan ini umumnya dirasakan oleh orang yang berusia lanjut. Kondisi ini disebabkan karena neurodegeratif atau matinya sel otak yang terjadi seiring waktu. Kondisi ini dapat berujung pada penyakit parkinson atau bahkan alzheimer. Namun kalau sejak muda kamu sudah rutin mengonsumsi kopi termasuk cold brew, kemungkinan terkena kedua penyakit ini akan sangat rendah. Hal itu karena sistem saraf akan bekerja dengan baik, serta kemampuan mental dan fisik tidak akan menurun.


Itu dia lima manfaat cold brew untuk kesehatan yang belum banyak orang ketahui. Selama teman kuliner dapat mengkonsumsinya secara benar dan tidak berlebihan, manfaat-manfaat yang disebutkan di atas bisa saja akan kamu dapatkan. Kopi cold brew sangat mudah untuk ditemui, apalagi di coffee shop atau kedai kopi. Nah, kalau teman kuliner mau coba cold brew, bisa langsung datengin coffee shop rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

First Crack

Foto First Crack
Foto First Crack
Foto First Crack

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

GRIND & BREW

Foto GRIND & BREW
Foto GRIND & BREW
Foto GRIND & BREW

Steam & Brew

Foto Steam & Brew
Foto Steam & Brew
Foto Steam & Brew

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?