Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Jamur untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
7 Maret 2016 | 0 Komentar

Meski bentuknya kecil, jamur memiliki banyak kandungan gizi dan protein yang baik untuk tubuh lho! Selain bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat, jamur juga biasa digunakan sebagai obat herbal selama ribuan tahun. Nah, simak yuk manfaat apa saja yang bisa diberikan jamur untuk kesehatan tubuh kalau dikonsumsi secara rutin:


1. Mengontrol berat badan

8-10% dari komponen kering jamur adalah serat. Selain itu jamur juga mengandung sangat sedikit sodium dan lemak. Enzim tertentu pada jamur juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan protein yang tinggi pada jamur juga membantu membakar kolesterol saat dicerna. Maka dari itu makanan ini sangat ideal buat kamu yang sedang diet atau sedang mengontrol tekanan darah tinggi.


2. Meningkatkan imun tubuh

Jika mengonsumsi secara rutin, jamur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Protein dan antivirus akan meningkat sehingga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Zat antioksidan seperti selenium yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis.


3. Kaya akan vitamin

Kombinasi yang baik dari vitamin A, B-Kompleks, C, dan D bisa ditemukan pada jamur. Tentunya vitamin tersebut juga bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.


4. Melawan Kanker

Beberapa jenis jamur, seperti shitake dan jamur kancing ternyata bisa mengurangi resiko terkena kanker yang mematikan. Kandungan beta-glucan dan asam linoleat yang terkonjugasi memiliki sifat anti efek karsinogenik. Selain itu, ternyata ekstrak jamur kancing bisa mengurangi perbanyakan sel dan memperkecil ukuran tumor.


5. Anti diabetes

Jamur juga mengandung insulin alami dan enzim yang baik bagi para penderita diabetes. Senyawa tertentu di dalamnya akan membantu fungsi hati, pankreas dan kelenjar endocrinal lainnya, sehingga meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Selain itu, antibiotik alami dalam jamur bisa membantu melindungi penderita diabetes dari infeksi yang ditakutkan.


Setelah tau kelebihan-kelebihan jamur, jadi makin termotivasi buat rutin mengonsumsinya kan? Yuk, share berbagai manfaat jamur ke teman-temanmu agar makin banyak orang yang mau menikmati kelezatan jamur.


Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Warung Leko

Foto Warung Leko

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?