Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Kopi Jamu Untuk Kesehatan yang Sedang Populer

List Artikel
2 Juni 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner pernah mendengar istilah kopi jamu?. Sempat populer beberapa waktu lalu, kini perpaduan antara minuman kopi dan jamu ini mulai populer kembali loh. Apalagi ditengah pandemi seperti ini, semua orang dituntut untuk tetap menjaga kesehatan dan salah satu caranya adalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat.  Kepopuleran kopi sebagai minuman anak muda menjadi salah satu faktor para penguasaha kedai kopi untuk membuat usahanya terlihat berbeda, salah satunya adalah menciptakan inovasi minuman kopi dicampur dengan jamu. 


Jika teh jamu terdengar sudah biasa, bagi sebagian Teman Kuliner pasti bertanya-tanya, apa rasanya kopi ditambah dengan jamu? apakah rasanya akan aneh atau justru akan lebih enak?. Sesuai dengan namanya, kopi jamu terbuat dari bahan dasar kopi dan jamu yang diracik menjadi satu dan menciptakan rasa yang enak juga unik untuk diminum. Beberapa rempah yang digunakan untuk dipadukan dengan kopi antara lain adalah jahe, kunyit, temulawak dan beras kencur. Meski dicampur dengan jamu, tapi karakteristik dan rasa kopi tidak hilang. Uniknya, keduanya ini berbaur dan menyatu dengan baik.

 


Sumber: Pergikuliner.com


Selain rasanya yang enak, kopi dan jamu ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang sangat menguntungkan loh. Jika diminum sendiri, kopi juga sudah sangat terkenal akan manfaatnya. Salah satu manfaat kopi untuk kesehatan adalah kopi mengandung kafein yang merupakan zat psikoaktif yang dapat meningkatkan daya kerja otak. Jika, dipadupadankan dengan dengan jamu, makan manfaat-manfaat ini lah yang bisa Teman Kuliner ambil. Yuk, cek manfaat kopi jamu bagi kesehatan berikut ini!


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari kopi jamu bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dalam kopi jamu terdapat kandungan aneka rempah-rempah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, melawan infeksi yang terjadi akibat jamur, virus, dan bakteri. 


Seperti kopi dengan yang dicampur dengan kunyit. Sifat obat dalam kunyit mungkin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang dengan gangguan kekebalan. Satu studi berteori bahwa kunyit dapat memoderasi sistem kekebalan tubuh.


2. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Selain dapat meningkat sistem kekebalan tubuh, manfaat dari kopi jamu bagi kesehata adalah bisa berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga bisa menjaga kesehatan tubuh karena bisa terhindar dari gangguan virus serta bakteri yang menyerang tubuh.

 

Seperti contoh kopi jamu dengan jahe. Jahe mengandung senyawa penting yang bernama gingerol.  Dalam jurnal Biological properties of 6-gingerol: a brief review, dikatakan bahwa gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang merupakan hasil dari kelebihan jumlah radikal bebas di dalam tubuh.

3. Mengontrol Gula Darah

Ada salah satu manfaat dari kopi jamu adalah bisa mengontrol gula darah. Jadi bagi penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi kopi jamu bisa mengontrol gula darah. Tapi ingat ya Teman Kuliner, mengonsumsinya tidak dengan gula. Jika ingin menambah rasa manis pada kopi jamu, kita bisa menambahkan madu ke dalamnya. Mengontrol gula darah sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit komplikasi termasuk penyakit jantung dan ginjal, kerusakan saraf dan penglihatan, dan lain sebagainya.

 


Sumber: Pergikuliner.com


3. Meredakan Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat dari kopi jamu bagi kesehatan adalah dapat meredakan masalah pencernaan seperti perut kembung, iritasi usus besar, kram perut, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan dalam kopi jamu terdapat kandungan kunyit, jahe, dan lain sebagainya. Jika rutin mengonsumsinya dalam batas yang wajar, maka masalah pencernaanmu perlahan-lahan bisa hilang.


4. Mengurangi Peradangan

Kandungan kunyit dalam kopi jamu ternyata bisa mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh, terutama yang berkaitan dengan rheumatoid arthritis. Kunyit juga juga dapat meredakan sakit nyeri dan kemerahan yang diakibatkan dari peradangan dalam tubuh. Selain kunyit, kayu manis dalam kopi jamu juga bisa membantu mengurangi peradangan sendi.

 

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kopi jamu yang terakhir adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan kunyit dan jahe dalam kopi jamu ternyata bisa memperlancar peredaran darah. Jika peredaran darah menjadi lancar, maka penggumpalan dan tersumbatnya darah yang menjadi penyebab risiko penyakit jantung bisa terhindari olehmu. Selain bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kopi jamu juga dapat menurunkan risiko stroke.


Itulah dia beberapa manfaat kopi jamu bagi kesehatan. Bagi Teman Kuliner yang kurang suka minum jamu, cara ini mungkin efektif untuk tetap dapat manfaat kesehatan dari jamu tanpa harus membuat kamu tidak suka meminumnya!

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Phyllo Coffee

Foto Phyllo Coffee
Foto Phyllo Coffee
Foto Phyllo Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?