Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Menyantap Buah Semangka Saat Berbuka

List Artikel
21 Mei 2019 | 0 Komentar
Di  bulan puasa, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat muslim, diantaranya diharuskan menahan rasa lapar dan dahaga. Dengan adanya tantangan tersebut, banyak beberapa cara yang dilakukan untuk menghindari rasa lapar dan juga terutama rasa dahaga diantaranya mengonsumsi banyak makan makanan sehat dan bergizi serta perbanyak meminum air untuk mencegah rasa dahaga. Namun, alangkah lebih baik juga kamu mengonsumsi buah-buahan agar kebutuhan serat dan vitamin dalam tubuh tetap terjaga dengan baik selama berpuasa. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat bulan puasa adalah buah semangka. Buah semangka memang banyak mengandung manfaat bagi tubuh, oleh karena itu PergiKuliner akan memberitahu kamu lima manfaat bila menyantap dan mengonsumsi buah semangka saat berbuka puasa. Apa saja ya manfaatnya? Yuk, kita lihat!

Sumber : Health.com

 

1. Mencegah Dehidrasi
Buah semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi sebesar 92% mampu menggantikan cairan dalam tubuh selama berpuasa. Kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, natrium dan kalium juga mampu menghidrasi tubuh secara efektif dan maksimal. Apabila tubuh kamu kurang terhidrasi dengan baik, maka tubuh kamu akan mengalami masalah, diantaranya menyebabkan tubuh lemas, kurangnya konsentrasi serta mudah lelah. Maka sangat baik bila kamu rajin menyantap buah semangka saat berbuka puasa agar dapat langsung menghidrasi cairan tubuh kamu.

2. Rendah Kalori
Kebanyakan orang mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kalori di bulan puasa, sehingga menyebabkan munculnya kolesterol dalam tubuh. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengonsumsi buah semangka untuk menjaga kalorimu tetap rendah karena buah semangka termasuk buah yang memiliki rendah kalori serta rendah gula dan cocok disantap saat berbuka. Buah semangka juga mengandung citrulline yang mengandung asam amino penting untuk tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Pilihan yang tepat bila kamu berbuka puasa dengan mengonsumsi buah semangka ini karena sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin A, C dan B yang terdapat pada buah semangka mampu menjaga kesehatan kulit kamu agar tidak kering dan kusam selama berpuasa. Selain itu, tak lupa juga buah semangka memiliki kandungan penting seperti likopen yang bertindak seperti tabir surya dari dalam tubuh dan melindungi kulit dari sengatan matahari.

4. Melancarkan Pencernaan
Kandungan air yang banyak serta serat yang sedikit pada buah semangka memiliki peran penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Makan buah buahan yang tinggi kandungan airnya dapat membantu menjaga saluran pencernaan agar tetap lancar dan dapat membantu usus dalam tubuh dapat terjaga dengan baik dan normal. Salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi adalah buah semangka, oleh karena itu selama berpuasa sangat disarankan mengonsumsi buah ini saat berbuka agar pencernaanmu berjalan dengan baik dan lancar.

5. Mencegah Panas Dalam
Manfaat terakhir dari buah semangka adalah dapat mencegah panas dalam selama bulan puasa karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Rasanya yang manis, segar dan sejuk juga membantu mendinginkan tenggorokan kamu yang kering selama seharian berpuasa. Rajin menyantap buah semangka sangat baik untuk kesehatan mulut dan menjaga tubuh kamu agar tidak merasa panas dan kering.

Sudah tahu kan apa saja manfaat dari buah semangka? Kamu tidak perlu ragu lagi untuk menyantapnya saat berbuka puasa nanti!

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Ignasia's Cake Me Away

Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Acai Parlor

Foto Acai Parlor
Foto Acai Parlor

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?