Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Sarapan dengan Oatmeal untuk Tubuh

List Artikel
17 Desember 2019 | 0 Komentar

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang masuk dalam kategori makanan sehat karena sering disantap oleh orang yang sedang berdiet. Oatmeal atau havermut ini terbuat dari bahan utama oat yang masih satu keluarga dengan gandum. Hanya saja oat bisa langsung disantap, sementara gandum harus diolah terlebih dulu menjadi tepung. Biasanya oatmeal disantap begitu saja atau dipadukan dengan aneka buah-buahan segar, biji-bijian, dan kacang-kacangan sehingga dalam satu sajiannya, kamu bisa mendapatkan beragam manfaat untuk tubuh. Lantas apa saja manfaat yang didapat? Coba lihat yuk!



Sumber : Feelgoodfoodie.net


1. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat yang pertama adalah bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh. Oat mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan juga di dalamnya terdapat kandungan avenanthramides yang mampu membuat peredaran darah lebih lancar. Kandungan antioksidan yang ada dalam oatmeal adalah trikotienol, asam ferulat, dan asam kafeat yang juga melindungi tubuh dari radikal bebas.  

 

2. Menambah Energi dan Membuat Kenyang Lebih Lama

Dengan mengonsumsi oatmeal saat sarapan, kamu juga bisa memberikan energi esktra pada tubuh karena oatmeal mengandung zat besi yang bisa membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk menghasilkan energi. Selain itu ada kandungan vitamin B yang berperan untuk menghasilkan energi dalam tubuh. Oatmeal juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Pasalnya oatmeal sangat kaya akan kandungan serat sehingga bisa meningkatkan rasa kenyang selama lebih dari empat jam.

 

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Oatmeal juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Pasalnya dalam oatmeal terdapat kandungan karbohidrat yang bisa meningkatkan metabolisme. Ditambah lagi daya tahan tubuhmu juga bisa lebih terjaga sehingga tubuh terhindar dari beragam jenis penyakit, terutama penyakit kronis seperti jantung, diabetes, serta kolesterol.

 

4. Menurunkan Kolesterol

Dengan menyantap oatmeal secara teratur, maka kamu bisa menurunkan kadar kolesterol secara perlahan. Hal ini dikarenakan dalam oatmeal terdapat kandungan rendah lemak jenuh di dalamnya. Selain itu, serat larut dalam oat bisa mengurangi kolesterol jahat. Setidaknya, kamu perlu mengonsumsi serat laurt setidaknya 5-10 gram per harinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

5. Menstabilkan Gula Darah dalam Tubuh

Bagi kamu yang menderita diabetes, maka kamu bisa mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan. Dalam oatmeal, ada kadar glikemik rendah yang berfungsi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Kadar gula darah yang bisa terkontrol dengan baik juga bisa menjaga kesehatan jantung.

 

Itulah beberapa manfaat dari menyantap oatmeal saat sarapan. Jadi, sekarang kamu tidak boleh lagi meragukan manfaatnya ya! Jika mau konsumsi makanan sehat lainnya, kamu bisa mampir ke beberapa tempat di bawah ini ya!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Djournal House

Foto Djournal House
Foto Djournal House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?