Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Masakan Indonesia Olahan Daging Tanpa Santan yang Nggak Kalah Gurihnya

List Artikel
19 Agustus 2020 | 0 Komentar

Daging menjadi salah satu bahan makanan yang banyak digunakan pada beragam kuliner di dunia, termasuk Indonesia. Teksturnya yang agak berserat dan kenyal membuat daging punya ciri khas sendiri. Berbeda dengan negara-negara Eropa dan Amerika yang lebih suka mengolah daging menjadi olahan steak atau daging yang dipanggang, di Indonesia daging diolah menjadi beragam varian. Salah satu olahan daging yang paling populer adalah rendang. Rendang merupakan olahan daging yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah dalam jangka waktu yang sangat lama. Jika bosan dengan daging yang bersantan, masih ada lagi olahan daging khas Indonesia tanpa santan yang citarasanya juga enak. Yuk, coba lihat!


1. Sop Daging



Sumber: Masakapaya.com


Kuliner daging tanpa santan yang banyak disukai masyarakat Indonesia adalah sop daging. Sop daging merupakan olahan daging berkuah tanpa santan yang punya citarasa gurih dan segar. Biasanya bagian daging yang digunakan adalah daging yang ada tulangnya seperti iga. Tapi ada juga yang menggunakan hanya daging saja. Selain daging, ada tambahan sayuran seperti kentang, wortel, daun bawang, dan seledri.


2. Rawon



Sumber: Resepkoki.id


Kuliner Indonesia selanjutnya yang menggunakan daging adalah rawon. Rawon merupakan olahan daging dari Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Meski tampilannya tidak terlalu menarik karena warnanya kehitaman, tapi rawon memiliki cita rasa yang sangat gurih dan lezat. Warna kehitaman ini dihasilkan dari pewarna alami yang sekaligus menjadi bumbu, yakni kluwek. Daging yang direbus dalam jangka waktu yang lama bersama dengan aneka bumbu rempah menjadikan cita rasa masakan ini sanggup bikin kamu ketagihan.


3. Soto Daging Madura



Sumber: Resepkoki.id


Jika suka dengan kuliner berkuah, kamu pasti tak boleh ketinggalan untuk menyantap soto. Ada banyak jenis soto yang ada di Indonesia, salah satunya adalah soto daging Madura. Soto daging Madura dibuat dari bahan dasar daging yang diiris tipis lalu direbus bersama dengan aneka bumbu rempah. Cita rasanya memang tak beda jauh dengan soto Lamongan, hanya saja soto Madura dibuat dari bahan dasar daging sapi 


4. Dendeng Balado



Sumber: Pergikuliner.com


Penyuka masakan Padang pasti sangat mengenal betul kuliner yang satu ini. Dendeng balado merupakan kuliner khas dari Sumatera Barat yang punya cita rasa agak pedas karena dimasak dengan bumbu balado. Sebelum dibumbui, daging sudah direbus terlebih dahulu baru kemudian digoreng sebentar. Tapi ada juga dendeng balado yang dagingnya dikeringkan dengan cara dijemur terlebih dahulu sehingga lebih awet dan tahan lama.


5. Oseng Mercon



Sumber: Cookpad.com


Terakhir ada oseng mercon yang menjadi olahan daging bercita rasa pedas sehingga cocok buat pecinta kuliner pedas. Oseng mercon adalah kuliner khas dari Yogyakarta dan menjadi salah satu wisata kuliner terbaik di sana. Sesuai dengan namanya, kuliner ini dibuat dari daging yang dioseng bersama dengan cabai rawit dan cabai merah serta aneka bumbu rempah lainnya. Oseng mercon paling enak jika disantap bersama dengan nasi putih hangat dan segelas teh manis.


Itu dia lima masakan Indonesia olahan daging tanpa santan yang bisa kamu coba ya. Dari kelimanya, mana nih yang jadai favorit kamu?

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Soto Kudus Senayan

Foto Soto Kudus Senayan
Foto Soto Kudus Senayan

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?