Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Masakan Korea dengan Olahan Rumput Laut yang Terkenal

List Artikel
2 Agustus 2020 | 0 Komentar

Korea dikenal dengan beragam kulinernya yang sangat beragam. Selain beragam, citarasanya juga terbilang sangat unik. Selain kimchi yang menjadi ciri khas dari makanan Korea, ada rumput laut yang juga sering kamu jumpai pada bermacam hidangan khas Korea. Rumput laut sangat mudah didapat di negeri ginseng tersebut sehingga tak heran kalau penggunaannya sangat banyak. Rumput laut mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bagus untuk sistem pencernaan. Selain itu, rumput laut juga punya beragam manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Dari sekian banyaknya olahan rumput laut di Korea, ada lima yang perlu kamu ketahui, yaitu:


1. Jumuok Bap


Sumber: Jajabakes.com


Olahan rumput laut yang pertama adalah jumuok bap yang merupakan nasi kepal ala Korea. Bentuknya seperti bola dan sangat mudah sekali untuk membuatnya. Jumuok bap dibuat dengan bahan utama nasi putih biasa yang kemudian dicampur dengan rumput laut yang sudah dipotong-potong kemudian ditambahkan minyak wijen, biji wijen, dan kecap asin. Biasanya jumuok bap ini dijadikan sebagai bekal atau pendamping makan ramyun.


2. Gimari



Sumber: Ytimg.com


Gimari menjadi salah satu camilan khas Korea yang juga bisa dijadikan sebagai lauk pauk. Bahan utamanya adalah rumput laut dan bihun Korea. Nantinya bihun yang sudah direbus matang dibumbui dan ditumia dengan sayuran kemudian digulung dengan menggunakan lembaran rumput laut dan dicelupkan dalam adonan tepung, barulah digoreng hingga kering dan natang. Biasanya gimari ini juga disantap bersama tteokpokki.


3. Miyeok Guk



Sumber: Ryukoch.com


Selanjutnya ada miyeok guk yang merupakan sup rumput laut ala Korea. Miyeok guk sangat sering muncul di drama-drama Korea karena kuliner ini selalu ada saat perayaan ulang tahun. Miyeok guk menggunakan bahan utama rumput kering yang direndam dulu baru kemudian dimasak bersama dengan daging sapi, bawang putih, merica, garam, minyak wijen, dan kecap asin. Miyeok guk bisa disantap begitu saja atau disantap dengan nasi putih hangat.


4. Kimbab



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada kimbab yang merupakan salah satu kuliner Korea yang bisa dengan mudah kamu jumpai di Indonesia karena kimbab pasti ada di restoran Korea. Kimbab dibuat dari bahan dasar nasi putih dan rumput laut kering. Sedangkan untuk bahan-bahan isinya bisa beragam. Ada daging bulgogi, ham, telur dadar, sosis, sayuran seperti wortel, mentimun, acar lobak, dan kimchi. Cita rasa kimbab bisa berbeda-beda tergantung dari bahan isiannya.


5. Miyeok Muchim



Sumber: Aromaasian.com


Terakhir ada miyeok muchim yang merupakan salah satu olahan rumput laut khas Korea yang populer saat musim panas. Miyeok muchim adalah salad rumput laut Korea yang punya citarasa menyegarkan, asam, dan gurih dengan perpaduan tekstur garing, renyah dan kenyal. Miyeok muchim bisa dnikmati begitu saja atau disantap bersama dengan kuliner Korea lainnya seperti tteokpokki.


Nah, itulah ragam masakan Korean berbahan rumput laut atau nori dan sangat terkenal di Negeri Gingseng ini. Dari kelima makanan Korea tersebut, mana nih kira-kira yang pernah dan ingin kamu coba?
Kalau mau coba aneka masakan Korea enak, jangan lupa mampir ke restoran Korea rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Mujigae

Foto Mujigae
Foto Mujigae
Foto Mujigae

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?