Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Masakan Tradisional Indonesia yang Membuat Kamu Harus Ekstra Sabar

List Artikel
27 Agustus 2019 | 0 Komentar

Memang tidak ada yang bisa mengalahkan kelezatan masakan tradisional khas Indonesia. Ternyata ada rahasia khusus yang dimiliki masakan Indonesia sehingga cita rasanya mampu membuat kamu ketagihan. Kebanyakan masakan Indonesia menggunakan bumbu rempah yang melimpah dan pastinya waktu memasak yang terbilang cukup lama. Hal ini dilakukan agar bumbu mampu meresap dengan baik ke dalam masakan. Rata-rata waktu memasak masakan Indonesia bisa memakan waktu kurang lebih satu jam, bahkan ada yang membutuhkan hingga berjam-jam lamanya seperti masakan-masakan yang ada di bawah ini!

 

1. Rendang



Sumber :  Ahad.co.id


Di urutan pertama ada rendang yang merupakan masakan khas Sumatera Barat. Rendang merupakan masakan yang terbuat dari daging kerbau atau sapi yang dimasak dengan campuran santan dan bumbu rempah-rempah. Proses memasak rendang ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Minimal waktu yang dibutuhkan adalah empat hingga lima jam, tapi bisa lebih dari itu karena santan harus benar-benar mengering dan warna masakan berubah menjadi coklat kehitaman.

 

2. Gudeg



Sumber : Pergikuliner.com


Gudeg merupakan masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, daun jati, dan bumbu rempah dalam waktu yang cukup lama. Kenapa harus dimasak lama? Karena kamu harus menghasilkan warna gudeg yang kecoklatan serta kuah santan areh yang kental. Waktu memasak gudeg kurang lebih bisa selama tiga jam. Selain menggunakan nangka, gudeg juga bisa ditambahkan telur dan ayam kampung.

 

3. Gulai



Sumber : Pergikuliner.com


Buat yang suka makan masakan Padang, pastinya sering memesan masakan yang satu ini. Gulai adalah masakan berkuah santan yang dijuluki karinya Indonesia. Kuahnya yang kental ini dihasilkan dari santan yang dimasak dalam waktu yang cukup lama. Gulai bisa menggunakan daging ayam, daging sapi, kambing, ikan hingga jerohan. Selain santan yang kental, ciri khas dari gulai ini adalah bumbu rempah-rempahnya yang beragam, mulai dari kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, pala, sereh, kayu manis, jinten dan masih banyak lagi. Tak heran jika gulai memiliki rasa yang lezat.

 

4. Semur



Sumber : Beritasatu.com


Banyak orang yang menyangka kalau untuk memasak semur dibutuhkan waktu yang sebentar. Nyatanya masakan bercita rasa manis harus dimasak dalam waktu berjam-jam agar nantinya bumbu bisa meresap dengan sempurna dan warna kuah jadi lebih pekat. Semur bisa menggunakan daging ayam, daging sapi, telur, tahu, dan tempe. Sedangkan untuk bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang bombay, pala, lada, cengkeh, sereh, salam, lengkuas, dan pastinya kecap manis.

 

5. Ketupat



Sumber : Wowkeren.com


Terakhir ada ketupat yang identik dengan masakan khas Hari Raya Idul Fitri. Ketupat merupakan masakan yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda atau janur lalu direbus hingga berjam-jam. Ketupat biasa disantap dengan sayur nangka, sayur labu siam, hingga soto berkuah. Berhubung dimasaknya dalam waktu yang cukup lama, ketupat ini tak cepat basi dan bisa tahan tiga hingga lima hari lamanya.

 

Meski harus bersabar untuk menunggu masakan-masakan tersebut matang, tapi cita rasa yang diberikan tak akan mengecewakan. Kalau kamu tidak mau repot-repot masak dan harus menunggu waktu yang lama untuk mencicipi makanan-makanan di atas, kamu bisa coba langsung makanan-makanan tersebut di tempat makan seperti di bawah ini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?