Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Kuliner Berkuah yang Bisa Jadi Pilihan Sarapanmu

List Artikel
27 April 2019 | 0 Komentar
Biasanya, kebanyakan orang Indonesia memiliki tradisi sarapan pagi sebelum memulai aktivitas di luar rumah. Banyak beragam menu kuliner sarapan yang bisa kamu pilih, seperti nasi goreng, telur dadar, nasi uduk dan masih banyak lagi. Tapi kamu juga bisa menikmati sarapan pagi yang memiliki kuah dengan cita rasa yang gurih dan segar. Makanan yang mengandung kuah dapat meningkatkan selera makan karena kelezatan makanan tersebut. Berikut rekomendasi PergiKuliner untuk menu kuliner sarapan berkuah yang bisa kamu coba di rumah dan bisa jadi pilihan favoritmu!

 

1. Ketupat Sayur


Sumber : Sajiansedap.grid.id


Pertama ada ketupat sayur yang menjadi menu pilihan pertama sarapan kamu. Menu sarapan ini memiliki paduan isi campuran yang beragam, seperti ketupat, potongan sayur labu atau kacang panjang, semur tahu dan telur, serta diberi kuah sayur berwarna kuning jingga yang rasanya gurih karena kuah tersebut mengandung bumbu rempah-rempah pilihan dan disertai campuran santan yang kental. Pilihan yang satu ini dapat kamu jadikan menu andalan pilihan karena banyak dijual di beberapa tempat, seperti pedagang gerobak, rumah makan, hingga restoran.

 

2. Soto Ayam


Sumber : Pergikuliner,com


Pilihan menu kedua yang jadi pilihan sarapan kamu ada soto ayam. Menu yang satu ini memang sudah dikenal sebagai menu favorit makan siang karena rasa kuahnya yang segar dan nikmat. Tapi kamu bisa memilih menu ini menjadi menu sarapan karena dapat dijumpai banyak tempat dan biasanya para pedagang penjual soto sudah menjajakan dagangan makanannya sejak pagi hari. Biasanya soto dihidangkan bersama bihun, tauge, irisan tomat segar, irisan daging ayam dan kuah bening berwarna kuning yang dapat ditambahkan sambal dan perasan jeruk limau agar rasa segarnya lebih terasa nikmat.


3. Mie Rebus


Sumber : Pergikuliner.com


Bagi kamu yang tidak suka ribet atau keluar cari sarapan di luar, biasanya mie rebus menjadi menu sarapan andalan. Mie yang digunakan sudah pasti mie instan yang mudah dan cepat dimasak. Supaya lebih bergizi, campurkan telur dan sayur-sayuran di dalamnya. Selain menambah nilai gizi, penambahan telur dan sayuran juga bisa menjadikan cita rasanya jadi lebih lezat.

 

4. Rawon

Sumber : Resepkuekeringku.com


Selanjutnya ada rawon, yang identik dengan menu sarapan khas orang Jawa Timur, terutama kota Surabaya. Dari segi tampilannya rawon memang terlihat  berwarna kehitaman sehingga tidak menggugah selera. Tapi saat kamu menyantapnya, dijamin pasti akan ketagihan. Rawon merupakan kuliner berkuah yang terbuat dari daging sapi dan dimasak dengan aneka bumbu rempah khas Indonesia. Ada satu bumbu bernama kluwak yang menjadikan warna dari kuah rawon menjadi hitam pekat. Rawon biasa disajikan bersama nasi putih hangat, kecambah, telur asin dan kerupuk udang.

5. Semur


Sumber : Prelo.co.id


Kalau menu sarapan yang satu ini pasti sudah sering kamu temukan di kota Jakarta karena semur selalu menjadi menu sarapan yang mendampingi nasi uduk. Jenis semur yang bisa kamu pilih sangat beragam, mulai dari semur tahu, semur tempe, semur telur, semur ayam, hingga semur jengkol. Saat akan disajikan, biasanya semur akan diberi taburan bawang goreng yang renyah.

Itulah kelima menu sarapan berkuah yang bisa kamu pilih untuk menu sarapanmu kali ini. Nah, jika kamu kesulitan membuatnya, tenang saja ya karena kamu bisa menyantap aneka kuliner-kuliner berkuah di beberapa tempat di bawah ini!

Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Soto Mie CC

Foto Soto Mie CC
Foto Soto Mie CC
Foto Soto Mie CC

Warunk UpNormal

Foto Warunk UpNormal

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?