Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Olahan Tempe yang Menggugah Selera Makan

List Artikel
10 November 2015 | 0 Komentar

Tempe merupakan olahan fermentasi kedelai yang jadi bahan makanan khas dari Indonesia. Tempe bisa dinikmati siapa saja baik muda maupun tua. Meski harganya tergolong murah, tempe punya kandungan gizi yang tinggi loh. Selain mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, tempe juga mengandung kalsium, dan zat besi.


Meski kandungan gizinya sangat tinggi, tapi tak jarang banyak yang memandang tempe sebelah mata. Sajian tempe yang hanya digoreng atau ditumis saja kadang membuat kita bosan menyantap tempe. Berikut ada lima menu olahan tempe yang bisa menggugah selera makan kamu. Yuk simak olahan tempe di bawah ini!



1. Grilled Tempe



Sumber: m.galamedianews.com


Dari namanya saja sudah terdengar keren. Grilled tempe alias tempe bakar ini bisa membuat kamu tidak bosan makan tempe. Untuk membuat grilled tempe ini caranya cukup mudah. Kamu hanya menyiapkan tempe serta saus barbeque dan olive oil atau minyak sayur biasa. Potong-potong tempe sesuai keinginan kamu lalu lumuri dengan saus barbeque dan diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap lalu bakar tempe hingga berwarna kecoklatan.

 


2. Burger Tempe



Sumber: www.answers.com


Sajian ini sangat cocok bagi kamu yang vegetarian tapi ingin makan burger. Untuk membuat daging tempe untuk burger, bahan yang kamu butuhkan hanya tempe, telur, tepung panir, bawang putih cincang, serta garam dan lada. Campur semua bahan lalu bentuk bulat dan pan fry di atas wajan yang telah dioles margarin. Setelah matang letakkan di atas roti burger yang sudah ditata dengan selada, tomat, dan mentimun. Beri saus tomat dan mayonnaise lalu tutup dengan roti burger kembali.

 


3. Sambal Tempe



Sumber: cookpad.com


Suka sambal? Kamu wajib mencoba sambal tempe ala PergiKuliner ini. Kamu hanya perlu menyiapkan tempe, minyak sayur, kencur, gula merah, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan gula. Panggang tempe hingga kecoklatan lalu haluskan bersama bumbu dengan cara diulek. Sajikan bersama dengan nasi hangat. 



4. Bakso Tempe


Sumber: www.arizonafoothillsmagazine.com


Tempe juga bisa dibuat menjadi bakso loh guys. Bakso tempe malah lebih sehat dan bergizi dibanding dengan bakso daging sapi biasa. Cara membuat bakso tempe ini memang tergolong agak sulit namun kamu bisa menyetoknya di kulkas jika tidak ingin langsung dimakan. Bakso tempe dibuat dari tempe, bawang putih, jahe, kecap, telur, tepung roti, dan garam. 



5. Steak Tempe



Sumber: resepmembuatku.blogspot.com


Semua sajian tempe memang bisa dijadikan menu pilihan untuk vegetarian. Tekstur tempe yang berserat sangat pas dijadikan olahan steak. Steak tempe sudah banyak dijual di berbagai restoran vegetarian sehingga kamu tidak perlu repot membuatnya.



Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris

Nasi Uduk Ibu Sumi

Foto Nasi Uduk Ibu Sumi

Nasi Uduk Ibu Jum

Foto Nasi Uduk Ibu Jum

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?