Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Sarapan Lezat Bagi Penderita Gangguan Lambung

List Artikel
31 Oktober 2019 | 0 Komentar

Sarapan selalu menjadi hal yang wajib dilakukan di pagi hari supaya kamu bisa mendapatkan asupan energi untuk beraktivitas hingga siang hari. Ditambah lagi sarapan juga bisa mencegah berat badanmu tetap stabil. Ada banyak menu sarapan yang bisa kamu pilih, mulai dari makanan khas Indonesia seperti lontong sayur, nasi uduk, bubur ayam, hingga makanan barat seperti roti, sandwich, hingga pancake. Tapi bagi penderita gangguan lambung, kamu tidak boleh memilih menu sarapan secara asal begitu saja karena jika salah pilih, maka bisa berakibat buruk pada kondisi lambungmu. Lantas menu sarapan apa yang cocok untuk penderita gangguan lambung? Coba langsung lihat saja yuk!

 

1. Bubur Ayam



Sumber : Pergikuliner.com


Menu sarapan paling aman untuk penderita gangguan lambung yang pertama adalah bubur ayam. Kenapa bubur ayam? Bubur ayam memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga mudah dicerna oleh lambung sehingga tidak membuat kerja pencernaan jadi berat. Dengan menyantap bubur ayam yang hangat, maka perut juga tidak akan kaget setelah semalam tidak terisi makanan. Lebih baik menyantap bubur ayam tanpa sambal karena tambahan sambal saat sarapan tidak baik untuk penderita gangguan lambung.


2. Kentang



Sumber : Cookingclassy.com


Selanjutnya ada kentang yang juga bagus dijadikan sebagai menu sarapan bagi penderita gangguan lambung. Kentang sebenarnya bisa membantu menyembuhkan radang pada lambung. Apalagi jika kamu mengonsumsi ekstraknya. Hal ini dikarenakan adanya anti H-pylori di dalamnya. H-pylori adalah bakteri penyebab infeksi pada saluran pencernaan. Jika kamu mengonsumsi kentang kukus untuk sarapan, maka rasa perih pada dinding lambung bisa terobati.

 

3. Oatmeal



Sumber : Media.self.com


Oatmeal menjadi menu sarapan yang paling banyak dikonsumsi oleh penderita gangguan lambung. Oatmeal bagus dikonsumsi untuk sarapan karena kaya akan serat sehingga bisa mengatasi gejala penyakit asam lambung. Serat pada oatmeal bisa menyerap asam lambung sehingga bisa meredakan gejala refluks asam lambung. Tak hanya itu saja, oatmeal juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

 

4. Madu Alami



Sumber :  Honey.com


Menyantap madu alami saat sarapan ternyata bisa mendatangkan banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah bisa mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Manu memiliki kandungan anti bakteri yang berguna mengontrol H-pylori. Cara mengonsumsinya sangatlah mudah. Sediakan air hangat satu gelas yang dicampur dengan satu hingga dua sendok madu alami atau madu murni. Lalu minumlah dalam keadaan perut masih kosong.

 

5. Sayuran Hijau



Sumber : Prezi.com


Yang terakhir ada sayuran hijau yang juga bisa menjadi pilihan menu sarapan bagi penderita penyakit lambung. Sayuran hijau seperti brokoli mampu menurunkan asam lambung serta menyehatkan sistem pencernaan. Selain brokoli, jenis sayuran hijau lainnya yang bagus kamu konsumsi adalah selada, mentimun, asparagus, serta buncis. Kamu bisa mengukus atau merebus sayuran-sayuran hijau tersebut sebelum dijadikan salad.

 

Nah, itulah kelima menu sarapan yang cocok untuk penderita gangguan lambung. Sekarang kamu sudah tahu kan? Jika ingin menyantapnya, kamu bisa datangi salah satu tempat di bawah ini ya!

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Bubur Angke THI

Foto Bubur Angke THI

Bubur Cap Tiger

Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?