Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Sarapan Simple yang Gampang Dibuat

List Artikel
26 Agustus 2015 | 1 Komentar


Kamu anak kos atau anak perantauan?

Sebagian besar anak kos katanya identik dengan gaya hidup yang tidak sehat. Seperti suka begadang, juga makan tidak teratur bahkan tidak sempat makan seharian karena bingung mau makan apa, atau tidak bisa memasak. 


Eiits.. tidak bisa memasak bukan alasan untuk meminimalkan porsi makan bahkan melewatkan jam makan lho ya, karena tubuh membutuhkan energi untuk bisa beraktivitas secara optimal. Kamu yang terbiasa sarapan setiap hari, tiga kali lebih kecil kemungkinannya menderita obesitas daripada yang tidak sarapan. Kamu yang teratur sarapan cenderung tidak memiliki masalah dengan gula darah dan kolesterol, yang dapat berujung pada diabetes dan serangan jantung. Para peneliti percaya bahwa sarapan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, yang berfungsi mengendalikan nafsu makan dan energi seseorang.


Nah, ada tips menarik nih dalam rangka membuat sarapan sehat yang cukup ekonomis dan mudah dibuat tanpa harus kamu bisa memasak. Yuk, kita praktikkan sendiri!



1. Smoothies Buah



Sumber: Judas


Biasanya anak kos takut repot menyiapkan sarapan pagi, karena tidak sempat. Nah, jangan khawatir, karena smoothies buah mudah dibuat kok. Kamu hanya perlu menyiapkan blender, buah, susu atau yogurt. Kalau suka yang dingin-dingin, kamu juga bisa menambahkan es batu kok. Caranya, pilih buah yang akan diolah (biasanya buah apel atau pisang), potong kecil-kecil, lalu masukkan kedalam blender. Haluskan potongan buah tadi dengan susu dan yogurt secukupnya. Setelah itu, siap deh untuk diminum. Gampang kan?



2. Oatmeal Madu atau Susu



Sumber: SNCTRY


Kalau kamu kurang suka makan buah, kamu bisa kok sarapan dengan oatmeal yang dicampur dengan madu dan susu. Oatmeal juga tak kalah sehat dengan buah kok, karena oatmeal punya pengaruh yang cukup penting untuk menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan lho. Nah, pertama-tama campurkan oatmeal dan air panas, kemudian aduk hingga matang dan tuanglah madu atau susu secukupnya. Kalau takut enek, kamu juga bisa menambahkan sedikit garam atau keju untuk menetralkan rasa manis. Dan, tadaaa! Sarapan sehat sudah siap!



3. Kentang Telur Orak Arik



Sumber: massystorestt.com


Kamu doyan makan telur orak-arik? Nah, telur orak-arik kamu bisa membuat sarapan juga lho. Soalnya, telur kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, diantaranya kaya mineral magnesium dan kalsium yang baik untuk tulang, dan juga dapat menurunkan risiko katarak serta berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.


Nah, menu sarapan ini bisa kamu buat sendiri dengan cara yang mudah. Kupaslah kentang, dan rebus dalam air panas. Usahakan jangan merebus kentang hingga benar-benar lembek. Setelah itu, kamu dapat membuat telur orak-ariknya. Pecahkan telur, dan aduklah telur hingga setengah matang, kemudian campurlah telur tersebut dengan kentang dan garam. Kalau kamu penggemar pedas, kamu bisa menambahkan cabai atau lada sesuai selera. Aduklah semua bahan hingga tercampur rata, dan sarapan sehat siap disantap!



4. Roti Bakar



Sumber: Dapoer Roti Bakar


Siapa yang doyan makan roti? Nah, hanya dengan bermodalkan roti tawar kamu bisa membuat menu sarapan yang cepat, nikmat, dan bergizi kok. Roti tersebut bisa kamu oleskan menggunakan susu kental manis atau madu sebagai pengganti selai. Sebelumnya, jangan lupa oleskan sedikit mentega di kedua sisi roti dulu ya. Kemudian, bakar atau pangganglah roti tersebut pada panggangan roti atau wajan teflon. Dan, roti bakar manis sudah menantimu!



5. Sandwich



Sumber: Brownbag


Masih dengan bahan yang sama, sandwich menggunakan bahan utama yaitu roti tawar. Roti tawar tersebut dapat kamu berikan isian yang sesuai selera. Umumnya, sandwich berisikan keju lembaran disertai smoked beef. Bahan-bahan tersebut dapat kamu temukan dengan mudah di supermarket. Pertama, ambil isian untuk sandwich tersebut, 1 keju lembaran, dan 1 lembar smoked beef, dan letakkan dalam 2 lembar roti tawar. Oh ya, sandwich ini dapat kamu buat sesuai selera juga kok. Kalau kamu suka pedas, kamu bisa mengoleskan sambal botol diantara isian sandwich tersebut. Lalu, HAP langsung disantap!


Sophie Authentique French Bakery

Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery

Coteca (Coffee, Tea, and Cocoa)

Foto Coteca (Coffee, Tea, and Cocoa)
Foto Coteca (Coffee, Tea, and Cocoa)
Foto Coteca (Coffee, Tea, and Cocoa)

Dapoer Roti Bakar

Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar

Brownbag

Foto Brownbag
Foto Brownbag
Foto Brownbag

Baconerie

Foto Baconerie

Nah, sudah siap untuk mencoba tips membuat sarapan mudah seperti diatas? Selain itu, kamu juga bisa memilih alternatif lain kok untuk menikmati sarapan di kafe-kafe gaul ini. Yuk, cus PergiKuliner!


Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Bermanfaat sekali artikelnya, semoga dapat menginspirasi yang lainnya. kunjungi juga www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik yang ramah lingkungan.
sarwendah2011@gmail.com | 19 Aug 2016 pk. 11:17 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?