Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Tahun Baru yang Biasa Disajikan di Jepang

List Artikel
27 Desember 2018 | 0 Komentar

Tahun baru saat ini menjadi salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu oleh semua orang di dunia. Biasanya terdapat tradisi untuk merayakan tahun baru di tiap-tiap wilayah. Di Jepang, ada kebiasaan menghidangkan menu tahun baru yang menjadi tradisi turun temurun. Berikut lima menu tahun baru yang biasa disajikan di Jepang:


1. Mochi



Sumber : Pergikuliner.com


Cemilan yang satu ini merupakan makanan khas tahun baru. Acara menumbuk mochi (mochitsuki)  dijadikan tradisi menjelang pergantian tahun. Mochi yang terbuat dari beras ketan dijadikan pengganti nasi selama tahun baru. Selain untuk dimakan, mochi juga digunakan sebagai hiasan tahun baru yang disebut "Kagami Mochi". Kagami memiliki arti cermin yang menunjukkan bulatan cermin. Kagami mochi dibuat dengan menyusun dua buah mochi berukuran bulat lalu ditambah sebuah jeruk sebagai hiasan di atasnya. Dua buah bulatan mochi ini melambangkan "tahun lama" dan "tahun baru" atau pertanda baik yin yang.


2. Nanakusa



Sumber : Dishmaps.com


Nanakusa (tujuh rumput) merupakan bubur yang dimasak dengan tujuh jenis sayuran (beras, jewawut, proso milet, echinochloa esculenta, kacang azuki, beckmannia syzigacne, wijen) yang diberi sedikit garam dan rumput-rumputan. Bubur ini dimakan saat penutupan perayaan tahun baru, yaitu sekitar tanggal 7 Januari agar perut bisa beristirahat setelah dipenuhi makanan-makanan tahun baru. Ada kepercayaan yang mengatakan bahwa bubur ini juga bisa menjauhkan seseorang dari segala jenis penyakit.


3. Soba


Sumber : Pergikuliner.com


Soba merupakan salah satu mie khas Jepang yang dibuat dari tepung buckwheat yang digiling dengan tangan menggunakan penggilingan dari batu bundar yang dapat diputar. Pada Oomisoka atau malam tahun baru, orang Jepang memiliki tradisi memakan Soba. Tradisi ini dinamakan “Toshikoshi Soba”. Kepercayaan disana mengatakan dengan memakan soba, tahun baru dapat dilalui dengan lancar tanpa suatu halangan apapun.


4. Osechi Ryori



Sumber : Sushiknife.jp


Osechi ryori merupakan kuliner Jepang saat tahun baru. Kuliner ini cuma ada setahun sekali ketika awal pergantian tahun. Osechi ryori terbagi menjadi 2 bagian yaitu makanan dan Jubako (box kemasan tempat makanan, biasanya berwarna-warni). Makanan yang ada di dalamnya pun memiliki banyak arti misalnya untuk kesehatan, kesuburan, panen yang melimpah, panjang umur, kebahagiaan, dan lain-lain.


5. Konbu



Sumber : Blog.sundaysgrocery.com


Konbu adalah jenis rumput laut yang melambangkan yorokobi atau sukacita. Konbu biasanya dibuat menjadi bahan pembuat sushi bersama dengan ikan haring yang melambangkan kazunoko “Kazu” berarti jumlah dan “ko” berarti anak, yaitu harapan agar diberkati banyak anak di tahun mendatang.

Nah, itu dia lima menu tahun baru yang biasa disajikan di Jepang. Apakah teman PergiKuliner punya rencana tahun baruan di Jepang? Kalau nggak bisa ke Jepang, kamu nggak usah sedih ya karena kamu masih bisa merayakan tahun baruan di Jakarta dengan makanan-makanan khas Jepang lho, seperti di restoran Jepang rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Mocha Mochi

Foto Mocha Mochi

Kashiwa

Foto Kashiwa

Kinokawa

Foto Kinokawa

Ichigo Ichie

Foto Ichigo Ichie

Hokkaido Izakaya

Foto Hokkaido Izakaya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?