Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Takjil Sehat Supaya Badan Kamu Tetap Fit Saat Puasa

List Artikel
12 Mei 2020 | 0 Komentar

Takjil atau makanan pembuka merupakan kuliner yang selalu tersaji di atas meja makan menjelang waktu berbuka puasa. Takjil biasanya memiliki cita rasa yang manis karena memang menurut ajaran Rasulullah, kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Indonesia punya banyak sekali kuliner manis yang cocok untuk berbuka puasa, tapi tidak semuanya punya kandungan gizi yang tinggi. Di tengah krisis kesehatan seperti sekarang, kamu harus waspada memilih makanan untuk dikonsumsi ya. Ada beberapa takjil yang cukup sehat untuk kamu konsumsi nih, apa saja? Baca artikel ini sampai habis ya!


1. Sop Buah



Sumber : Namalonews.com


Pertama ada sop buah yang di urutan nomor satu dalam daftar takjil sehat yang cocok kamu santap untuk berbuka puasa nanti. Sop buah dibuat dari campuran beragam jenis buah-buahan seperti melon, semangka, strawberry, kiwi, blewah, timun suri, pepaya, dan lain sebagainya. Semua buah-buahan ini dipotong kecil-kecil lalu diberi air gula, susu kental manis, sirup, dan es batu.

 

2. Kolak Ubi Pisang



Sumber : Doyanresep.com


Selanjutnya ada kolak yang sudah menjadi menu takjil klasik saat bulan Ramadhan. Kolak ini bisa dibuat dari ubi, pisang, singkong, kacang hijau, hingga biji salak. Semua bahan-bahan tersebut punya nutrisi, tapi tang bagus untuk menangkal virus corona adalah kolak ubi pisang. Citarasa dari kolak ubi pisang lebih manis dan legit karena memang pada dasarnya ubi dan pisang sudah punya citarasa manis alami.

 

3. Es Pisang Ijo



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada es pisang ijo. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga agar pencernaan tetap sehat. Es pisang ijo yang berasal dari Makassar ini punya citarasa yang manis dan gurih karena di dalamnya terdapat pisang yang dibalut dengan tepung beras, bubur sum-sum yang dimasak dengan santan, sirup merah, susu kental manis, dan pastinya es serut.

 

4. Puding Buah



Sumber : Gspradio.com


Puding buah juga masuk dalam jajaran menu takjil sehat yang dapat tangkal virus corona karena di dalamnya terdapat aneka jenis buah-buahan yang dijadikan satu bersama dengan jelly, agar, atau gelatin. Beberapa jenis buah-buahan yang dapat dijadikan puding buah adalah buah-buahan berry, jeruk, mangga, kiwi, kelapa, hingga melon. Selain bisa meningkatkan sistem imun, puding buah juga bisa melancarkan pencernaan.

 

5. Es Teler Kelapa Ijo



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada es teler kelapa ijo. Seperti yang kita ketahui, kelapa ijo punya khasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah dehidrasi, dan lain sebagainya. Jika disantap begitu saja, es kelapa ijo memang sudah terasa lezat, tapi jika dijadikan es teler, pasti akan lebih lezat lagi. Es teler dibuat dari bahan dasar kelapa, nangka, dan alpukat lalu diberi susu kental manis dan es serut. Rasanya manis dan menyegarkan sehingga cocok sebagai menu takjil berbuka.

 

Itulah beberapa menu takjil sehat yang bisa kamu konsumsi untuk lawan virus corona. Semoga teman PergiKuliner tetap sehat selalu ya agar kita bisa pergi kulineran bareng lagi!

La Mouette

Foto La Mouette
Foto La Mouette
Foto La Mouette

Puyo Silky Desserts

Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts

Christy Pudding

Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding

Es Teler 77

Foto Es Teler 77

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?