Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Metode Pembuatan Sup yang Hasilkan Cita Rasa Berbeda

List Artikel
6 November 2018 | 0 Komentar

Sup merupakan kuliner yang termasuk dalam kategori makanan cair yang terbuat dari berbagai macam bahan campuran seperti daging, seafood, hingga sayuran. Di dunia kuliner, sup bisa digolongkan ke dalam jenis appetizer atau makanan pembuka dan juga bisa dijadikan sebagai main course atau hidangan utama. Sup memiliki jenis yang berbeda tergantung dari metode pembuatannya. Perlu kamu ketahui kalau ada banyak metode pembuatan sup di dunia, tapi ada lima yang paling terkenal. Simak satu-satu yuk!


1. Broth



Sumber : Pergikuliner.com


Broth adalah sup yang memiliki tampilan kuah bening atau disebut clear soup karena dibuat dengan cara merebus air dengan aneka bahan-bahan yang dibutuhkan seperti daging, sayuran, dan bumbu dalam waktu yang cukup lama sehingga meski kuahnya terlihat bening, tapi cita rasa yang dihasilkan cukup kuat. Metode pembuatan broth ini paling sering dilakukan masyarakat Indonesia. Beberapa contoh kuliner Indonesia yang menggunakan metode ini adalah soto ayam, sayur sop, sayur asem, dan masih banyak lagi.


2. Consomme



Sumber : Taste.com.au


Jika kamu lihat dari teksturnya, consomme juga termasuk dalam kategori clear soup. Tapi consomme ini berbeda dengan broth karena proses memasaknya jauh lebih lama agar semua nutrisi yang ada pada bahan bisa keluar dalam kuah. Ketika membuat sup dengan menggunakan metode consomme, kamu harus melakukan penjernihan dengan menggunakan putih telur. Consomme bisa dijadikan sebagai kuah aneka makanan seperti ramen.

 

3. Cream Soup



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada cream soup yang merupakan sup kental dengan bahan dasar white roux dengan tambahan milk (bechamel) yang biasanya juga diberi daging ayam, daging sapi, ikan, atau sayuran lagi. Waktu memasaknya nggak butuh waktu lama, karena setelah mulai mengental, soup sudah bisa diangkat. Dari bahan dasar cream soup ini, kamu bisa membuat aneka soup terkenal yang sering dijumpai di restoran western seperti corn soup, asparagus soup, tomato soup, dan lain sebagainya. 

 

4. Pure



Sumber : Homemadehooplah.com


Beberapa dari kamu pasti nggak mengetahui kalau pure termasuk dalam kategori sup yang memiliki kekentalan paling padat. Hal ini dikarenakan dalam pure terdapat aneka sayur-sayuran yang dihancurkan ke dalam kaldu sehingga sudah pasti teksturnya akan sangat kental. Jika dalam pure nggak terdapat kandungan zat pati, biasanya akan ditambahkan kentang, ubi, atau labu di dalamnya.


5. Sauce



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir, ada sauce yang ternyata juga masuk dalam kategori makanan cair. Meski dikategorikan sebagai makanan cair, tapi sauce justru sering dijadikan sebagai pelengkap atau penyempurna rasa makanan. Sauce dibuat dengan cara merebus semua bahan-bahan seperti daging, sayuran, dan bumbu lalu dikentalkan dengan tepung maizena. Tekstur sauce ini tidak jauh berbeda dengan cream soup. Ada banyak jenis sauce yang ada seperti tomato sauce, mushroom sauce, blackpepper sauce, dan lain sebagainya.

 

Nah, itu dia lima metode pembuatan sup yang pastinya menghasilkan cita rasa yang berbeda. Jika kamu ingin segera mencicipi sup asli Indonesia, kamu bisa mampir ke salah satu referensi tempat makan di bawah ini ya!

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Rice Walk

Foto Rice Walk
Foto Rice Walk

Resto Teras Istana

Foto Resto Teras Istana

Sop Sapi Gosyen

Foto Sop Sapi Gosyen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?